Terbit: 26 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Banyak yang memutuskan untuk liburan ketika menjelang akhir tahun. Ada yang menjelajahi tempat baru sembari wisata kuliner dan ada juga yang memilih staycation di dalam hotel selama beberapa hari. Supaya tak gemuk, Anda harus lakukan beberapa cara mencegah kenaikan berat badan.

7 Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Selama Libur Akhir Tahun

Apa pun jenis kegiatan akhir tahun yang Anda lakukan, pola makan harus ikut dijaga. Kalau Anda tidak acuh dengan kondisi ini ada kemungkinan, kenaikan berat badan terjadi dan Anda menjadi obesitas. Berikut beberapa cara untuk menyiasati kondisi ini.

Cara mencegah kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan memang cukup menyusahkan khususnya saat liburan. Berat badan ideal langsung sirna akibat kita tidak mengontrol pola makan selama berlibur. Tentunya Anda bisa melakukan cara mencegah kenaikan berat badan hanya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Tetap melakukan olahraga

Tetap lakukan olahraga meski sedang melakukan pelesir. Olahraga adalah salah satu cara untuk mengatasi makan yang berlebihan. Dengan melakukan olahraga, kelebihan kalori yang masuk ke tubuh bisa dibakar hingga habis.

Lakukan olahraga minimal sehari sekali dengan durasi sekitar 15 menit. Kalau Anda ingin memesan hotel ada baiknya yang memiliki tempat fitness. Dengan fasilitas ini Anda bisa olahraga kapan saja diperlukan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  1. Tidak lapar mata

Lapar yang dirasakan oleh wanita pada dasarnya terbagi menjadi dua. Pertama adalah lapar secara fisik yang sering kita rasakan saat tidak makan seharian. Lapar ini menyebabkan nyeri di perut dan kadang memicu kondisi maag.

Lapar selanjutnya adalah lapar emosi atau lapar mata. Lapar jenis ini muncul karena Anda tidak tahan dengan godaan dari aroma dan wujud dari makan. Cara mengendalikan berat badan tentunya dengan mengendalikan lapar mata ini agar tidak makan berlebihan.

  1. Hindari makanan yang manis

Makanan manis mudah ditemukan di mana saja khususnya tempat wisata. Makanan ini bisa hadir dalam bentuk camilan atau kudapan yang mengandung banyak kalori. Saat pelesir, usahakan untuk tidak terus menyantap makanan ini.

Makanan atau minuman manis terkadang tidak terlihat kalorinya. Sekilas terlihat sedikit meski di dalamnya terdapat banyak sekali kalori dan setara dengan beberapa piring nasi putih.

  1. Tidak makan sendirian

Kalau Anda tetap ingin makan enak tapi tidak takut mengalami kegemukan, ada baiknya untuk tidak makan sendirian. Maksudnya, Anda beli makanan satu porsi saja lalu dimakan berdua. ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara mencegah kenaikan berat badan yang ampuh. Jadi walau mencoba banyak makanan tidak masalah karena hanya separuhnya saja.

  1. Hindari makan terlalu malam

Jangan makan terlalu malam. Sebisa mungkin makan di siang hari hingga sore. Dua jam sebelum tidur jangan makan karena metabolisme akan berjalan rendah dan Anda akan susah tidur dengan nyenyak. Kalau tidur tidak bisa nyenyak kemungkinan makan jadi tidak terkontrol akan besar.

  1. Bisa mencatat kalori yang masuk

Kalau Anda mau sedikit repot, tapi cukup aman dan ampuh dalam mencegah kegemukan, ada baiknya untuk mencatat kalori. Kenali jenis makanan yang dimakan dan dicatat. Dengan melakukan ini peluang terjadi surplus kalori akan rendah. Bahkan Anda tetap bisa diet selama liburan.

  1. Melakukan pengukuran berat badan secara rutin

Lakukan pengukuran berat badan secara rutin bisa jadi cara mencegah kenaikan berat badan yang signifikan. Pengukuran berat badan ini dilakukan untuk berjaga-jaga kalau ada kenaikan berat badan yang signifikan. Siapkan timbangan digital dan juga meteran baju untuk alat ukur.

Cara berolahraga saat akhir tahun

Salah satu alasan terbesar mengapa kita terus mengembang saat liburan adalah malas olahraga. Padahal, olahraga adalah salah satu cara mencegah kenaikan berat badan yang mudah dan bisa membuat tubuh tetap sehat.

  • Sempatkan bangun lebih awal. Kalau Anda melakukan pelesir saat pagi pukul 07.00, sebelum waktu ini ada baiknya untuk bangun dan melakukan olahraga.
  • Kalau pada pagi hari Anda tidak sempat melakukannya bisa sore atau sebelum tidur. Gunakan waktu sebanyak 15 menit untuk berolahraga dengan baik.
  • Karena saat pelesir olahraga yang dilakukan tidak akan ada banyak pilihan, coba lakukan jalan kaki atau jogging Dengan melakukan ini tubuh akan mudah berkeringat dan kalori yang berlebih bisa segera dibakar hingga habis.
  • Gunakan fasilitas gym di hotel kalau ada. Fasilitas ini biasanya bisa digunakan sejak pagi hingga malam hari.
  • Kalau lokasi beberapa tempat wisatanya saling berdekatan, ada baiknya untuk melakukan jalan kaki saja. Dengan jalan kaki Anda tidak akan sadar kalau sedang berolahraga.

Gangguan pola makan selama liburan

Gangguan pola makan adalah salah satu pemicu kenaikan berat badan. Nah, kondisi ini harus dicegah dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Tetap jadwalkan makan tepat waktu. Saat pelesir dan keasyikan melakukan penjelajahan, Anda jadi sering makan karena ada makanan khas yang wajib dicoba. Akhirnya Anda tidak terasa kalau tubuh sedang surplus kalori setiap hari.
  • Hindari menyantap kudapan manis dan fokuskan pada makanan utama saja. Biasanya kudapan manis sering menjadi biang kerok kenaikan berat badan karena tidak sadar sudah dikonsumsi dalam jumlah banyak.
  • Kalau Anda ingin makan banyak makanan, sebisa mungkin hindari makan nasi dahulu. Selanjutnya saat mencoba makan sebagian saja asal sudah merasakan.
  • Pelesir di luar kota kadang disambut udara panas. Untuk mengatasi ini jangan sesekali minum sesuatu yang manis dan dingin. Selalu siapkan air mineral.
  • Tahu batasan diri dan tidak lapar mata. Kalau mendadak lapar coba minum air putih satu gelas agar tahu apakah laparnya nyata atau sementara saja.

Semoga ulasan mengenai cara mencegah kenaikan berat badan di atas bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk memulai liburan akhir tahun. Mari lebih memperhatikan pola makan agar selama liburan Anda tetap sehat dan tidak mudah sakit. Tidak asyik bukan selesai liburan dan waktunya bekerja malah sakit atau jadi lebih gemuk?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi