Terbit: 29 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Orang yang berisiko kanker paru-paru dapat mempertimbangkan untuk melakukan tes tahunan atau diagnosis kanker paru-paru. Orang dengan risiko kanker ini beberapa di antaranya adalah perokok aktif maupun pasif, sering terkena polusi udara, lingkungan kerja yang setiap harinya berkemungkinan besar menghirup zat berbahaya, atau riwayat keluarga yang memiliki kanker paru-paru.

diagnosis-kanker-paru-paru-doktersehat

Sekilas tentang Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru dini umumnya tidak menunjukkan gejala yang khas atau bahkan tanpa gejala. Gejala kanker paru-paru awal yang dapat dikenali di antaranya, sesak napas, batuk terus menerus, nyeri dada, batuk berdarah (hemoptisis), demam dan gejala lainnya. Jika mengalami gejala tersebut dan tidak segera memeriksakan ke dokter, kemungkinan sulit untuk diobati.

Menurut data yang dihimpun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2018, penyebab utama kematian di seluruh dunia yang berada di urutan pertama adalah kanker paru-paru sebanyak 1,76 juta kematian, disusul kanker kolorektal (862.000 juta), kanker pada perut (783.000), kanker hati (782.000) dan kanker payudara (627.000). Oleh sebab itu, lakukanlah pemeriksaan penunjang kanker paru-paru secara dini agar memudahkan pengobatannya.



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi