Cara Memilih Metode Diet yang Tepat untuk Diri Sendiri

diet-noom-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Ada banyak macam metode diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, tidak semua metode diet tersebut bisa berhasil dengan sempurna. Hal tersebut terjadi lantaran sebuah kesalahan kita dalam memilih metode diet. Alih-alih mendapat bentuk badan yang dinginkan, tapi justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, sebelum melakukan diet, ada baiknya jika Anda memilih terlebih dahulu metode diet seperti apa yang cocok dengan tubuh Anda. Berikut ada beberapa cara untuk memilih metode diet yang tepat, diantaranya:

1. Konsultasikan ke Dokter

Hal yang berhubungan dengan kesehatan tubuh sebaiknya harus dikonsultasikan ke dokter atau ahli medis terlebih dahulu, terlebih lagi hal yang menyangkut diet. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa tubuh Anda dan metode diet apa yang cocok untuk dilakukan. Selain itu, berkonsultasi dengan dokter juga bisa mmbantu Anda memilih jenis olahraga yang cocok dengan metabolisme tubuh Anda serta jenis asupan makanan yang baik untuk dikonsumsi.

2. Perkirakam Jumlah Asupan Kalori

Sebelum melakukan diet, jangan lupa untuk selalu memerhatikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Cobalah untuk memilih jenis makanan yang mengandung sedikit kalori agar tidak memberikan pengaruh buruk pada berat badan Anda. Anda bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sebab, kedua jenis makanan tersebut tidak akan membuat berat badan Anda naik walaupun dikonsumsi sebanyak apapun.

3. Menjaga Komitmen

Seringkali, saat Anda sedang melakukan diet, Anda mudah tergoda dengan makanan berkalori tinggi seperti junkfood, fastfood, dan lain sebagainya. Sehingga, diet yang selama ini Anda lakukan akan gagal. Oleh karenanya, ketika Anda berkeinganan untuk menurunkan berat badan, Anda harus bisa berkomitmen dan membulatkan tekad terlebih dahulu.