Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat mengadakan sebuah perayaan, khususnya lebaran, banyak orang yang tidak bisa mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi. Segala jenis makanan dikonsumsi tanpa memperhatikan jumlah gula dan kalori yang terkandung di dalamnya. Terlebih lagi, ketika lebaran ada banyak jenis suguhan makanan ringan atau kue lebaran yang rata-rata memiliki rasa manis.

3 Cara Mudah untuk Menetralkan Gula Darah dalam Tubuh

Jika Anda terus menerus mengonsumsinya, maka kemungkinan besar gula darah Anda juga akan naik. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara untuk menetralkan gula darah di dalam tubuh setelah mengonsumsi makanan manis. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Olahraga

Walaupun terasa berat dan sulit untuk dilakukan, nyatanya olahraga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Olahraga memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menetralkan gula darah agar terhindar dari penyakit diabetes. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menetralkan gula darah adalah yoga. Di samping menyehatkan tubuh, yoga juga bisa membuat pikiran dan suasana hati menjadi lebih tenang.

2. Konsumsi Makanan Probiotik

Sebuah studi terbaru dari Oregon State University menyatakan bahwa bakteri jahat dalam usus ternyata dapat memakan gula dan dapat mempengaruhi fungsi kognitif. Artinya, saat Anda sedang kelebihan gula, cobalah untuk mengonsumsi makanan probiotik seperti yogurt Yunani, keju cottage, atau sauerkraut yang didinginkan untuk menambahkan beberapa bakteri baik.

3. Konsumsi Protein dan Serat

Protein dan serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan agar tidak terserang penyakit seperti susah buang air besar atau sembelit, serta jenis penyakit pencernaan lainnya. Selain itu, protein dan serat juga bisa menetralkan gula darah. Sebab, ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat, maka makanan tersebut akan dicerna dengan lambat. Jika makanan yang dikonsumsi mudah dicerna, maka gula darah akan jatuh dan Anda akan berpotensi untuk merasa lapar sehingga ingin makan terus-menerus. Cobalah untuk mengonsumsi makanan mengandung protein dan serat seperti apel, kacang, telur rebus, dan sayuran.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi