Beginilah Cara Mendidik Anak Kembar Tanpa Stres

inilah-cara-mendidik-anak-kembar-tanpa-stres-doktersehat

DokterSehat.Com РBanyak orang tua dengan anak kembar yang tidak tahu bagaimana seharusnya cara mendidik anak kembar dengan baik. Para orang tua tersebut sering kali melakukan beberapa kesalahan dalam cara mendidik anak kembar. Akibatnya, para orang tua dari anak kembar pun merasa lelah dan akhirnya menjadi stres.

Ayah dan bunda kini tidak perlu menjadi stres dalam mendidik anak kembar. Ha ini dikarenakan ada beberapa cara mendidik anak kembar tanpa stres. Cara mendidik anak kembar ini tidak hanya menghilangkan stress tetapi juga merupakan cara yang efektif dan baik.

Berikut ini adalah cara mendidik anak kembar tanpa stress :

1. Libatkan pasangan dalam mendidik anak kembar

Setiap anak termasuk anak kembar tentunya berasal dari satu ayah dan satu ibu. Anak kembar pun tidak hanya dididik oleh ibunya saja atau ayahnya saja. Hal ini tidaklah baik untuk perkembangan anak kembar. Setiap anak kembar membutuhkan sosok ayah dan ibu di dalam mendidiknya.

Oleh karena itu, cara mendidik anak kembar yang baik adalah dengan melibatkan pasangan Anda. Selain itu, cara mendidik anak kembar dengan melibatkan pasangan tentunya akan membuat Anda ringan dan stres pun bisa berkurang bahkan hilang.

Baca juga: 4 Fakta Unik Tentang Anak Kembar

2. Berikan perlakuan adil kepada anak kembar

Janganlah pernah pilih kasih kepada anak kembar Anda. Berikanlah perlakuan adil kepada anak kembar. Hal ini akan mencegah anak kembar memiliki rasa iri satu sama lain yang akan membuat Anda stress.

Jadi, cara mendidik anak kembar tanpa stres adalah dengan memberikan perlakuan adil kepada mereka sejak mereka lahir. Cara ini akan membawa hal positif di lain hal yang akan mendukung perkembangan anak kembar dengan baik.

3. Jangan pernah membanding-bandingkan anak kembar

Walaupun anak Anda terlahir kembar tetapi mereka pasti memiliki perbedaan. Perbedaan di antara anak kembar bisa terletak pada fisiknya, karakternya, dan lainnya. Mungkin saja, Anda akan menemukan perbedaan tersebut seperti ‘hitam dan putih’ atau ‘bagus dan tidak bagus.”

Apabila Anda menemukan perbedaan jenis tersebut maka janganlah pernah membanding-bandingkannya. Cara mendidik anak kembar seperti ini bisa mencegah salah satu anak kembar yang memiliki hal yang kurang baik tidak menjadi kecewa dan putus asa.

Contoh: Jangan berkata kepada anak “Kamu kok tidak sepintar kembaran kamu sih.” atau “Kembaran kamu cantik sekali, berbeda dengan kamu.” Hindari kata-kata yang bernada membandingkan. Dan juga cegahlah orang lain bersikap seperti itu.

4. Terima setiap perbedaan yang ada dari anak kembar

Tidak ada satu manusia pun yang memiliki kesamaan dalam seluruh hal. Begitu pun dengan anak kembar Anda. Dengan menerima setiap perbedaan yang wajar dari anak kembar Anda maka Anda telah mengurangi tingkat stres Anda.

Mungkin ada ibu dari anak kembar yang stres karena salah satu dari anak kembar sudah bisa menulis sedangkan yang satu lagi belum. Biasanya, ibu dari anak kembar ini merasa heran dan berkata dalam hati, “Kok bisa beda yah padahal kan satu ayah, satu ibu, satu rahim, satu waktu kehamilan, satu asuhan, satu rumah, dan seterusnya.”

Apabila Anda memaksakan anak kembar Anda harus memiliki hal yang sama karena alasan-alasan tersebut maka Anda sedang menarik diri Anda sendiri ke dalam lubang stres yang dalam. Anda pasti tidak mau kan menjadi stres dalam mendidik anak kembar Anda.

Jadi, terimalah setiap perbedaan alamiah dari setiap anak kembar Anda. Hal ini juga termasuk ke dalam cara mendidik anak kembar tanpa stres. Selain itu, anak kembar juga akan bertindak serupa kepada saudara kembarnya. Hal yang positif bukan?!

5. Perlakukan setiap anak kembar secara istimewa

Janganlah karena anak Anda itu kembar, jadi Anda juga melakukannya secara ‘kembar’. Contoh, Anda membuat jadwal belajar yang ‘kembar’ untuk anak kembar Anda. Anda membuat masakan ‘kembar’ untuk anak kembar Anda, dan sejenisnya.

Secara genetik, mereka memang kembar. Akan tetapi, mereka tidak ingin diperlakukan secara ‘kembar’ terus menerus dan dalam setiap hal. Dalam jangka pendek, perlakuan ‘kembar’ memang menghemat sumber daya Anda.

Sedangkan untuk jangka panjang, hal ini akan menjadi bumerang bagi Anda dan memiliki efek negatif kepada anak kembar Anda. Anda pun akan memiliki tabungan ‘stres’ di masa depan. Mulai dari sekarang, perlakukan anak kembar sebagai individu yang berbeda di setiap hal.

6. Perjelas kedudukan yang lebih tua

Saat Anda melahirkan anak kembar baik secara normal maupun operasi sesar, mereka tidak akan terlahir secara bersamaan. Di antara mereka pasti salah satunya terlahir lebih dulu. Ingatlah siapa yang lebih tua.

Lalu, perlakukanlah anak kembar yang lebih sebagai kakak dari saudara kembarnya yang lebih muda sejak dini. Hal ini merupakan cara mendidik anak kembar tanpa stres. Pasalnya, mereka akan tahu kedudukan masing-masing, yakni sebagai kakak dan adik.

Baca juga: Unik, Bayi Kembar Ini Memiliki Beda Usia 87 Hari. Kok Bisa?

7. Ajarkan berbagi di antara anak kembar

Ilmu berbagi sangatlah penting dimiliki di antara saudara kandung apalagi untuk anak kembar. Dengan mengajarkan berbagi pada anak kembar Anda maka konflik di antara mereka pun menjadi lebih kecil.

Peluang masalah yang Anda miliki pun juga semakin kecil dan berdampak pada tingkat stres yang lebih rendah. Oleh karena itu, tanamkanlah sifat saling berbagi di antara mereka. Hal ini merupakan sikap positif yang memang harus dimiliki setiap manusia.