Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan penyakit kulit satu ini. Panu atau tinea versicolor merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur tertentu. Biasanya penderita panu akan memiliki bercah berwarna putih atau lebih cerah dibandingkan dengan warna asli kulit. Penderita panu juga kerqp mengeluhkan rasa gatal pada bercak tersebut. Nah, untuk mengobati panu Anda dapat menggunakan salep khusus atau pun bahan-bahan dari dapur seperti:

Cara Mencegah Panu dengan Bumbu Dapur

1. Minyak Kelapa

Bahan alami yang sudah sering digunakan untuk merawat kulit, terutama oleh masyarakat Asia adalah minyak kelapa. Dilansir dari laman Top 10 Home Remedies, minyak kelapa tidak hanya melembapkan kulit secara optimal. Namun juga dapat membersihkan jamur penyebab panu.

2. Minyak Oregano

Makanan Italia identik dengan bumbu yang khas, yaitu oregano. Siapa yang akan menyangka ternyata minyak oregano dapat digunakan untuk mengobati panu secara alami. Minyak oregano sendiri bersifat antifungal yang akan membunuh jamur sekaligus mencegahnya datang kembali.

3. Bawang Putih

Bumbu dapur lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi pan. Bawang putih sendiri merupakan bahan alami yang dapat membasmi bakteri mau pun jamur. Tidak terkecuali dengan jamur penyebab panu. Selain itu, menggunakan bawang putih juga mempercepat proses penyembuhan panu.

Menggunakan bahan-bahan alami dalam mengatasi panu ternyata tidak hanya mudah untuk dilakukan. Namun juga aman bagi kesehatan kulit. Pasalnya kandungan bahan aktif pada sejumlah bumbu dapur tidak menyebabkan iritasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi