Terbit: 3 Maret 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Anda dianjurkan untuk melakukan beberapa cara mencegah penyebaran virus Corona apabila Anda merasakan gejala terpapar virus ini. Tindakan preventif sangat penting untuk melindungi orang lain dari paparan penyakit ini. Sementara itu, virus Corona 2019 (COVID-19) masih diteliti dan belum ada vaksin untuk pencegahannya.

cara-mencegah-penyebaran-virus-corona-doktersehat

Apa Itu Virus Corona?

Berdasarkan laporan dari World Health Organization, virus Corona termasuk dalam keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga berkembang menjadi penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS-CoV).

Coronavirus novel 2019 (nCoV) yang sekarang disebut sebagai COVID-19 adalah jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus ini pertama kali terdeteksi pada bulan Desember 2019 yang menginfeksi puluhan ribu orang di China dan dengan cepat menyebar ke berbagai negara hingga Indonesia.

Cara Penyebaran Corona

Penyebaran Corona 2019 (COVID-19) dikabarkan lebih mudah dari penyebaran SARS yang juga termasuk dalam jenis Coronavirus lain. Berdasarkan laporan dari New England Journal of Medicine, COVID-19 dipaparkan dari orang lain yang terinfeksi saat mereka mulai merasakan gejala seperti flu biasa.

Gejala Corona berupa gejala ringan seperti flu, batuk, demam, sakit kepala, hidung beringus, sakit tenggorokan, dan tidak enak badan hingga seseorang yang terinfeksi mungkin tidak menyadari diri mereka sakit dan menyebarkan virus tersebut ke orang lain melalui udara saat bersin atau melalui kontak langsung.

Baca Juga: Virus Corona: Definisi, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

5. Perhatikan Etika Batuk dan Bersin

Apabila Anda sedang batuk atau bersin, Anda harus menutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu dan segera buang tisu bekas tersebut ke tempat sampah. Lalu, cuci tangan dengan sabun hingga bersih selama minimal 20 detik.

Anda juga dianjurkan untuk cuci tangan setelah bersin atau batuk dengan hand sanitizer atau pencuci tangan yang mengandung setidaknya alkohol 60%. Melakukan etika batuk dan bersin terutama saat Anda sedang sakit akan membantu orang lain untuk tidak terpapar berbagai virus yang mungkin berkembang.

6. Sering Cuci Tangan

Seperti yang sudah disarankan, cara mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan cuci tangan Anda setelah batuk, bersin, atau membersihkan hidung beringus selama 20 detik dengan sabun cuci tangan. Anda juga harus cuci tangan sebelum dan setelah makan atau menyiapkan makanan.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda apabila Anda belum mencuci tangan karena Anda tidak pernah tahu bila Anda mungkin telah menyentuh benda-benda seperti meja, gagang pintu, tombol lift, dan fasilitas umum lainnya yang mungkin terpapar virus aktif.

7. Hindari Berbagi Peralatan Makan dan Peralatan Pribadi

Anda mungkin sering berbagai alat makan seperti sendok dan gelas dengan teman-teman Anda, namun kebiasaan tersebut harus dihindari sekarang karena paparan virus, bakteri, dan kuman lainnya sangat mungkin terjadi.

Anda harus mencuci bersih berbagai peralatan setelah digunakan. Anda juga harus menghindari berbagi handuk, tempat tidur, sabun, dan sikat gigi dengan orang lain atau hewan peliharaan.

8. Bersihkan Benda-Benda yang Sering Disentuh

Setiap hari Anda dan orang-orang di sekitar Anda menyentuh benda-benda umum seperti kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, gagang pintu, tempat tidur, meja, dll yang mungkin menjadi tempat paparan virus dan bakteri. Bersihkan permukaan benda-benda tersebut dengan semprotan pembersih rumah atau lap.

Cara mencegah penyebaran virus Corona juga dengan membersihkan tempat-tempat yang mungkin  mengandung darah, tinja, atau cairan tubuh.

9. Pantau Gejala

Anda harus selalu memantau gejala Anda. Gejala COVID-19 sangat ringan, beberapa orang yang terinfeksi bahkan tidak menunjukan gejala-gejala penyakit. Apabila gejala flu biasa disertai dengan sesak napas dan semakin memburuk, segera hubungi dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Virus Corona yang Perlu Diketahui

  1. CDC. 2020. What to Do If You Are Sick With Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/about/steps-when-sick.html. (Diakses pada 3 Maret 2020).
  2. WHO. 2020. Coronavirus. https://www.who.int/health-topics/coronavirus. (Diakses pada 3 Maret 2020).
  3. CDC. 2020. Prevention & Treatment. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/about/prevention-treatment.html. (Diakses pada 3 Maret 2020).
  4. WHO. 2020. Basic protective measures against the new coronavirus. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public. (Diakses pada 3 Maret 2020).
  5. Washington Post. 2020. What You Need to Know About Coronavirus. https://www.washingtonpost.com/health/2020/02/28/what-you-need-know-about-coronavirus/?arc404=true. (Diakses pada 3 Maret 2020).
  6. CDC. Frequently Asked Questions and Answers. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/faq.html#spreads. (Diakses pada 3 Maret 2020).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi