Cara Mengatasi Gigitan Nyamuk pada Bayi

doktersehat-nyamuk-zika-travel-warning-Bali-Australia-chikungunya

DokterSehat.Com– Anda mungkin menganggap gigitan nyamuk adalah masalah sepele yang terjadi pada bayi. Gigitan nyamuk merupakan salah satu hal yang paling sering dialami oleh bayi. Meskipun terkesan sepele, namun jika tidak diatasi dengan baik maka akan menyebabkan bayi terganggu.,

Cara mengatasi gigitan nyamuk pada bayi

Efek dari gigitan nyamuk pada bayi umumnya ringan dan tidak menimbulkan masalah berat. Namun Anda perlu waspada jika bayi mengalami demam atau mual setelah terkena gigitan nyamuk.

Dikutip dari New Kids Center, beberapa cara untuk mengatasi gigitan nyamuk pada bayi antara lain:

1. Redakan bengkak atau bentol pada kulit bayi
Anda bisa mengurangi bengkak atau bentol pada kulit bayi dengan memberinya kompres dingin. Oleskan losion mengandung calamine atau hidrokortison untuk meredakan gatal dan bengkak yang muncul setelah digigit nyamuk.

2. Cegah bayi menggaruk
Bekas gigitan nyamuk dapat menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Karena itu Anda perlu mencegah si kecil menggaruk bekas gigitan tersebut. Potong pendek kuku anak Anda untuk mencegah masuknya bakteri melalui kulit yang mengalami pembengkakan.

3. Periksakan ke dokter
Jika bekas gigitan nyamuk menimbulkan reaksi lain seperti kemerahan, pembengkakan, maka sebaiknya bawa anak Anda ke dokter agar mendapatkan penanganan.

Mencegah anak dari gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk umumnya tidak berbahaya, namun banyak juga penyakit berbahaya yang penyebarannya lewat nyamuk. Karena itu Anad juga perlu mencegah pertumbuhan nyamuk di lingkungan rumah Anda. Beberapa cara mencegah nyamuk yang bisa Anda terapkan di rumah antara lain:
1. Gunakan penolak nyamuk yang aman bagi anak
2. Gunakan kelambu di tempat tidur anak
3. Hindari menggantung baju di kamar
4. Jaga kebersihan rumah dan kamar tidur anak