8 Cara Menahan Lapar Saat Puasa Selama Bulan Ramadan

cara-menahan-lapar-saat-puasa-doktersehat

DokterSehat.Com – Bulan Ramadan telah tiba! Tentunya ada banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi bulan yang suci ini, salah satunya adalah menyiapkan diri untuk berpuasa selama 1 bulan lamanya. Hari awal puasa tentu akan terasa lebih berat karena tubuh masih menyesuaikan dengan pola makan yang berbeda dari biasanya. Lalu, bagaimana cara menahan lapar saat puasa? Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini!

Cara Menahan Lapar Saat Puasa

Selama berpuasa Ramadan, kita diharuskan untuk menahan nafsu, termasuk juga menahan lapar dan haus. Merasakan lapar saat puasa memang merupakan hal yang wajar. Beberapa tips menahan lapar saat puasa berikut akan membuat puasa kamu menjadi lebih lancar dan menyenangkan!

1. Pilih menu sahur yang tepat

Tips menahan lapar saat puasa yang pertama adalah dengan memerhatikan menu saat sahur.

Ya, salah satu hal paling berpengaruh pada lapar atau tidaknya kita selama berpuasa adalah apa yang kita makan saat sahur. Pilihlah menu yang padat gizi dan tidak terlalu cepat dicerna oleh pencernaan.

Menu karbohidrat kompleks adalah salah satu yang direkomendasikan untuk sahur. Sedangkan makanan yang disarankan untuk dihindari ketika sahur adalah seperti mie instan dan juga bubur ayam karena biasanya hanya memberikan sensasi kenyang sementara.

Makanan seperti mie instan dan bubur ayam akan membuat Anda lebih cepat lapar di siang hari. Sedangkan jenis makanan seperti oatmeal dan ubi jalar dapat menjadi pilihan karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat sahur.

2. Cukupkan kebutuhan cairan

Cara menahan lapar saat bulan puasa selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Cara memenuhi kebutuhan cairan dapat dilakukan dengan cara konsumsi 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari. Aturan ini dibuat berdasarkan dengan asupan air putih yang idealnya adalah 8 gelas per hari.

Meskipun begitu, kebutuhan cairan setiap orang pada dasarnya berbeda-beda, sehingga aturan tersebut dapat dijadikan aturan minimal dan Anda dapat mengonsumsi lebih dari jumlah tersebut jika memang kebutuhan cairan harian Anda  biasanya melebihi jumlah tersebut.

3. Produktif dan fokus

Puasa tidak menghalangi seseorang untuk tetap produktif.

Produktif seharian dapat menjadi cara menahan lapar saat puasa. Namun ingat, jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat yang mungkin dapat membuat Anda terlalu lemas dan kelelahan.

Jika memiliki waktu kosong, tidak ada salahnya untuk mengisi waktu dengan hobi yang Anda miliki. Mengisi waktu kosong dan fokus dengan kegiatan yang dilakukan dapat membantu Anda terdistraksi dari rasa lapar.

4. Konsumsi madu dan kurma

Madu dan kurma menjadi makanan manis yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama bulan puasa.

Konsumsi keduanya dipercaya dapat memberikan energi tambahan untuk Anda. Selain itu, madu sendiri juga dipercaya dapat membantu gula darah tetap stabil saat puasa dan tentunya juga dapat menjaga sistem imun tubuh.

5. Tidur cukup dan berkualitas

Tips menahan lapar saat puasa lainnya adalah tidur cukup dan berkualitas.

Hindari tidur terlalu malam ketika berpuasa karena Anda diharuskan bangun lebih pagi untuk menjalani sahur. Anda juga bisa memanfaatkan jam makan siang untuk tidur siang beberapa saat. Jangan mengambil jam tidur siang terlalu panjang karena dapat menyebabkan kepala terasa pusing.

Ketika kurang tidur, tubuh menjadi lebih lemas dan rasa lapar dapat lebih terasa. Tidur yang cukup juga membantu Anda untuk tetap dapat produktif selama berpuasa.

6. Ngabuburit sambil berolahraga ringan

Siapa bilang kita harus melewatkan olahraga ketika berpuasa?

Waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga ringan adalah ketika menuju waktu berbuka puasa. Anda bisa jogging santai atau sekedar berjalan-jalan di taman untuk mengisi waktu yang sering disebut dengan waktu ngabuburit tersebut.

Olahraga ringan ini juga menjadi salah satu cara menahan lapar saat puasa. Rasa lapar dapat terdistraksi ketika kita melakukan kegiatan untuk mengisi waktu dibandingkan hanya menunggu waktu berbuka saja.

7. Jaga keseimbangan antara sahur dan buka

Makan terlalu banyak ketika berbuka dapat merusak pola makan selama berpuasa.

Terkadang makan terlalu banyak di malam hari membuat kita tidak merasa lapar di waktu sahur. Alhasil kita hanya mengonsumsi sedikit makanan ketika sahur. Hal ini sangat mungkin menyebabkan lapar lebih mudah melanda.

Maka dari itu, menjaga keseimbangan asupan makanan ketika sahur dan berbuka menjadi sangat penting untuk mencegah terlalu lapar di siang hari.

Selain jumlah makanan yang dikonsumsi, jangan lupa juga untuk memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Hindari untuk mengonsumsi terlalu banyak gula gula dan lemak trans, meskipun kedua zat ini paling banyak ditemukan dalam berbagai menu berbuka puasa.

Pastikan asupan protein, karbohidrat, lemak, dan nutrisi lainnya tetap seimbang dan terjaga dengan baik.

8. Luruskan kembali niatmu

Cara menahan lapar saat puasa yang terakhir adalah dengan mengingat kembali niat untuk berpuasa.

Ketika mengingat niat awal Anda berpuasa, maka Anda dapat menjalani puasa dengan lebih iklas dan juga tanpa beban. Hal ini membuat rasa lapar dan haus yang mungkin dialami menjadi lebih tidak terasa.

Rasa lapar diatur oleh hormon yang ada di otak. Terkadang rasa lapar tidak selalu menunjukkan bahwa Anda benar-benar lapar. Maka dari itu, pada dasarnya rasa lapar tidak harus diatasi dengan makan, tapi dapat juga didistraksi dengan berbagai macam cara.

Merasakan lapar selama menjalani puasa adalah hal yang wajar. Meskipun begitu, Anda dapat mengurangi atau bahkan melupakan rasa lapar dengan menjalankan cara menahan lapar saat puasa yang disebutkan di atas.