Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menghabiskan waktu di luar ruangan memang sangat menyenangkan. Namun, beraktivitas di luar ruangan juga membuat kulit lebih rentan mengalami beberapa masalah. Mulai dari kulit yang menjadi lebih kusam hingga menjadi sasaran dari gigitan serangga. Nah, untuk mengatasinya tidak ada salahnya untuk menggunakan minyak-minyak esensial seperti berikut yang akan meredakan ruam serta mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga.

Cara Mengatasi Gigitan Serangga dengan Minyak Esensial

1. Witch Hazel

Minyak olahan yang diekstrak dari tanaman Hamamelis Virgniana. Dilansir dari laman The Herbal Academy, minyak yang terbuat dari witch hazel tidak hanya meredakan ruam yang disebabkan oleh gigitan serangga. Namun juga mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga.

2. Lavender

Minyak esensial lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi gigitan serangga adalah lavender. Lavender yang diekstrak dari tanaman Lavendula Angustifolia ini mengandung bahan anti peradangan yang mencegah kulit mengalami ruam lebih parah. Selain itu, minyak lavender juga menjadikan kulit lebih lembap karena mengandung moisturizer di dalamnya. Kandungan moisturizer juga mempercepat proses penyembuhan kulit yang mengalami gatal-gatal.

3. Thyme

Anda juga dapat menggunakan minyak esensial lain seperti thyme. Thyme tidak hanya ampuh meredakan ruam atau pun gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga. Namun, juga mencegah kulit mengalami infeksi lebih lanjut. Hal ini lantaran minyak thyme juga mengandung bahan antibakteri yang mencegah bakteri menginfeksi kulit Anda.

Siapa yang menyangka ternyata sejumlah minyak esensial seperti di atas dapat digunakan untuk mengatasi gatal dan ruam yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Tidak hanya itu saja, kandungan bahan di dalamnya juga mencegah kulit mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri mau pun jamur.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi