10 Cara Mencegah Kehamilan yang Aman dan Tanpa Efek Samping

cara-agar-tidak-hamil-muda-doktersehat

DokterSehat.Com – Mencegah kehamilan merupakan fenomena yang semakin banyak terlihat pada zaman modern ini. Tidak sedikit pasangan yang baru menikah yang ingin menunda kehamilan. Pun hal ini juga dialami oleh pasangan yang sudah lama menikah dan sudah dikarunia beberapa anak.

Berbagai alasan logis mencuat ke permukaan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan untuk mencegah kehamilan. Beberapa alasan tersebut seperti finansial, kesiapan mental, karir, kesehatan, dan alasan lain yang bersifat pribadi. Alasan-alasan inilah yang membuat banyak pasangan masa kini berpikir untuk melakukan beberapa cara agar tidak hamil.

Cara mencegah kehamilan yang biasa dilakukan oleh masyarakat pada umumnya seperti mengonsumsi pil kb, suntik, dan memasang spiral. Ini merupakan cara mencegah kehamilan regular. Namun, cara ini memberikan efek samping dan tidak aman bagi kesehatan.

Daftar Cara Mencegah Kehamilan Alami

Sebenarnya ada beberapa cara mencegah kehamilan yang aman dan tanpa efek samping sama sekali. Sayangnya, banyak pasangan yang tidak mengetahui cara-cara alami tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui dan mempraktikan cara alami ini untuk mencegah kehamilan.

1. Coitus Interuptus

Coitus interuptus adalah suatu cara mencegah kehamilan dengan cara melakukan ejakulasi di luar rahim. Cara ini mencegah sperma bertemu dengan sel telur. Coitus interuptus merupakan cara mencegah kehamilan secara alami.

2. Menghindari masa ovulasi

Berhubungan intim bukan pada saat ovulasi juga merupakan salah satu cara agar tidak hamil. Hindarilah hari-hari dimana rahim meluncurkan sel telur yang matang yakni 14 hari setelah haid. Masa ovulasi biasanya berlangsung selama 2-5 hari.

3. Mengonsumsi ramuan peterseli (ajamoda)

Peterseli adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif yang dianggap sebagai cara mencegah kehamilan secara alami. Anda bisa membuat ramuan peterseli sendiri di rumah. Buatlah ramuan peterseli ini dalam bentuk teh herbal. Mengonsumsi teh peterseli merupakan salah satu cara agar tidak hamil yang sama sekali tidak memiliki efek samping.

4. Konsumsilah pepaya

Pepaya terbukti membantu dalam mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Mengonsumsinya tepat setelah hubungan seksual membantu mencegah kehamilan. Konsumsilah buah pepaya setidaknya dua kali sehari selama sekitar 3 hingga 4 hari. Hindari makan buah ini jika Anda ternyata tengah hamil muda.

5. Manfaatkan akar jahe

Jahe merupakan bahan dapur umum yang dapat dimanfaatkan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Jahe bisa merangsang pendarahan menstruasi. Anda bisa membuat ramuan akar jahe sendiri dengan mudah.

Caranya adalah dengan memarut jahe yang telah dibersihkan lalu rebus selama beberapa waktu dan biarkan mendidih selama sekitar 5 menit. Saring cairan dan kemudian minum saat masih panas. Minum 2 cangkir cairan jahe panas setiap hari.

6. Aprikot Kering

Aprikot kering juga digunakan untuk mencegah kehamilan dengan cara mencegah terjadinya pembuahan. Akan tetapi, sama seperti pepaya, Anda harus menghentikan konsumsi aprikot kering bila Anda sedang dalam kondisi hamil muda.

Cara membuat ramuan aprikot kering adalah dengan mencampur 100 gram aprikot kering, 2 sdm madu dan air. Rebus campuran ini selama sekitar setengah jam dan konsumsi satu cangkir.

7. Mengonsumsi ramuan akar kapas

Mengonsumsi ramuan akar tanaman kapas merupakan cara mencegah kehamilan secara alami dan efektif. Tanaman akar kapas merangsang pelepasan hormon oksitosin. Hormon oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kehamilan.

Cara membuat ramuan akar kapas adalah dengan memotong-motong akar kapas kering lalu tambahkan ke secangkir teh atau diseduh dalam air panas. Konsumsilah 2 kali sehari untuk hasil yang optimal

8. Queen anne’s lace (benih wortel liar)

Tanaman herbal ini merupakan ramuan yang sudah digunakan sejak zaman kuno untuk mencegah kehamilan. Benih wortel liar bekerja dengan mengendalikan kelahiran. Mengonsumsi biji wortel liar ini merupakan langkah efektif sebagai cara agar tidak hamil muda.

Anda bisa langsung mengunyah biji wortel liar. Cara lainnya adalah dengan menggiling biji benih wortel liar tersebut dan merendam satu sendok teh ke dalam air. Konsumsilah satu kali sehari selama beberapa hari dengan banyak air.

9. Konsumsi ubi liar

Konsumsilah wild yam untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Cobalah untuk mengonsumsi ubi liar dua kali sehari secara teratur. Dibutuhkan satu atau dua bulan untuk bekerja sebagai obat kontrasepsi jadi pastikan untuk mengonsumsi secara disiplin.

10. Jack-in-the-Pulpit Root (Indian Turnip)

Ramuan yang menggunakan tanaman asal India ini cukup efektif digunakan sebagai cara mencegah kehamilan secara alami hingga seminggu setelah hubungan seksual. Ambil satu sendok makan akar tanaman herbal kering ini lalu hancurkan hingga menjadi bubuk kemudian campur dalam setengah cangkir air dingin. Minumlah ramuan ini selama seminggu.

 

Sumber: 

  1. MT Indiarti. 2018. Meraih Kehamilan : Teknik Menunda, Menghindari dan Mendapatkan Kehamilan dengan Metode Sehat Alami. Yogyakarta: Penerbit Elmatera
  2. //www.momjunction.com/articles/best-home-remedies-to-prevent-conception_0080401/#gref
  3. //parenting.firstcry.com/articles/25-home-remedies-to-avoid-pregnancy/