10 Cara Mengajari Anak Bicara yang Perlu Diketahui Para Orang Tua

anak-belajar-bicara-doktersehat

DokterSehat.Com – Merasa galau karena sudah waktunya anak belajar bicara? Kemampuan ini sering menjadi fokus para orang tua karena sangat penting. Tak bisa dielakkan, bila masih banyak orang tua yang bingung bagaimana cara mengajari anak bicara yang tepat.

Ada beberapa cara cepat mengajari anak bicara. Cara ini bahkan dinilai efektif dan efisien karena tidak menggunakan banyak peralatan bahkan minim pengeluaran. Penasaran seperti apa caranya? Yuk, simak informasi selengkapnya!

Cara Mengajari Anak Bicara yang Tepat dan Efektif

Perkembangan anak memang memengaruhi kemampuan untuk cepat berbicara. Akan tetapi, selain faktor perkembangan anak, cara yang dipilih untuk mengajari anak bicara juga memiliki pengaruh yang cukup besar.

Inilah beberapa cara mengajari anak bicara yang tepat dan efektif:

1. Merespon setiap anak mengoceh

Tahukah Anda bahwa anak belajar bicara sejak ia masih bayi? Ya, ketika si kecil menginjak usia sekitar 3 bulan, ia sudah mulai mengoceh. Janganlah Anda mengacuhkan ocehannya itu. Berikanlah respons setiap kali anak mengoceh sejak ia bisa mengoceh.

Baca Juga: Arti Bahasa Bayi Saat Menangis, Sudah Tahukah Anda?

Lakukan hal tersebut sampai anak bisa berbicara dengan benar. Anda bisa merespons ocehannya dengan percakapan ringan, menarik, dan menyenangkan bagi anak. Di samping itu, Anda juga bisa memperbaiki artikulasi pada ocehan anak sebagai respons.

2. Menyanyikan lagu yang edukatif

Lagu sering kali dianggap sebagai sarana belajar. Akan tetapi, tidak semua lagu. Pilihlah lagu-lagu yang bersifat edukatif yang mengandung beberapa kosakata sederhana dan kosakata awalan bagi anak.

Menyanyikan lagu tertentu secara berulang akan menarik si kecil untuk bisa melakukannya. Jadi, jangan heran bila sewaktu-waktu ia bisa menyanyikan lagu tersebut. Hal ini juga dianggap sebagai cara cepat mengajari anak bicara.

Pasalnya, lagu memiliki rangkaian kata yang terbatas bila dibandingkan percakapan sehari-hari. Apabila rangkaian kata tersebut diulang, maka kata-kata tersebut mudah melekat di ingatan anak dan akan merangsangnya untuk bicara.

3. Membacakan anak buku cerita bergambar

Anak belum bisa baca lalu tidak bisa menggunakan buku? Anda keliru! Tidak ada salahnya memilih buku bahkan buku merupakan sarana pendidikan yang tepat bagi anak yang sedang belajar bicara. Sebaiknya pilihlah buku cerita bergambar.

Sebagai awalan, pilihlah buku-buku yang menarik bagi anaknya, yaitu yang banyak gambar menarik. Buku cerita bergambar juga tidak terlalu banyak kata, sehingga cocok untuk mengajari anak bicara di awal.

Bacakanlah setiap kata di dalam buku bergambar tersebut. Alangkah baiknya bila Anda membacakan dengan disertai ekspresi yang tepat. Jangan hanya membacakan kata-kata di buku tersebut tetapi jelaskan pula gambar-gambar yang ada.

Cara mengajari anak bicara yang satu ini cukup efektif bahkan bisa berdampak positif bagi anak di masa depan. Jika Anda rutin melakukannya, manfaatnya tidak hanya pada kemampuan bicara melainkan minatnya untuk membaca.

4. Mengajari anak kosakata benda di sekitarnya

Memperkenalkan nama-nama benda yang ada di sekitar anak merupakan cara mengajari anak bicara yang tepat dan efektif. Pasalnya, ini mudah dilakukan dan sangat bermanfaat untuk anak belajar bicara.

Anak mudah mengenali benda-benda yang ada di sekitarnya karena sering berinteraksi dengan benda-benda di sekitar. Anda bisa mulai dengan mainannya, perabot rumah, pakaian, perlengkapan makan, perlengkapan tidur, dan lainnya.

5. Menceritakan kisah-kisah atau cerita kepada anak

Cara mengajari anak bicara juga bisa dilakukan dengan menceritakannya kisah-kisah menarik dan inspiratif. Anda bisa memilih kisah-kisah fabel (dongeng hewan), cerita rakyat, atau kisah religius.

Anak akan larut mengikuti alur cerita dan menyerap kata-kata yang ada di dalam kisah tersebut. Hal ini juga bisa menambah kosakata anak yang jarang ada di kegiatan sehari-hari. Buatlah kegiatan bercerita Anda menarik dan interaktif.

Jangan hanya mengisi kegiatan tersebut dengan berkisah melainkan buat anak terlibat. Sebagai contoh, ketika Anda bercerita “Ada seekor harimau di dalam hutan ….”. Jeda sebentar lalu sisipkan pertanyaan atau pernyataan seperti “Lihat dek, kulit harimau warnanya kuning bercampur hitam”, atau “Gigi harimau tajam tidak?” dan sebagainya.

6. Melakukan permainan yang bisa merangsang anak belajar bicara

Bermain juga bisa menjadi cara cepat mengajari anak bicara. Ada banyak jenis permainan yang bisa merangsang anak belajar bicara. Anda bisa menggunakan flash card  dan bermain tebak gambar. Permainan lain yang bisa dilakukan seperti tebak suara hewan, atau memanfaatkan nama-nama anggota tubuh.

Baca Juga: 15 Manfaat Bermain bagi Anak Usia Dini (No. 8 Sangat Penting)

7. Memberikan respons pada aktivitas anak

Respons yang perlu diberikan bukan hanya ketika anak mengoceh atau berbicara. Akan tetapi, berikan juga respons ketika anak sedang melakukan aktivitas tertentu. Misalnya, jika anak Anda sedang bermain dengan mainannya, maka responslah ” Wah, anak ibu sedang bermain apa?” atau respons lainnya.

Anda juga bisa memberikan penjelasan tambahan terhadap aktivitas tersebut. Selain aktivitas anak, Anda juga bisa memberikan penjelasan ketika Anda sedang melakukan sesuatu seperti sedang membersihkan rumah, menyiapkan makanan keluarga, mencuci, dan lainnya. Ini bisa merangsang anak bicara.

8. Sering berbicara kepada anak

Melakukan perbincangan secara rutin dan sering bisa menjadi cara mengajari anak bicara yang efektif. Sediakanlah waktu khusus untuk berbicang dengan anak atau mengambil kesempatan berbincang pada aktivitas tertentu. Anda bisa berbicara ketika anak bermain, bersantai, dan waktu lainnya.

9. Mengajukan pertanyaan kepada anak

Ingin anak cepat bicara? Ajukan ia pertanyaan. Cara ini bisa melengkapi cara mengajari anak bicara lainnya. Anak yang diberikan pertanyaan akan melatih kemampuannya berbicara. Mulailah dengan kata tanya sederhana, seperti apa, siapa, di mana, dan kapan.

10. Mengajak anak bermain dengan teman-temannya

Ajaklah anak bermain dengan teman-teman seusianya. Mungkin saja akan ada hal yang belum pernah Anda saksikan saat anak bersama dengan teman-temannya. Lingkungan sebaya bisa meningkatkan motivasi anak untuk berinteraksi secara verbal.

Itulah beberapa cara mengajari anak bicara. Apakah Anda sudah siap melakukan cara-cara tersebut untuk mengisi fase anak belajar bicara? Lakukanlah cara di atas dengan penuh kesabaran dan nikmatilah prosesnya. Selamat mencoba!