Terbit: 10 April 2018 | Diperbarui: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tren hijab yang semakin beragam kini juga membuat banyak wanita memutuskan untuk mengenakan hijab. Sayangnya, pemakaian hijab kerap kali menimbulkan sejumlah masalah kesehatan pada rambut mau pun kulit kepala. Salah satunya adalah rambut yang menjadi mudah lepek dan susah diatur. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, sejumlah cara berikut dapat merawat kesehatan rambut meski mengenakan hijab.

Cara Mencegah Rambut Lepek untuk Wanita Berhijab

1. Gunakan Hijab yang Breathable

Salah satu cara mencegah rambut lepek pada wanita berhijab adalah dengan memilih bahan hijab yang tepat. Tidak semua bahan hijab yang Anda kenakan menggunakan material yang breathable. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan rambut tidak dapat bernafas. Kondisi demikian, tidak hanya menganggu kesehatan rambut tetapi juga membuat rambut lebih cepat lepek.

2. Keringkan Rambut

Dilansir dari laman Parhlo, salah satu cara untuk mencegah rambut lepek adalah dengan tidak menggunakan hijab saat rambut masih basah. Hal ini tidak hanya menyebabkan ramut lepek. Namun, juga memicu munculnya jamur penyebab ketombe yang menjadikan kulit kepala dan rambut bermasalah.

3. Aplikasikan Masker Rambut

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rambut lepek adalah dengan menggunakan masker rambut. Gunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali untuk menutrisi kulit kepala dan rambut. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti buah atau pun minyak esensial.

4. Menyisir Rambut

Kendati Anda menggunakan hijab, jangan lewatkan waktu menyisir rambut. Pasalnya, menyisir rambut tidak hanya menjadikan rambut lebih rapi saja. Namun, juga dapat meluruhkan kotoran atau pun sel kulit mati yang menempel pada kulit kepala dan rambut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Nah, siapa bilang merawat kesehatan rambut untuk wanita berhijab sangat sulit? Anda hanya perlu melakukan perawatan rambut seperti biasanya. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan produk-produk perawatan rambut khusus untuk wanita berhijab yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi