Terbit: 4 Juni 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Bagaimana cara memutihkan kuku secara alami? Kuku adalah bagian tubuh yang mungkin jarang diperhatikan, namun sebenarnya warna kuku dapat menjelaskan tentang kesehatan Anda. Ketahui apa penyebab kuku kuning dan cara mengatasinya.

11 Cara Memutihkan Kuku Secara Alami (Mudah dan Cepat)

Penyebab Kuku Kuning

Kuku kuning mungkin dianggap masalah sederhana, namun ini dapat menjadi gejala kesehatan yang serius. Berikut ini penyebab kuku kuning, yaitu:

  • Salah menggunakan produk kuku
  • Kekurangan vitamin
  • Kekurangan nutrisi

Kuku kuning juga dapat menjadi gejala penyakit berbahaya, seperti:

  • Kondisi tiroid
  • Psoriasis
  • Diabetes
  • Kondisi paru-paru kronis
  • Obstruksi limfatik
  • Artritis reumatoid

Bila kondisi kuku kuning diasosiasikan dengan gejala penyakit kronis, Anda akan merasakan gejala yang lebih signifikan lainnya. Anda tidak perlu khawatir bila kuku kuning terjadi akibat kondisi umum.

Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Anda mungkin ingin memiliki kuku-kuku yang bersih dan terlihat bagus. Berikut ini cara memutihkan kuku secara alami:

1. Jus Lemon

Anda mungkin sudah mendengar berbagai manfaat lemon bagi kesehatan, ternyata jus lemon juga dapat membuat kuku terlihat bening dan sehat. Caranya adalah dengan memeras lemon hingga keluar jus alaminya. Setelah itu, gosok jus lemon tersebut ke kuku-kuku Anda.

Biarkan jus lemon menyerap beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat. Bila perlu, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan krim khusus untuk tangan dan kuku untuk hasil yang lebih cepat dan efektif.

2. Baking Soda

Baking soda (sodium bicarbonate) adalah bahan untuk membuat kue namun juga digunakan dalam berbagai keperluan rumah tangga. Selain itu, ada berbagai manfaat baking soda dalam bintang kecantikan.

Anda juga dapat menggunakan baking soda untuk memutihkan kulit, caranya:

  • Campur 2 sdt baking soda dengan air hangat secukupnya.
  • Gosok pasta baking soda tersebut ke kuku.
  • Diamkan selama 5 menit hingga meresap.
  • Bilas dengan air hangat.

Anda mungkin harus mengulangi cara ini beberapa kali hingga terlihat hasilnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Baking Soda (Soda Kue) untuk Wajah, Bisa Mengatasi Jerawat?

3. Pasta Gigi dengan Pemutih

Cara memutihkan kuku selanjutnya adalah dengan menggunakan gosok gigi dengan kandungan pemutih. Caranya sama dengan saat Anda menggosok gigi, cukup gosokkan pasta gigi ke kuku Anda. Lalu, diamkan selama sekitar 3 menit dan bilas. Anda disarankan untuk menggunakan pelembap atau losion setelahnya, agar kulit di sekitar jari dan tangan tidak kering.

4. Cuka Apel Putih

Cuka apel dapat membantu mengembalikan pH kulit dan menghilangkan jamur di sekitar kuku. Ketahui cara membersihkan kuku kuning, berikut ini:

  • Campurkan setengah gelas air hangat dengan setengah gelas cuka apel.
  • Rendam kuku Anda dalam larutan tersebut dan tunggu sekitar 20 menit.
  • Bilas tangan hingga bersih.

Anda mungkin harus mengulangi proses ini selama 3-4 minggu. Jangan lupa untuk tetap menggunakan pelembap tangan. Bila Anda menemukan reaksi alergi, segera hentikan penggunaan.

5. Sabun

Sebenernya, cara memutihkan kuku kuning dengan mudah cukup dengan rajin cuci tangan dengan sabun. Jangan lupa untuk mengikuti panduan cara cuci tangan yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO). Cuci tangan tidak hanya dapat membersihkan kuku, namun juga membunuh virus dan bakteri.

6. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah bahan kimia yang dapat memutihkan kuku. Zat ini juga lembut dan tidak merusak struktur kuku. Sebelum menggunakan hidrogen peroksida, pastikan Anda tidak memiliki luka terbuka di sekitar kuku atau jari Anda.

Cara memutihkan kuku dengan hidrogen peroksida, yaitu:

  • Campurkan air hangat dengan hidrogen peroksida yang sudah dicairkan.
  • Rendam kuku Anda dalam larutan tersebut.
  • Biarkan selama sekitar 10 menit.
  • Bilas sampai bersih.

Bila perlu, ulangi proses tersebut dalam 3-4 hari. Anda juga dapat menambahkan minyak almond atau minyak kelapa untuk hasil yang lebih maksimal. Walaupun demikian, jangan menggunakan larutan ini bila Anda memiliki kulit sensitif atau merasakan efek alergi. Hati-hati larutan hidrogen peroksida pekat yang belum diencerkan dapat menyebabkan kulit terbakar, melepuh, atau iritasi.

Baca Juga: Tips Menggunakan Hidrogen Peroksida untuk Mengatasi Jerawat

7. Minyak Esensial

Ada berbagai minyak esensial untuk kecantikan kulit dan kuku. Pada dasarnya, Anda dapat mengandalkan minyak esensial apa saja seperti, minyak esensial lemon, minyak esensial almond, atau minyak esensial kelapa. Caranya cukup mudah, cukup aplikasikan lalu gosok minyak esensial ke kuku serta punggung tangan Anda selama 10 menit lalu bilas. Minyak esensial dapat membersihkan jamur penyebab kulit kuning.

8. Stroberi

Ada banyak manfaat stroberi seperti untuk memutihkan gigi dan kuku secara alami. Cara ini sudah digunakan secara tradisional sejak dulu kala.

Cara memutihkan kuku dengan stroberi, yaitu:

  • Potong buah stroberi segar.
  • Gosokkan dengan lembut ke permukaan kuku.
  • Diamkan selama 5-10 menit hingga menyerap.

Anda mungkin harus mengulangi cara ini beberapa kali. Anda juga bisa membuat pasta stroberi dengan campuran 1 sdt soda kue untuk hasil yang lebih cepat.

9. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung antioksidan dapat membantu mencerahkan warna kulit kuku. Caranya sangat mudah, cukup ambil kulit jeruk dan gosokkan ke kuku Anda. Lalu, bilas sampai bersih dan lihat hasilnya setelah beberapa kali perawatan.

10. Tea Tree Oil 

Minyak esensial tree tea oil mengandung antiseptik alami untuk membersihkan bakteri atau kuman penyebab kuku terlihat tidak bersih. Kandungan alami lainnya juga dapat membunuh jamur di kulit.

Caranya adalah dengan menggosokan sedikit tea tree oil dan biarkan menyerap selama sekitar 5 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu hingga kulit kuku bening atau kembali pada warna aslinya.

11. Kikir Kuku (Nail File)

Apabila Anda memiliki warna kuning gelap, mungkin Anda membutuhkan perawatan dengan set kikir kuku. Anda dapat melakukannya sendiri atau pergi ke salon kecantikan. Anda harus menggunakan kikir kuku sesuai aturan untuk penampilan kuku yang cantik.

Selain cara memutihkan kuku tersebut, Anda juga harus memerhatikan penyebab kuku kuning. Pastikan Anda makan buah dan sayur untuk memberi vitamin pada kuku, kulit, dan seluruh bagian tubuh. Cara alami tersebut tidak berfungsi bila Anda tidak memerhatikan vitamin dan nutrisi dalam tubuh.

 

  1. Hosny, Dalia. 2020. How to Whiten Underneath Your Nails Naturally. https://fustany.com/en/beauty/nails/how-to-whiten-underneath-your-nails-naturally. (Diakses pada 4 Juni 2020).
  2. Listotic. 2019. 6 Of The Best Ways To Whiten Your Nails. https://listotic.com/6-easy-ways-to-whiten-your-nails/. (Diakses pada 4 Juni 2020).
  3. Mathews, Jennifer. 2015. Whiten Yellow Nails at Home With These Amazing Hacks. https://www.healthyway.com/content/whiten-yellow-nails-at-home-with-these-amazing-hacks/. (Diakses pada 4 Juni 2020).
  4. Polard, Stephanie. 2019. 8 DIY WAYS TO GET RID OF YELLOW NAILS. https://helloglow.co/how-to-whiten-nails/. (Diakses pada 4 Juni 2020).
  5. Tschinkel, Arielle. 2018. 11 foods you should eat for stronger nails. https://www.insider.com/foods-that-are-good-for-your-nails-2018-4. (Diakses pada 4 Juni 2020).
  6. Verike, Angie. 2020. Yellow Nails: 11 Easy Home Remedies To Fight Fingernail Discoloration. https://www.littlethings.com/how-to-get-rid-of-yellow-nails. (Diakses pada 4 Juni 2020).
  7. Watson, Kathryn. 2017. Yellow Nails. https://www.healthline.com/health/yellow-nails. (Diakses pada 4 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi