Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan, termasuk Anda. Meskipun cegukan terbilang sebagai reaksi alamiah tubuh, namun cegukan bisa sangat mengganggu. Biasanya, jika mengalami cegukan seseorang akan mengatasinya dengan cara minum air putih.

Cegukan Saat Sedang Puasa? Atasi dengan 4 Cara ini!

Bagaimana jika cegukan terjadi saat berpuasa? Tentu Anda tidak akan bisa minum air putih untuk mengatasinya. Lalu, apakah ada cara mengatasi cegukan ketika sedang berpuasa? Jawabannya tentu ada!

Berikut beberapa cara mengatasi cegukan saat berpuasa:

1. Tahan Napas

Selain minum air putih, cegukan juga bisa diatasi dengan menahan napas. Cara ini juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi cegukan disaat sedang berpuasa. Ambil napas dalam dengan hidung, kemudian tahan napas selama kurang lebih sepuluh detik. Hembuskan pelan-pelan dan ulangi hingga tiga atau empat kali, sampai cegukan Anda benar-benar hilang.

2. Duduk Memeluk Lutut

Cara selanjutnya untuk mengatasi cegukan adalah dengan cara duduk sambil memeluk lutut Anda. Anda bisa duduk dengan posisi kaki ditekuk , lalu peluk lutut Anda hingga seperti posisi meringkuk.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Tahan posisi duduk tersebut hingga beberapa menit. Tujuan dari posisi duduk sambil memeluk lutut ini adalah untuk memberikan tekanan pada area diafragma agar udara yang terjebak bisa keluar sehingga cegukan dapat teratasi.

3. Bernapas dalam Kantong Kertas

Mungkin cara mengatasi cegukan ini sedikit aneh, namun nyatanya tergolong sangat ampuh tanpa harus minum air putih. Anda hanya cukup menyiapkan kantong kertas kosong yang cukup kuat.

Setelah itu, tempelkan mulut dan hidung Anda ke leher kantong kertas dan pastikan hidung dan mulut tertutupi oleh kantong kertas. Terakhir, bernapaslah dalam kantong kertas tersebut hingga beberapa kali sampai cegukan Anda hilang.

4. Pijat Area Ulu Hati

Cara untuk mengatasi cegukan yang terakhir adalah pijat area ulu hati Anda. Karena otot-otot diafragma terletak di bawah ulu hati, maka Anda bisa memijatnya secara lembut dengan ujung jari-jari selama 20-30 detik. Cara ini cukup ampuh dalam mengatasi cegukan yang sedang Anda alami.

Itulah cara mengatasi cegukan yang bisa Anda lakukan saat sedang puasa. Semoga cara-cara di atas dapat membantu Anda, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi