Terbit: 26 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mencuci rambut rupanya memiliki teknik tersendiri untuk masing-masing jenisnya. Tidak heran jika cara mencuci rambut untuk rambut lurus dengan rambut berktekstur juga beda. Dilansir dari laman Into The Gloss, rambut bertekstur harus dilakukan dengan hati-hati jika tidak ingin rambut mengalami sejumlah masalah. Daripada harus mendatangi salon untuk mencuci rambut saja, sejumlah tips berikut akan membantu Anda mencuci rambut bertekstur di rumah.

Cara Mencuci Rambut yang Bertekstur

Photo Credit: Flickr.com/ Ashley

1. Cuci Rambut Setiap Seminggu Sekali

Mungkin Anda sering mendengar waktu yang tepat untuk mencuci rambuta dalah sekitar dua hingga tiga hari. Namun, hal ini tidak berlaku untuk pemilik rambut bertekstur. Dilansir dari laman Into the Gloss, rambut bertekstur tidak akan menjadikan rambut cepat berminyak. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencuci rambut sekali dalam seminggu. Cara satu ini juga ampuh menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut secara alami.

2. Gunakan Produk Berformula Ringan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga rmabut bertekstur tetap sehat adalah dengan menggunakan produk khusus. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan produk dengan kandungan formula bahan yang ringan agar tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, pastikan untuk membilas bersih rambut dan kulit kepala agar tidak ada sisa sabun yang menempel.

3. Rawat Kulit Kepala

Sebagai tambahan informasi, kunci dalam merawat kesehatan rambut adalah kulit kepala. Kulit kepala sendiri tidak hanya menjadi tumpuan akar rambut saja. Namun juga menjadi salah satu tempat di mana rambut memperoleh asupan nutrisinya. Tidak heran jika kulit kepala menjadi perhatian penting dalam hal perawatan rambut, termasuk untuk rambut bertekstur. Anda dapat mengaplikasikan hari care khsusu kulit kepala atau menggunakan bahan-bahan alami yang ampuh merawat dan menjaga kesehatan kulit kepala.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Rambut bertektsur seperti rambut keriting memang memilii perlakuan berbeda dari rambut lurus pada umumnya. Hal ini tidak hanya untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala saja. Perawatan rambut yang tepat juga menjadikan rambut bertekstur tetap memiliki tekstur alaminya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi