Penting! 7 Cara Mengatasi Anak Penakut Jadi Lebih Berani

cara-agar-anak jadi-pemberani-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah anak Anda memiliki sering memiliki rasa takut dan sering dianggap sebagai anak penakut? Sebagai orang tua, Anda tidak boleh membiarkan ketakutannya terus ada di dalam diri anak Anda. Anda harus melakukan beberapa cara mengatasi anak penakut.

Bukanlah hal yang sulit untuk mengubah anak penakut jadi pemberani. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak penakut. Cara mengatasi anak penakut yang akan dibahas ini bisa Anda terapkan untuk anak Anda agar menjadi anak pemberani.

Cara mengatasi anak penakut jadi pemberani

Tak perlu khawatir terhadap masalah tentang anak Anda yang penakut. Beberapa cara mengatasi anak penakut di bawah ini bisa menjadi solusi bagi Anda. Anak penakut jadi pemberani bukanlah sebuah hal yang sulit apabila Anda melakukan cara-cara ini.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi anak penakut jadi pemberani:

1. Memberi contoh keberanian kepada anak

Cara mengatasi anak penakut yang paling pertama adalah dengan menjadi sosok yang pemberani bagi anak. Anak Anda memerlukan contoh keberanian yang bisa dia lihat setiap hari. Lakukanlah hal-hal yang mencerminkan keberanian di depan anak Anda.

Lalu berilah penjelasan tentang segala keberanian yang telah Anda lakukan di depan anak. Berikan penjelasan tentang mengapa Anda harus melakukan itu, seperti apa rasanya, manfaatnya, menunjukkan cara termudah, dan lainnya.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Anak yang Takut Gelap

2. Sering berbicara tentang keberanian

Anak penakut membutuhkan cara yang tenang dalam mengatasi rasa takutnya. Anak-anak yang sering merasa ketakutan sangat cocok bila sering diajak berbicara. Bicaralah kepada anak Anda tentang hal-hal terkait keberanian.

Luangkanlah waktu Anda dalam sehari, mungkin setiap sebelum tidur atau ketika ia sedang merasa takut. Jelaskanlah bahwa keberanian harus ada di dalam dirinya dan yakinkan bahwa ia akan memilikinya segera.

3. Stop membantunya

Berikanlah ia kesempatan untuk mengatasi rasa takutnya secara mandiri. Hal ini bukan berarti Anda tidak peduli. Apabila Anda yakin anak bisa mengatasi hal tersebut maka yakinkan dia bahwa ia bisa mengatasi rasa takutnya. Mulailah dari hal-hal terkecil.

Sebagai contoh kasus: Anak yang takut dengan serangga tiba-tiba melihat ada serangga di atas mainannya. Biasanya ia akan langsung berteriak dan meminta bantuan Anda. Mungkin sebelumnya Anda akan langsung menyingkirkan serangga tersebut dan anak akan bisa kembali bermain.

Hal tersebut tidak akan menyingkirkan rasa takutnya. Ubahlah cara itu agar anak Anda bisa mengatasi rasa takutnya. Katakan kepadanya bahwa ia bisa menyingkirkan serangga itu sendiri. Tunjukkan cara efektif dan menarik untuk menyingkirka serangga tersebut. Yakinkahlah anak Anda bahwa ia bisa melakukannya sendiri.

4. Memberinya bacaan atau tontonan tentang keberanian

Cara mengatasi anak penakut ini cukup menarik. Anda bisa memberikannya sebuah buku bacaan menarik atau film yang bertemakan keberanian yang positif. Bacakanlah buku-buku tersebut atau tontonlah bersama-sama film tersebut.

Buatlah agenda rutin untuk aktivitas tersebut. Berikanlah penjelasan tambahan yang mengandung informasi penting tentang keberanian. Buatlah agar anak Anda mengidolakan sosok pemberani pada film atau buku tersebut sehingga ia ingin menirunya.

5. Ajarkan solusi praktis untuk mengatasi ketakutan

Anak Anda bisa saja menjadi anak penakut karena ia tidak mengetahui solusi praktis untuk mengatasi rasa takutnya pada saat itu. Sebagai orang dewasa yang sudah memiliki pengalaman, tentunya Anda bisa mengajarkan anak cara praktis mengatasi rasa takut.

Apabila Anda berhasil mengajarkannya maka ia telah memiliki satu pengalaman yang berhasil mengatasi rasa takut sehingga ia akan menjadi percaya diri untuk ketakutan selanjutnya yang serupa.

Tunjukkanlah tahapan setiap ia merasa ketakutan. Ajarkan ia untuk menarik napas dalam-dalam, merilekskan pikiran, lakukan berpikir cara teknis untuk mengatasi rasa takut yang sedang ada di hadapannya. Anda perlu mengajarinya tentang cara teknis tersebut.

6. Mencoba sesuatu yang baru

Setelah anak mengetahui apa yang harus dilakukan setiap kali ia merasa takut, Anda bisa untuk memintanya melakukan sesuatu yang baru. Sebagai contoh untuk anak yang takut untuk bersosialisasi maka Anda bisa memintanya untuk berkenalan dengan orang baru yang sebaya dengannya setiap hari.

Lakukanlah secara bertahap. Anda perlu menemaninya untuk melakukan tersebut untuk pertama kali. Lalu, bisa dengan hanya melihat dari jauh, dan seterusnya. Tanyakanlah anak tentang perkembangan dan kendala yang dihadapi lalu carikan solusinya dan teruslah menumbuhkan keberanian di dalam dirinya.

Baca juga: Anak Takut Bertemu Orang Asing? Atasi dengan Cara Ini

7. Melakukan sebuah petualangan bersama

Petualangan merupakan sebuah cara mengatasi anak penakut yang sangat seru sekaligus menantang. Cara ini sebaiknya dilakukan apabila anak telah melakukan beberapa cara di atas. Anda bisa mulai melakukan petualangan terdekat dari rumah Anda.