Terbit: 9 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com –  Bulu mata yang panjang, tebal, dan lentik tentunya menjadi dambaan setiap orang. Bentuk mulu mata sempurna ini dipercaya dapat menambah kecantikan seseorang. Tentu saja hal ini membuat sesorang merasa tertekan jika memilki masalah bulu mata rontok.

6 Cara Mengatasi Bulu Mata Rontok dengan Bahan Alami

Sama halnya seperti rambut di kepala, bulu mata dan alis juga bisa mengalami kerontokan hingga kebotakan. Kondisi bulu mata rontok tentunya akan semakin mempersulit Anda untuk mendapatkan bentuk bulu mata yang sempurna.

Cara Mengatasi Bulu Mata Rontok

Sebelum bulu mata Anda habis, simak 5 cara alami mengatasi bulu mata rontok berikut ini!

1. Lidah buaya

Bahan alami untuk mengatasi bulu mata rontok yang pertama adalah lidah buaya. Tumbuhan yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah baik untuk kesuburan rambut.

Selain dapat menyuburkan bulu mata, vitamin dan mineral dalam lidah buaya juga akan membantu melembapkan area sekitar bulu mata. Cara mengatasi bulu mata rontok dengan lidah buaya adalah dengan cara mengaplikasikan gel lidah buaya langsung pada bulu mata menggunakan cotton bud.

2. Minyak zaitun

Bahan alami kedua yang ampuh untuk mengatasi bulu mata rontok adalah minyak zaitun. Minyak yang satu ini diklaim ampuh untuk memperkuat bulu mata dan mempercepat pertumbuhan bulu mata baru. Cara menggunakan minyak zaitun untuk bulu mata sama seperti menggunakan lidah buaya.

3. Minyak almond

Selain minyak zaitun, minyak almond juga bisa mengatasi bulu mata rontok. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak almond dipercaya dapat membantu memperkuat bulu mata. Cara penggunaannya masih sama yaitu diaplikasikan secara langsung ke bulu mata menggunakan cotton bud. Lakukan setiap hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

Selain minyak zaitun dan minyal almond, jenis minyak lain yang juga baik untuk pertumbuhan bulu mata antara lain adalah minyak argan, minyak jarak, minyak jojoba, dan minyak kelapa.

Baca Juga : Bulu Mata Rontok? Ternyata Ini Penyebabnya

4. Santan kelapa

Selain dijadikan bahan makanan, ternyata santan kelapa juga bisa membantu mengatasi kerontokan bulu mata. Kandungan lemak baik dan protein yang ada dalam santan kelapa bisa membantu merawat kesehatan bulu mata.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan santan kelapa menggunakan kapan ke area bulu mata. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

5. Teh Hijau

Teh hijau yang kaya antioksidan juga bisa membantu menyuburkan dan merangsang pertumbuhan bulu mata. Caranya adalah dengan mengompres mata menggunakan teh hijau dingin. Celupkan kapas ke dalam teh hijau yang sudah didinginkan, lalu kompres mata menggunakan kapas tersebut selama 15-20 menit.

Setelah selesai, bilas mata dengan air bersih. Selain bulu mata yang lebih subur, Anda juga bisa sekaligus menghilangkan kantung mata dengan cara yang satu ini.

6. Telur

Cara mengatasi bulu mata rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan telur. Kandungan dalam telur seperti protein, biotin, dan vitamin B3 sangat baik untuk menjaga kesuburan dan kekuatan bulu mata.

Terdapat perbedaan pendapat antara penggunaan putih telur atau kuning telur yang lebih baik untuk bulu mata rontok. Sebenarnya tidak ada masalah jika Anda ingin menggunakan keduanya.

Cara menggunakan telur untuk bulu mata rontok adalah dengan mengocok telur, kemudian mengaplikasikan telur menggunakan kapas ke bulu mata. Diamkan kurang lebih 20 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

Tips Menghindari Bulu Mata Rontok Kembali

Setelah mengatasi bulu mata rontok dengan cara alami, Anda juga harus mengubah beberapa kebiasaan agar bulu mata Anda tidak rontok kembali. Ini dia tipsnya:

  • Bersihkan make up mata secara maksimal sebelum tidur. Tidak membersihkan make up bisa memicu iritasi pada mata dan juga bulu mata rontok.
  • Hindari produk make up mata waterproof agar Anda tidak perlu menggosok terlalu keras ketika membersihkannya.
  • Hentikan kebiasaan mengucek mata terlalu keras.
  • Konsumsi makanan sehat yang dapat menstimulasi pertumbuhan bulu mata.

Cara mengatasi bulu mata rontok di atas tidak hanya akan membuat bulu mata Anda lebih kuat tetapi juga menstumulasi agar bulu mata tumbuh lebih cepat dan panjang. Cara-cara di atas juga bisa Anda aplikasikan pada alis kalau Anda menginginkan alis lebih tebal.

Jika cara alami tidak berhasil mengembalikan bulu mata rontok Anda dan kerontokan semakin parah, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Penyebab alis rontok juga bisa disebabkan adanya kelainan dalam tubuh.

  1. Mcclure, Emily. 2019. 9 Eyelash Growing Hacks For Fuller, Longer Lashes. https://www.bustle.com/articles/159267-9-eyelash-growing-hacks-for-fuller-longer-lashes. (Diakses 2 Februari 2020).
  2. Naser, Shaheen. 2019. How To Get Thicker And Longer Eyelashes Using Home Remedies. https://www.stylecraze.com/articles/grow-your-eye-lashes-long-and-healthy/#gref. (Diakses 2 Februari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi