Terbit: 1 Mei 2018 | Diperbarui: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Luka bakar adalah salah satu cedera yang mungkin dialami oleh anak-anak. Anak bisa terkena luka bakar ketika bermain lilin, air panas, kembang api, atau bahkan ketika membantu Anda di dapur. Luka ini tentunya membuat anak tidak nyaman dan butuh penanganan segera.

Jenis-jenis luka bakar

Penanganan luka bakar tidak bisa sembarangan. Perlu diketahui luka bakar dapat dibedakan menjadi 3 tingkat, yaitu:
1. Luka bakar tingkat pertama
Luka bakar jenis ini hanya terjadi pada lapisan atas kulit. Kulit yang mengalami luka bakar akan memerah, nyeri, bengkak, dan kering. Luka jenis ini akan mengering dalam 3-6 hari, namun akan mengelupas dalam 1-2 hari setelah luka bakar.

2. Luka bakar tingkat dua
Luka bakar ini termasuk jenis luka bakar yang serius karena sudah mengenai lapisan kulit bawah atau dermis. Luka jenis ini ditandai kulit yang melepuh dan kemerahan serta sangat sakit. Proses penyembuhan luka bakar tingkat dua memakan waktu lebih lama, umumnya mencapai 3 minggu lebih.

3. Luka bakar tingkat tiga

Luka bakar tingkat tiga adalah luka bakar yang paling serius karena melukai semua lapisan kulit dan jaringan di bawahnya. Salah satu tandanya adalah luka disertai dengan luka kecoklatan dan tampak hangus.

Cara menangani luka bakar

Hindari menempelkan luka bakar secara langsung dengan es. Hal ini dapat membuat kerusakan lebih pada kulit yang luka. Cara pertama mengatasi luka bakar pada anak adalah dengan mengarahkan luka pada air mengalir selama 15 menit. Setelah dibersihkan, balut luka dengan kain kasa atau perban selama 24 jam.

Apabila luka bakar pada anak menyebabkan melepuh atau tampak putih dan hangus, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan darurat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi