10 Cara Mengatasi Diare dan Sakit Perut dengan Alami

diare-dan-perut-nyeri-doktersehat

DokterSehat.Com – Diare adalah salah satu penyakit yang umum terjadi dan bisa mengganggu aktivitas harian, bahkan sulit beristirahat. Ada pilihan obat diare secara medis dan alami. Jika masih ringan, Anda bisa coba cara mengatasi diare dan sakit perut dengan alami.

Mengatasi Diare dan Sakit Perut secara Alami

Masalah perut nyeri dan diare sangat mengganggu dan bisa membuat siapa saja sulit melakukan aktivitas lainnya. Terlebih lagi kalau sudah mengalami lemas di tubuh, Anda tidak akan bisa bekerja dengan sempurna. Berikut beberapa cara alami mengatasi perut nyeri dan diare.

  1. Pastikan tubuh terhidrasi sempurna

Saat mengalami diare, frekuensi buang air besar akan besar. Kalau Anda makan cukup banyak, feses yang lembek mungkin bisa keluar terus-menerus. Namun, kalau makanan yang ada di tubuh sudah habis, cairanlah yang akan keluar dan tubuh mengalami dehidrasi yang akut kalau tidak bisa dikendalikan.

Kalau mengalami diare, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan diare itu dengan cepat. Selanjutnya segera ganti cairan tubuh dengan cepat. Anda bisa minum air putih dalam jumlah banyak atau minum air dengan tambahan gula dan garam. Tubuh butuh segera energi dan juga mineral yang ikut terbuang saat diare terjadi.

  1. Konsumsi probiotik

Saat mengalami diare, jumlah bakteri buruk di dalam usus akan banyak. Bakteri ini menyebabkan cukup banyak masalah mulai dari membuat perut nyeri dan juga memicu abnormalitas pergerakan di usus. Kalau bakteri ini tidak segera dibasmi dan perut distabilkan, gangguannya akan semakin parah dari waktu ke waktu.

Mengonsumsi probiotik akan meringankan kondisi ini. Bakteri baik dari makanan probiotik seperti kimchi, yoghurt, hingga kombucha akan mulai melindungi perut dengan baik. Penyembuhan diare tidak hanya dalam bentuk menekan bakterinya saja, tapi juga harus memberikan rasa nyaman pada perut karena hal ini juga penting.

  1. Konsumsi makanan yang tepat

Kalau Anda baru saja mengalami diare dan kondisi perut sedang tidak baik, konsumsilah makanan yang tepat. Makanan yang dikonsumsi ini akan memberikan tenaga dan membuat perut nyaman. Makanan ini terdiri dari pisang, nasi putih, selai apel homemade, dan roti yang dibakar.

Makanan yang masuk ke perut diusahakan yang aman dan memberikan rasa nyaman. Jangan makan sesuatu yang ekstrem seperti terlalu pedas atau asam. Kalau perut belum stabil, diare bisa muncul lagi dengan cepat.

  1. Hindari beberapa jenis makanan

Kalau sedang mengalami diare, Anda tidak bisa makan dengan sembarangan. Kalau saja dimasukkan ke dalam tubuh, kemungkinan terjadi gangguan akan besar. Hindari makanan seperti sesuatu yang asam dan pedas. Sesuatu yang sangat dingin seperti es krim atau es teh juga jangan dimakan. Sayuran jenis cruciferous juga jangan dimakan. Terakhir, minuman dengan kandungan kafein tinggi juga jangan dikonsumsi.

  1. Minum olahan jahe

Jahe adalah herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi di dalam tubuh khususnya pencernaan. Kalau Anda mengalami nyeri perut yang bukan disertai dengan diare, jahe mungkin bisa digunakan untuk mengatasinya. Coba buat wedang jahe, kalau Anda suka dengan rasanya, coba kurangi konsentrasinya.

  1. Konsumsi teh chamomile

Teh biasa tidak disarankan untuk diminum karena kandungan kafeinnya cukup banyak. Namun, kalau teh chamomile boleh digunakan karena bisa meredakan inflamasi di perut. Dampaknya Anda akan menjadi lebih relaks dan berbagai kram yang terjadi bisa diminimalkan.

  1. Gunkan olahan mint

Mint digunakan untuk membuat perut lebih nyaman dan mengurangi mual yang berlebihan. Sakit perut dan diare biasanya sangat rawan juga masalah dengan mual yang mengganggu aktivitas harian.

  1. Minum cuka apel

Kalau Anda mengalami nyeri di perut karena salah makan atau bug stomach, coba konsumsi cuka apel. Anda bisa memasukkan sekitar 1 sendok teh ke dalam gelas berisi air lalu menambahkan madu atau cukup begitu saja. Cuka apel akan membuat pencernaan menjadi baik dan membuat bakteri di usus bekerja dengan maksimal.

  1. Gunakan kompres hangat

Terkadang kondisi diare sudah membaik dan tidak mengeluarkan feses yang encer lagi. Namun tubuh tetap saja mengalami gangguan seperti nyeri di perut yang sangat mengganggu dan bisa terjadi selama berhari-hari. Kalau Anda mengalami ini fokus untuk bekerja pun akan mengalami gangguan.

Agar rasa sakit yang muncul tidak membuat Anda mengalami gangguan, redakan secara perlahan-lahan. Selain minum air hangat, Anda juga bisa melakukan kompres air hangat. Ambil botol kaca yang tidak terpakai, isi dengan air lalu letakkan ke perut agar terasa lebih nyaman.

  1. Menggunakan OTC alami

Seseorang yang mengalami diare biasanya akan mengonsumsi beberapa jenis obat yang bisa dipakai untuk membunuh bakteri dan menstabilkan usus. Kalau Anda tidak ingin mengonsumsi obat OTC yang ada di pasaran bisa menggunakan OTC alami seperti arang atau rebusan daun jambu biji.

OTC alami ini bisa digunakan untuk menghentikan diare dengan cepat dan meredakan perut yang melilit. Oh ya, tidak semua orang mungkin cocok dengan OTC alami, jadi cobalah sedikit terlebih dahulu. Kalau ada perubahan baik segera lanjutkan. Namun, kalau semakin buruk segera hentikan.

Inilah beberapa cara untuk mengatasi sakit perut dan juga diare. Kalau setelah melakukan beberapa cara di atas, gangguan tidak kunjung hilang, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat agar gangguan di perut bisa segera hilang. Apa home remedies Anda saat mengalami masalah pencernaan?