Begini Cara Termudah Mencegah Osteoporosis

doktersehat-osteoporosis

DokterSehat.Com– Ketika tulang Anda menjadi lemah, bahkan duduk lurus menjadi tidak nyaman bahkan tidak mungkin. Ketika osteoporosis menyerang, gerakan sederhana seperti duduk, berdiri dan berjalan mulai menjadi sulit.

Perkiraan menunjukkan bahwa lebih dari 10 persen dari orang-orang di atas usia 50 cenderung menderita osteoporosis. Apakah tak terhindarkan untuk menderita? Tidak, Anda dapat mencegahnya dengan menjaga tingkat diet dan aktivitas.

Apakah Anda tahu bagaimana tulang bekerja? Ya, tulang cenderung menyesuaikan diri tergantung pada tingkat aktivitas dan diet Anda. Tulang merombak diri mereka sendiri. Setelah usia tertentu, massa tulang Anda mulai menurun.

Selain itu, jauhi faktor risiko seperti merokok, minum alkohol, dan tetap tidak aktif. Berikut beberapa fakta lain yang membantu mencegah osteoporosis.

Sebuah penelitian baru mengklaim bahwa melakukan satu atau dua menit latihan setiap hari dapat memberikan banyak manfaat bagi tulang. Ini juga akan meminimalkan kemungkinan patah tulang selama usia tua.

Berapa banyak aktivitas dapat membantu?

Peneliti mengklaim bahwa tindakan singkat dari aktivitas intens juga membantu. Bahkan berlari selama 2 menit setiap hari juga membantu. Bahkan jogging yang lambat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang Anda.

Berapa banyak risiko dapat dikurangi?

Studi ini mengungkap bahwa wanita yang melakukan aktivitas beban berat 120 detik setiap hari akan menikmati kesehatan tulang 4 persen lebih baik daripada yang lain. Kesehatan tulang membaik dengan latihan beban berat intensitas tinggi.

Hubungan antara aktivitas dan kesehatan tulang

Peneliti mempelajari data dari hampir 2500 wanita. Mereka pertama kali memeriksa kesehatan tulang mereka dan kemudian memeriksa tingkat aktivitas mereka dan kemudian sampai pada kesimpulan bahwa kedua aktivitas dan kesehatan tulang terkait.

Bagaimana jika Anda melakukan lebih dari 2 menit?

Studi ini juga membuktikan bahwa lebih dari 2 menit aktivitas intens dapat meningkatkan kesehatan tulang sebesar 6 persen.

Latihan singkat Vs latihan panjang

Selain itu, para peneliti mengatakan bahwa latihan pendek tapi intens lebih baik untuk kesehatan tulang dibandingkan dengan aktivitas panjang dan berkelanjutan.

Faktor yang meningkatkan osteoporosis

Mencegah osteoporosis masa tua dari pria, coba pelajari faktor yang menyebabkan risiko penyakit berikut:

  • Usia dan kadar testosteron
  • Tidak tercukupi kalsium dan vitamin D
  • Tidak berolahraga dengan teratur
  • Terlalu banyak merokok dan minum alkohol
  • Menggunakan obat tertentu

Jadi, menjaga kesehatan tulang sangat mengurangi risiko menderita osteoporosis dan patah tulang selama usia tua, Teman Sehat!