11 Cara Menaikkan Berat Badan dalam Waktu Singkat

DokterSehat.Com – Kelebihan berat badan bukan menjadi satu-satunya masalah berat badan. Sebagian orang justru merasakan masalah kekurangan berat badan. Sama halnya seperti menurunkan berat badan, cara menaikkan berat badan juga harus dilakukan dengan benar agar tidak berbahaya bagi kesehatan.

Cara Menaikkan Berat Badan dalam Waktu Singkat

Berat tubuh ideal menjadi salah satu indikator kesehatan seseorang. Berat badan tidak ideal, baik itu kelebihan maupun kekurangan, merupakan kondisi yang harus mendapatkan perhatian, karena dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Jika berat tubuh Anda di bawah berat tubuh ideal, coba 11 cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat berikut ini, yuk!

1. Makan lebih sering

Makan lebih sering menjadi cara menaikkan berat badan yang pertama. Semakin sering makan, tentunya akan semakin banyak juga kesempatan kalori masuk ke dalam tubuh. Cobalah untuk membagi porsi makan menjadi 5 hingga pada 6 kali sehari.

Cara ini juga umumnya diterapkan pada orang yang ingin menurunkan berat badan. Meskipun begitu cara ini juga bisa diterapkan sebagai cara meningkatkan berat badan. Perbedaannya adalah jumlah kalori yang dikonsumsi.

2. Perhatikan asupan kalori yang masuk

Poin sebelumnya sudah menyinggung tentang asupan kalori. Jika seseorang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, tentu asupan kalorinya akan dikurangi. Sedangkan jika ingin menaikkan berat badan, Anda justru harus meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi.

Perhitungan kalori ini tentunya harus dilakukan dengan cermat. Tambahkan 300-500 kalori untuk meningkatkan berat badan perlahan. Sedangkan jika ingin meningkatkan berat badan dengan cepat, Anda dapat menambahkan sekitar 700-1000 kalori dari kalori harian yang dikabar.

3. Pilih makanan yang bernutrisi

Selain memerhatikan frekuensi makan dan jumlah kalori, memilih jenis makanan juga menjadi kunci cara menaikkan berat badan. Jangan asal memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Sumber kalori tambahan juga sebaiknya berasal dari makanan bernutrisi.

Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk membantu meningkatkan asupan kalori adalah seperti susu, sayur-sayuran, buah-buahan, roti gandum, pasta, sereal sumber protein tanpa lemak (seperti daging tanpa lemak), dan kacang-kacangan.

4. Jangan banyak minum sebelum makan

Cara menaikkan berat badan selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi air sebelum makan. Memperbanyak minum sebelum makan umumnya dilakukan untuk menekan nafsu makan untuk seseorang yang sedang menurunkan berat badan.

Maka dari itu, cara ini harus dihindari oleh Anda yang ingin menaikkan berat badan. Sebaiknya konsumsi air putih secukupnya paling tidak 30 menit sebelum makan. Meskipun begitu, tetap penuhi asupan cairan sesuai kebutuhan Anda, ya!

5. Konsumsi camilan sehat

Konsumsi camilan juga bisa menjadi salah satu cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat. Tentunya jenis camilan yang dikonsumsi juga harus merupakan camilan sehat. Beberapa rekomendasi camilan untuk meningkatkan berat badan adalah seperti kacang-kacangan, keju, buah, kering, alpukat, atau sandwich dengan sayur dan daging.

Usahakan untuk memilih waktu makan camilan yang tepat. Jangan biarkan camilan mengganggu jam makan wajib Anda.

6. Berikan bahan tambahan dalam makanan

Salah satu cara untuk menambahkan kalori pada makanan adalah dengan menambahkan bahan-bahan makanan pada setiap yang Anda konsumsi. Anda dapat menambahkan bahan tambahan seperti saus, bumbu, dan rempah-rempah pada masakan Anda.

Konsumsi makanan yang padat energi juga sangat direkomendasikan untuk menaikkan berat badan. Jenis makanan ini adalah seperti kacang-kacangan, buah kering, susu tinggi lemak, daging, umbi, dark chocolate, alpukat, santan, granola, dan masih banyak lagi.

7. Tingkatkan konsumsi protein

Salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan ketika ingin meningkatkan berat badan adalah protein.

Nutrisi yang satu ini berperan penting dalam pembentukan otot. Konsumsi protein yang direkomendasikan untuk meningkatkan berat badan adalah sekitar 1,5 hingga 2,2 gram protein per kilogram berat badan.

8. Minum smoothies dan milkshakes

Tentunya banyak sekali jenis minuman yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan berat badan.

Namun tidak banyak diantaranya yang baik untuk kesehatan. Pilihan minuman yang baik untuk meningkatkan berat badan adalah smoothies dan milkshake yang tidak hanya lezat, tapi juga tidak berbahaya bagi kesehatan.

9. Berhenti merokok

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Umumnya perokok memiliki berat badan lebih rendah daripada yang bukan perokok. Selain itu, sebagian besar orang juga sudah merasakan kenaikan berat badan setelah berhenti merokok.

10. Olahraga rutin

Olahraga bukan hanya dibutuhkan untuk menurunkan berat badan, tapi juga dapat membantu menaikkan berat badan.

Pilihlah jenis olahraga angkat beban dan latihan kekuatan. Latihan jenis ini dapat membantu membentuk otot sehingga berat badan dapat bertambah. Selain itu, olahraga juga diketahui mampu untuk meningkatkan nafsu makan.

11. Istirahat cukup

Cara menaikkan berat badan lain yang tidak kalah harus diperhatikan adalah dengan istirahat cukup.

Selain istirahat yang cukup, tentunya Anda juga harus memiliki tidur yang berkualitas, Tidur cukup dan berkualitas berpengaruh pada pembentukan otot dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jadi, sudahkah berat tubuh Anda ideal? Salah satu cara untuk mengetahui berat tubuh ideal Anda adalah dengan menggunakan kalkulator BMI. Jika berat tubuh Anda saat ini belum memenuhi berat tubuh ideal, Anda bisa mencoba cara-cara di atas untuk membantu meningkatkan berat badan.

Jika berat tubuh di atas berat ideal, tentunya Anda juga harus mencari tips diet untuk menurunkan berat badan. Pilihlah cara menurunkan berat badan yang sehat dan tidak membahayakan kesehatan Anda.

Yuk, jaga berat tubuh ideal demi meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko berbagai macam penyakit, Teman Sehat!

 

Sumber: 

  1. How to Gain Weight Fast and Safely – https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight diakses 8 April 2019
  2. What’s a good way to gain weight if you’re underweight? – https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/underweight/faq-20058429 diakses 8 April 2019