15 Cara Mengatasi Bibir Kering (Mudah dan Efektif)

cara-mengatasi-bibir-kering-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap orang pasti pernah mengalami kekeringan pada bibirnya. Kondisi bibir kering ini tentunya menyebabkan ketidaknyamanan, bukan? Ditambah lagi, bibir yang kering mengurangi estetika bibir sehingga secara tidak langsung turut memengaruhi tingkat kepercayaan diri. Lantas, apa penyebab bibir kering? Bagaimana cara mengatasi bibir kering yang benar dan efektif?

Penyebab Bibir Kering

Bibir adalah bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak. Oleh sebab itu, bibir tidak dapat melakukan proses pelumasan secara alami.

Fakta ini menjadikan bibir rentan mengalami kekeringan dan juga pecah-pecah. Penyebab bibir kering atau pecah-pecah lebh dikarenakan minimnya tingkat kelembaban bibir yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti udara, kurang cairan, atau tubuh sedang dalam kondisi sakit. Selain itu, paparan sinar matahari juga turut menyebabkan bibir menjadi kering.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering tergolong masalah kesehatan ringan. Akan tetapi, kondisi ini sangatlah mengganggu, baik kenyamanan maupun penampilan bibir. Terlebih lagi jika bibir sudah sampai mengalami pecah-pecah, bukan tidak mungkin bibir menjadi rentan berdarah.

Berikut ini ada sejumlah cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda lakukan guna mengobati kondisi bibir kering tersebut.

1. Lip Balm

Lip balm memiliki fungsi untuk melembabkan bibir. Tentunya tak salah memanfaatkan produk ini sebagai cara mengobati bibir kering yang Anda alami. Penggunaan lip balm lebih ditujukan untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari maupun udara panas dan kering, yang mana hal ini merupakan salah satu penyebab bibir kering paling umum.

2. Petroleum Jelly

Berfungsi sebagai pelembab kulit, produk pelembab petroleum jelly juga bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bibir kering. Petroleum jelly efektif dalam menjaga kadar kelembaban bibir agar tetap ideal. Pun, petroleum jelly disebut-sebut dapat mengatasi masalah bibir pecah-pecah berikut luka yang ditimbulkan.

Oleskan petroleum jelly pada permukaan bibir Anda secara merata. Lakukan cara mengatasi bibir kering ini secara rutin 1 – 2 kali sehari sampai bibir kering sembuh.

3. Madu

Madu sudah lama dipercaya bisa efektif untuk mengatasi pelbagai masalah kesehatan, dari yang ringan hinga serius sekalipun, tak terkecuali sebagai cara mengobati bibir kering. Madu adalah pelembab alami yang diklaim efektif membuat bibir senantiasa terjaga kelembabannya sehingga tidak mudah kering apalagi sampai pecah-pecah.

Tak hanya itu, madu juga diperkaya dengan zat-zat yang bersifat anti-bakteri. Hal ini tentu saja membuat madu dapat melindungi bibir dan juga mulut dari serangan bakteri jahat yang bisa menyebabkan masalah pada mulut.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya (aloe vera) diperkaya oleh pelbagai zat alami yang membuatnya bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah kesehatan, termasuk bibir kering.

Anda juga bisa menjadikan gel lidah buaya sebagai cara mengatasi bibir kering yang sedang dialami. Oleskan gel lidah buaya pada bibir sesaat sebelum tidur. Lakukan cara ini secara rutin sampai hasilnya terlihat.

5. Mentimun

Menggunakan mentimun juga menjadi cara menghilangkan bibir kering secara alami yang efektivitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat mentimun untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah tak lepas dari kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya, sebut saja vitamin C. Iris timun, kemudian olesi bibir Anda dengan irisannya tersebut secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakkukan cara ini 2 – 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

6. Tomat

Buah berwarna merah ini kaya akan air, vitamin A, vitamin C, likopen, dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Atas dasar tersebut, tomat adalah alternatif obat bibir kering alami yang bisa Anda manfaatkan guna menghilangkan bibir kering maupun pecah-pecah.

Sama seperti poin sebelumnya, Anda hanya cukup memotong tomat menjadi beberapa irisan, kemudian oleskan irisan tersebut pada bibir secara merata. Tunggu selama kurang lebih 15 menit sebelum mencuci bibir dengan air bersih.

7. Lemon

Kandungan vitamin C dan air yang tinggi pada buah berkulit kuning ini sudah pasti sangat ampuh guna menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah yang Anda alami.

Anda bisa mencampur lemon dan madu, kemudain mengoleskannya pada bibir secara merata sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari.

8. Minyak Zaitun

Semua mungkin sudah tidak asing dengan pelbagai manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun. Minyak yang berasal dari ekstraksi buah zaitun ini ternyata juga bisa menjadi cara mengobati bibir kering yang efektif.

Kandungan asam lemak yang dimiliki minyak zaitun disinyalir menjadi alasan mengapa minyak ini cocok digunakan oleh Anda yang sedang mengalami bibir kering atau pecah-pecah. Pun, minyak zaitun membuat bibir senantiasa lembut dan memiliki tingkat kekenyalan yang ideal.

Oleskan minyak zaitun secara merata pada bibir Anda sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari. Tunggu sekitar 15 menit, kemudian cuci bibir dengan air bersih.

9. Penuhi Asupan Cairan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab bibir kering adalah kurangnya asupan cairan pada tubuh. Akibatnya, tubuh mengalami dehidrasi yang berujung pada kondisi bibir tak terkecuali.

Jadi, cara agar bibir tidak kering sejatinya bisa Anda terapkan dengan senantiasa menjaga agar kebutuhan cairan harian tercukupi. Minumlah sekitar 8 – 10 gelas air putih setiap hari, terlebih lagi jika kebetulan banyak aktivitas di luar ruangan.

10. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga menjadi cara mengatasi bibir kering yang paling efektif. Buah dan sayur—terutama yang mengandung vitamin C dan serat—adalah jenis makanan yang sudah selayaknya ada di dalam menu sehari-hari jika Anda ingin terhindar dari mengalami bibir kering, pun apabila sudah terlanjur mengalami bibir kering dan ingin mengobatinya.

11. Tidak Membasahi Bibir dengan Liur

Manakala mengalami bibir kering, umumnya Anda akan secara naluriah membasahi bibir dengan air liur, baik dengan cara menjilatinya dengan lidah, atau memasukkan bibir ke dalam mulut. Meskipun bibir menjadi basah, faktanya hal bukan merupakan cara mengatasi bibir kering yang benar, lho.

Membasahi bibir sebagai cara agar bibir tidak kering faktanya merupakan kegiatan yang tidak serta-merta membebaskan Anda dari masalah kesehatan yang satu ini. Pasalnya, air liur (saliva) memiliki sifat cepat menguap. Alih-alih bibir kering hilang, yang terjadi justru kondisi bibir kering dan bibir pecah-pecah menjadi bertambah parah.

12. Tidak Menggigit Bibir

Nah, Anda yang suka menggigit bibir juga baiknya hentikan kebiasaan tidak baik ini. Menghindari aktivitas menggigit bibir adalah cara agar bibir tidak kering. Pasalnya, menggigit bibir dapat menyebabkan rusaknya lapisan pelindung bibir, yang mana hal ini akan membuat bibir rentan mengalami kekeringan dan pecah-pecah.

13Tidak Menggunakan Lipstik Matte

Anda para wanita mungkin kerap menggunakan lipstik dengan warna matte. Pasalnya, lipstick jenis ini cenderung lebih tahan lama di bibir. Namun sayangnya, lipstik matte adalah lipstick yang tidak dilengkapi dengan pelembab. Alhasil, menggunakan lipstik ini berpotensi menyebabkan bibir menjadi kering.

Oleh sebab itu, cara agar bibir tidak kering yang juga sebaiknya Anda lakukan adalah dengan menghindari pemakaian lipstik matte ini. Kalaupun tetap ingin memakainya, pastikan saat membersihkan lipstik, gunakan pelembab bibir agar bibir tetap terhidrasi.

14. Hindari Pemicu Alergi (Alergen)

Khusus untuk Anda yang memiliki riwayat alergi, seperti alergi makanan atau bahan kimia tertentu, menghindari pemicu alergi (alergen) adalah cara agar bibir tidak kering yang bisa dilakukan. Pasalnya, alergen akan menyebabkan tubuh mengalami reaksi alergi, dan apabila reaksi alergi terjadi di area bibir dan mulut, hal ini dapat berakibat pada kondisi bibir kering.

15. Tidak Bernapas Melalui Mulut

Cara agar bibir tidak kering yang juga tak kalah penting adalah, tidak bernapas melalui mulut. Bernapas melalui mulut hanya akan membuat proses pengeringan bibir menjadi lebih cepat. Gunakanlah hidung yang memang sudah diciptakan sebagai saluran pernapasan utama tubuh.

Itu dia informasi mengenai cara mengatasi bibir kering yang perlu Anda ketahui. Bibir yang sehat dan menawan tentunya menjadi dambaan semua orang. Oleh sebab itu, jaga selalu kesehatan bibir Anda, ya. Semoga bermanfaat!