Terbit: 19 November 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada sejumlah cara yang dapat Anda—para kaum pria—lakukan untuk mencegah kanker prostat. Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker prostat adalah penyakit berbahaya yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Oleh sebab itu, ketahui apa saja langkah-langkah agar terhindar dari penyakit ini.

14 Cara Mencegah Kanker Prostat pada Pria

Cara Mencegah Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit yang disebabkan oleh mutasi sel pada kelenjar reproduksi pria tersebut. Di Amerika Serikat—menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC)—kanker prostat menduduki posisi kedua setelah kanker kulit sebagai jenis kanker yang paling banyak terjadi pada pria.

Penyakit ini tentunya jangan sampai terjadi pada Anda, karena sel kankernya dapat menyebar ke organ dan jaringan tubuh lainnya sehingga berisiko menyebabkan kematian. Lantas, apa saja cara untuk mencegah kanker prostat? Sebagian besar berkaitan dengan penerapan diet tepat, yaitu:

1. Buah dan Sayuran

Tips atau cara pertama yang bisa Anda terapkan setiap hari guna mencegah kanker ini adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Menurut penelitian, vitamin dan nutrisi lainnya yang terkandung pada buah maupun sayuran efektif untuk meminimalisir risiko kanker pada kelenjar reproduksi pria tersebut.

Daun bayam, misalnya. Sayuran berdaun hijau ini mengandung komponen yang kabarnya dapat membantu tubuh dalam memecah karsinogen. Karsinogen adalah salah satu elemen yang berkontribusi terhadap perkembangan sel kanker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Kopi

Anda suka kopi? Jika ya, maka ini merupakan hal yang bagus karena menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kanker prostat:

  • Menurut tinjauan studi klinis tahun 2014, minum empat hingga lima cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker ini di kemudian hari.
  • Pada studi lainnya, setiap tiga cangkir kopi yang Anda minum dapat mengurangi risiko kanker sebanyak 11 persen.

Ini menggambarkan hubungan dosis-respons antara kanker dan kopi. Itu berarti prevalensi risiko kanker akan naik atau turun seiring dengan jumlah kopi yang Anda minum. Efek ini mungkin tidak berlaku untuk jika Anda minum kopi satu cangkir per hari.

3. Kacang Kedelai

Cara mencegah kanker prostat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi kacang kedelai maupun olahannya (susu kedelai, tempe, tahu, dsb.). Pasalnya, pada kacang tersebut terkandung senyawa bernama isoflavon.

Menurut studi terkontrol pada tahun 2014 lalu, isoflavon terbukti dapat mencegah atau meminimalisir risiko jenis kanker yang satu ini.

4. Teh Hijau

Sebuah studi mengungkapkan bahwa seorang pria yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibanding para pria yang tidak mengonsumsi teh hijau. Studi lain mengonfirmasi hubungan antara bahan-bahan utama teh hijau dan risiko kanker prostat yang lebih rendah. Namun, karena uji klinis baru dilakukan pada hewan, uji klinis pada manusia lebih lanjut masih diperlukan.

5. Makanan Mengandung Likopen

Jenis makanan lainnya yang dapat Anda konsumsi sebagai cara mencegah kanker prostat adalah makanan yang mengandung likopen. Ini adalah senyawa yang memberikan warna merah pada makanan, seperti tomat, semangka, dan stroberi.

Likopen memiliki sifat antioksidan. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa tersebut memiliki risiko lebih rendah terkena kanker ini dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Namun, American Institute for Cancer Research memperingatkan bahwa studi yang menghubungkan tomat dengan pencegahan penyakit ini masih perlu dipastikan lebih lanjut. Sementara itu, sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa memasak tomat membuat tubuh lebih mudah menyerap likopen. Semakin merah tomat, semakin baik karena likopen terakumulasi selama proses pematangan.

6. Mengonsumsi Makanan Rendah Lemak

Menurut sejumlah penelitian, pria yang mengonsumsi lemak dalam jumlah tinggi setiap hari memiliki peningkatan risiko kanker prostat. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi makanan-makanan tinggi lemak seperti:

  • Daging berlemak
  • Keju
  • Susu tinggi lemak

Sebaliknya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak, atau makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti ikan, buah, dan sayuran.

7. Hindari Konsumsi Makanan dengan Kandungan Nutrisi Tertentu

Ada sejumlah zat bergizi pada makanan yang—jika asupannya terlalu berlebihan—justru dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkenan kanker ini di kemudian hari. Zat-zat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Omega-3. Penelitian pada tahun 2013 menunjukkan jika asupan asam lemak omega-3 yang terlalu banyak membuat seorang pria lebih berpotensi menderita kanker ini.
  • Asam Folat. Asupan suplemen dengan kandungan asam folat menurut penelitian lainnya juga dapat meningkatkan risiko penyakit ini.
  • Kalsium. Mengonsumsi produk olahan susu yang tinggi kalsium secara berlebihan bisa memengaruhi kerusakan sel yang berujung pada mutasi sel tersebut menjadi sel kanker.

Kendati demikian, apa yang terungkap dalam penelitian-penelitian tersebut masih belum kuat dan harus ada penelitian lebih lanjut.

8. Olahraga Teratur

Studi tentang olahraga dan risiko kanker prostat sebagian besar menunjukkan bahwa pria yang berolahraga mungkin memiliki prevalensi risiko yang lebih kecil terhadap kanker ini. Selain itu, olahraga juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker lainnya.

Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas olahraga yang—walaupun ringan—namun sudah cukup untuk membuat tubuh terhindar dari penyakit ini, yaitu:

  • Jalan santai
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Berenang

9. Rutin Melakukan Ejakulasi

Banyak orang tidak menyangka bahwa ejakulasi dapat menjadi cara mencegah kanker prostat. Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang pria yang melakukan masturbasi lima kali dalam seminggu memiliki kemungkinan 34 persen lebih rendah terkena kanker ini pada usia 70 tahun, daripada mereka yang jarang melakukan ejakulasi.

Cairan mani mengandung zat-zat yang bersifat karsinogenik, dan ejakulasi secara teratur dapat membantu menghilangkan zat-zat tersebut.

10. Tidak Merokok

Cara mencegah kanker prostat lainnya adalah dengan tidak merokok. Ya, lagi-lagi kebiasaan yang satu ini memberi dampak buruk bagi tubuh Anda. Bahkan, risiko seseorang menderita kanker tersebut sampai berujung pada kematian menjadi semakin tinggi apabila ia juga merupakan seorang perokok aktif.

11. Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan alias obesitas ternyata juga memiliki keterkaitan dengan penyakit mematikan ini.  Maka dari itu, menjaga berat badan Anda tetap ideal kiranya menjadi suatu keharusan jika tidak ingin berurusan dengan penyakit tersebut.

Bagaimana caranya? Tentu dengan mengontrol frekuensi dan jenis makanan. Usahakan untuk membatasi jenis makanan yang mengandung banyak kalori maupun lemak. Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan poin ke-8, yakni rajin berolahraga.

12. Berhubungan Seks yang Aman

Menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seks menjadi salah satu cara mencegah kanker ini. Infeksi menular seksual seperti cytomegalovirus dan trichomoniasis telah dikaitkan dengan penyakit tersebut. Cytomegalovirus adalah jenis herpes yang ditemukan dalam jaringan kanker prostat. Sedangkan trikomoniasis adalah virus yang dapat diobati dan mungkin memiliki efek jangka panjang.

Sebuah studi rilisan Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention menemukan bahwa pria yang pernah terinfeksi trikomoniasis memiliki peluang 40 persen lebih besar untuk terkena penyakit ini.

13. Hindari Konsumsi Suplemen Vitamin E

Meski vitamin adalah sesuatu yang baik, namun sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker ini. Menurut National Institute of Health, seseorang tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan jika sudah mendapatkan 15 mg vitamin E dalam sehari.

14. Rutin Melakukan Medical Check Up

Terakhir dari upaya pencegahan kanker ini adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan medis (medical check up), terutama bagi Anda yang memang memiliki faktor risiko dari penyakit ini. Faktor risiko tersebut adalah sebagai berikut:

  • Berusia 50 tahun ke atas
  • Mengalami obesitas
  • Riwayat keluarga

Baca Juga: 19 Gejala Kanker Prostat yang Bisa Anda Kenali

Komplikasi Kanker Prostat

Kanker ini memiliki sejumlah komplikasi yang tidak boleh Anda sepelekan sehingga upaya pencegahan harus dilakukan dari sekarang. Komplikasi tersebut meliputi:

  • Sel kanker menyebar ke organ lainnya (metastasis)
  • Inkontinensia urine
  • Disfungsi ereksi
  • Kematian.

 

  1. Anonim. Can Prostate Cancer Be Prevented?. https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/causes-risks-prevention/prevention.html. (accessed on 19 November 2020)
  2. Anonim. Prostate Cancer. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/symptoms-causes/syc-20353087 (accessed on 19 November 2020)
  3. Anonim. Prostate Cancer Prevention. https://www.webmd.com/prostate-cancer/guide/understanding-prostate-cancer-prevention (accessed on 19 November 2020)
  4. Anonim. Prostate Cancer Prevention: Ways to Reduce Your Risk. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/in-depth/prostate-cancer-prevention/art-20045641 (accessed on 19 November 2020)
  5. Bean, M dan Melissa, M. 2018. 8 Easy Things You Can Do to Reduce Your Risk of Prostate Cancer. https://www.menshealth.com/health/a19537335/8-steps-prevent-prostate-cancer/ (accessed on 19 November 2020)
  6. Harris, S. 2018. What are the natural ways to prevent prostate cancer? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322795#natural-ways-to-lower-risk (accessed on 19 November 2020)
  7. Kim, S. 2018. 9 Tips to Prevent Prostate Cancer.  https://www.healthline.com/health/9-tips-to-prevent-prostate-cancer#red-foods (accessed on 19 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi