Terbit: 11 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bentuk alis yang sempurna bisa membuat penampilan seseorang lebih menarik. Alis yang sempurna bisa didapatkan dengan berbagai cara seperti menggunakan pensil alis, sulam alis, atau dengan cara mencukur alis. Proses mencukur alis bisa dilakukan di salon kecantikan atau pun sendiri di rumah.

Cara Mencukur Alis yang Mudah & Rapi, Cukup 5 Langkah!

Mencukur alis memang tidak selalu membuat kita mendapatkan bentuk alis yang kita inginkan. Tetapi paling tidak mencukur alis dapat membantu kita untuk mendapatkan bentuk alis yang lebih mudah untuk dibentuk menggunakan pensil alis.

Cara Mencukur Alis Sendiri di Rumah

Mencukur alis di salon tentunya membutuhkan biasa yang tidak sedikit. Jika Anda memiliki cara mencukur alis yang lebih ekonomis, berikut adalah langkah-langkah cara mencukur alis dengan mudah dan hasil yang rapi.

Alat yang Anda butuhkan untuk mencukur alis antara lain adalah silet pencukur alis, pinset, spoolie brush (sikat alis), pensil alis atau eyeliner, concealer atau foundation, dan gunting kecil.

Langkah 1: Kompres alis dengan air hangat

Langkah pertama adalah membersihkan alis mata, lalu kemudian mengompres alis menggunakan air hangat. Caranya adalah dengan menaruh kapas yang sudah dibahasi air hangat di atas alis selama beberapa saat. Tujuan dari mengompres alis mata dengan air hangat adalah agar kulit lebih lembab dan pori-pori lebih terbuka sehingga proses mencabut alis mata akan jadi lebih mudah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Langkah 2: Tentukan bentuk alis

Langkah kedua dari cara mencukur alis sendiri di rumah adalah menentukan bentuk alis dan menggambar alis. Jangan sembarangan mencukur alis karena tidak mudah untuk membentuk alis tanpa mencecatknya terlebih dulu, apalagi untuk mendapatkan hasil alis yang simetris antara kiri dan kanan.

Gambar bentuk alis sesuai dengan bentuk yang Anda inginginkan. Gunakanlah pensil alis atau eyeliner setebal mungkin untuk mempertegas bentuk alis yang Anda inginkan. Jika diperlukan, lapisi bagian luar alis dengan concealer atau foundation agar bentuk alis yang Anda inginkan semakin terlihat jelas.

Langkah 3: Cukur alis

Langkah selanjutnya adalah Anda sudah bisa mulai mencukur alis Anda. Cukur bagian alis mata yang berada di luar bingkai alis yang sudah Anda gambar. Lakukan perlahan jangan samapi alis mata yang ada di dalam bingkai ikut tercukur. Lakukan dengan hati-hati mulai dari bagian atas alis kemudian bagian bawah.

Langkah 4: Rapihkan alis

Setelah selesai mencukur alis, Anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya yaitu merapihkan alis. Agar hasil dari cara mencukur alis ini lebih maksimal, gunakan spoolie brush untuk menyiris alis Anda. Jika masih ada bagian alis yang terlalu panjang dan keluar dari bingkai alis setelah di sisir, gunting sisa alis tersebut dengan gunting kecil secara hati-hati.

Anda juga bisa merapihkan bulu alis yang masih tertinggal dengan cara mencabutnya menggunakan pinset.

Langkah 5: Bersihkan alis

Langkah terahir dari cara mencukur alis sendiri ini adalah membersihkan alis dari sisa pensil alis atau eyeliner yang tadi digunakan untuk mencukur alis. Setelah selesai dibersihkan, barulah Anda dapat melihat hasil alis mata yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap pada bagian kulit sekitar alis mata setelah selesai mencukur alis.

baca juga : Cara Alami Membuat Alis Lebih Tebal

Tips Aman Mencukur Alis

Cara mencukur alis sendiri di rumah memang terlihat mudah dan tentunya juga lebih ekonomis. Tapi jika Anda melakukannya dengan sembarangan tentunya cara ini juga bisa gagal dan hasilnya jadi tidak sesuai keinginan Anda. Simak tips berikut ini supaya usaha Anda untuk mencukur alis Anda tidak gagal!

  • Pastikan semua alat yang Anda gunakan untuk mencukur alis dalam keadaan baik. Seperti silet pencukur alis dan gunting yang tajam dan juga bersih.
  • Gambar alis sesuai dengan bentuk wajah Anda. Tidak perlu memaksakan bentuk alis cantik yang sama persis seperti orang lain. Anda sendiri yang bisa menentukan seberapa on fleek dan cocoknya suatu bentuk alis di wajah Anda.
  • Gunakan cermin dan pilihlah tempat dengan pencahayaan yang cukup agar tidak terjadi kesalahan ketika mencukur alis.
  • Coba berbagai cara alami untuk menebalkan alis jika Anda ingin bentuk alis Anda lebih cantik dan lebih mudah untuk dicukur dan dirapikan.
  • Jika Anda sulit untuk melakukannya sendiri, lebih baik meminta bantuan teman atau keluarga untuk membantu mencukur alis Anda.

Nah itu dia cara mencukur alis mudah dan praktis di rumah beserta dengan tipsnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi