DokterSehat.Com– Memiliki nafas yang segar tentu saja membuktikan jika mulut dan gigi Anda dalam kondisi yang sehat. Namun sebaliknya, saat nafas Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap jangan sampai mengabaikannya. Pasalnya, bau mulut juga menjadikan salah satu pertanda jika ada yang tidak beres pada tubuh, terutama pada rongga mulut. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Anda juga dapat menjajal sejumlah cara berikut yang ampuh mencegah bau mulut.

doktersehat-mulut-bau

1. Memenuhi Asupan Cairan

Salah satu cara untuk mencegah bau mulut adalah dengan memenuhi asupan cairan. Dilansir dari laman Web MD, menjaga tubuh tetap terhidrasi akan menghindarkan Anda dari bau mulut. Hal ini lantaran air dapat mempercepat proses pembersihan rongga mulut dan gigi dari sisa-sisa makanan atau pun kotoran yang menempel dan tersembunyi di sela-sela gigi.

2. Hindari Mengonsumsi Kopi Terlalu Sering

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang banyak diminati. Tidak hanya menenangkan, kopi juga memiliki citarasa yang sangat khas. Namun, mengonsumsi kopi terlalu sering justru menjadi penyebab utama bau mulut. Tidak ada salahnya jika Anda mulai membatasi hobi untuk mengonsumsi kopi.

3. Tinggalkan Kebiasaan Merokok

Cara lain untuk mencegah bau mulut adalah dengan tidak merokok. Hal ini disebabkan oleh tembakau pada rokok yang meninggalkan bau kuat pada rongga mulut. Bahkan, aroma tembakau dapat bertahan selama beberapa jam setelah Anda menghisap rokok.

4. Mendatangi Dokter Gigi Secara Rutin

Penyebab bau mulut salah satunya adalah kesehatan gigi atau pun rongga mulut yang terganggu. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda selalu menjadwalkan waktu kontrol rutin dengan dokter gigi langganan. Tidak hanya mencegah bau mulut, cara satu ini juga menjaga kesehatan gigi dan mulut secara optimal.

Menjaga kesehatan mulut dan gigi memang berkaitan dengan bau mulut. Tidak heran jika orang yang rajin memeriksakan dirinya ke dokter gigi akan terhindar dari masalah bau mulut. Selain itu, perhatikan jenis makanan yang disantap untuk mengurangi bau mulut.