Cara Mengatasi Rasa Cemas Akibat Stres Hanya dalam 5 Menit

DokterSehat.Com– Aktivitas pekerjaan yangs angat banyak, pikiran kacau, suasana hati yang sedang buruk, seringkali membuat Anda merasa stres. Ketika stres sedang melanda, Anda harus segera mencari cara untuk mengatasinya. Sebab, jika dibiarkan rasa stres tersebut akan menimbulkan rasa cemas. Rasa cemas tersebut kemungkinan besar akan membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan aktivitas. Oleh sebab itu, berikut adalah cara menghilangkan rasa cemas akibat stres hanya dalam waktu 5 menit saja.

1. Kenali Emosi Diri Sendiri

Sebenarnya, emosi merupakan suatu hal yang sangat wajar dan terjadi secara alami pada diri manusia, termasuk Anda. Anda mungkin akan merasakan berbagai macam suasana hati seperti senang, sedih, gembira, marah, jengkel, cemas, khawatir, dan lain sebagainya. Agar hal tersebut tidak semakin buruk dan memberikan dampak buruk bagi tubuh dan sekitarnya, Anda harus bisa mengenali emosi diri Anda dan berusaha untuk mengendalikannya.

2. Tarik Napas Dalam-Dalam

Banyak orang yang memilih untuk menarik napas dalam-dalam ketika suasana hati mereka sedang kacau, terutama saat sedang cemas. Cara ini dipercaya mampu membuat diri menjadi lebih tenang kembali. Praktiknya, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam selama 30 detik. Jangan lupa pula untuk mengendurkan bahu Anda. Lakukan cara ini secara rutin jika Anda sudah mulai merasa cemas. Niscaya, rasa cemas akibat stres yang Anda rasakan akan segera hilang.

3. Curhat Lewat Tulisan

Salah satu cara untuk menghilangkan cemas akibat stres adalah dengan cara menumpahkan semua isi hati pada seseorang. Namun, jika Anda tidak bisa mencurahkannya kepada seseorang, Anda bisa meluapkannya pada sebuah tulisan, seperti menulis buku harian. Lewat tulisan tersebut, Anda bisa menumpahkan segala macam perasaan sedih, kacau, cemas dan sebagainya, pada tulisan yang Anda tulis, tanpa perlu takut diketahui orang lain.

4. Fokus dengan Aktivitas yang Menyenangkan

Cara terakhir untuk mengatasi cemas akibat stres adalah melakukan aktivitas yang menyenangkan, bisa berupa hobi atau olahraga yang Anda sukai. Jika Anda menyukai yoga, Anda bisa melakukannya. Sebab, seperti yang Anda tahu bahwa yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang, serta bisa membuat tubuh selalu sehat dan bugar.