Cara Mengatasi Anak yang Susah Minum Air Putih

Photo Credit : www.pixabay.com

DokterSehat.Com– Air putih dikenal memiliki banyak khasiat, terutama untuk mencegah dehidrasi. Selain itu air putih juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu mengeluarkan racun. Namun ternyata tidak semua anak-anak mau membiasakan minum air putih setiap hari. Bagaimana cara mengatasinya?

Photo Credit : www.pixabay.com

Penyebab anak susah minum air putih

Ada beberapa penyebab mengapa anak tidak suka minum air putih. Salah satunya adalah rasanya yang tawar mungkin dianggap tidak menarik bagi anak-anak. Jika anak Anda termasuk anak yang susah minum air putih, coba cek lagi apakah anak Anda sering minum susu dalam jumlah banyak? Bisa jadi karena sering minum susu, ia lebih suka dengan minuman lain selain air putih.

Dikutip dari Huffington Post, salah satu penyebab anak susah minum air putih adalah anak-anak terlalu sering minum minuman dengan perasa seperti jus buah, minuman soda dan susu.

Mengatasi anak yang susah minum air putih

Meskipun anak-anak banyak minum susu, teh atau jus buah, ia tetap memerlukan air putih untuk kelancaran metabolisme tubuh. Dilansir dari laman Parents, Anda bisa menyiasati anak yang susah minum air putih dengan beberapa cara berikut:

1. Sediakan air putih saat ia haus
Selalu sediakan minuman air putih di rumah atau dalam bekalnya sehari-hari di sekolah. Jelaskan pada anak bahwa air putih merupakan minuman terbaik untuk menghilangkan dahaga dan baik untuk kesehatan tubuh.

2. Berikan infused water

Jika anak Anda tidak menyukai air putih karena rasanya yang tawar, Anda bisa menambahkan potongan buah-buahan pada minumannya untuk menambah rasa. Potongan buah yang bisa Anda berikan antara lain lemon, strawberry, daun mint. Selain segar, minuman ini juga baik untuk kesehatan.

3. Biasakan minum air putih
Bisa jadi salah satu penyebab anak susah minum air putih adalah Anda tidak membiasakan untuk minum air putih di rumah. Anda bisa mengatasinya dengan membiasakan anak untuk minum air putih setelah makan, setelah pulang sekolah, atau saat bangun tidur. Sediakan di meja makan atau kamar tidur sehingga mudah dijangkau.