7 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami dan Paling Ampuh!

cara-memutihkan-ketiak-doktersehat

DokterSehat.Com – Ketiak hitam bisa membuat kita tidak percaya diri. Meskipun tidak semua orang melihatnya, tapi memiliki ketiak yang cerah tentunya menjadi dambaan banyak orang. Ada banyak sekali cara memutihkan ketika, salah satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan cara alami. Yuk, simak cara memutihkan ketiak secara alami berikut ini!

Penyebab Ketiak Hitam

Sebelum mengetahui cara memutihkan ketiak hitam, sebaiknya ketahui lebih dulu berbagai penyebab ketika menghitam. Jika melakukan cara memutihkan ketiak tanpa mengetahui penyebabnya, maka kemungkinan ketiak dapat kembali menghitam dengan cepat. Berikut adalah beberapa penyebab ketiak hitam yang paling umum:

1. Iritasi

Penyebab ketiak hitam yang pertama adalah iritasi pada kulit ketiak. Penyebab iritasi sendiri bisa berbeda-beda mulai dari penggunaan produk yang kurang tepat, pakaian yang ketat, hingga kebiasaan menggaruk ketiak. Jika ingin terhindar dari iritasi maka sebaiknya perhatikan kembali pakaian dan produk yang Anda gunakan.

Hal lain yang paling sering menyebabkan iritasi kulit ketiak tanpa kita sadari adalah ketika mencukur bulu ketiak dan waxing. Hal ini menimbulkan perlukaan kecil dan iritasi pada kulit. Mencukur bulu ketiak dan waxing berulang-ulang dapat membuat kulit menjadi lebih hitam.

2. Penumpukan sel kulit mati

Penyebab ketiak hitam selanjutnya adalah akibat penumpukan sel kulit mati. Menumpuknya sel kulit mati di bagian kulit mana saja memang dapat membuat kulit terlihat lebih gelap. Maka dari itu, eksfoliasi kulit sangat penting dilakukan secara rutin untuk mencegah penumpukan sel kulit mati.

3. Pengaruh hormon

Ketiak menghitam juga bisa disebabkan oleh pengaruh hormon. Contohnya seperti yang terjadi pada ibu hamil. Peningkatan hormon estrogen juga dapat memicu produksi melanosit sehingga hiperpigmentasi kulit terjadi.

4. Kondisi kesehatan tertentu

Selain ketiga penyebab di atas, ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh kondisi keehatan tertentu. Kondisi seperti hiperpigmentasi akibat merokok tembakau, infeksi bakteri, atau kelainan kulit lainya yang memicu hiperpigmentasi dapat menyebabkan ketiak menghitam.

5. Obesitas

Penyebab ketiak hitam lain yang juga sering terjadi adalah obesitas atau berat badan berlebih. Daerah lipatan-lipatan bisa menjadi lebih gelap pada orang obesitas karena adanya gesekan antar kulit terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Cara Memutihkan Ketiak Alami

Sebanarnya ada banyak produk pemutih ketiak yang sudah ada dipasaran, tapi jika ada cara alami yang lebih praktis dan tentunya ekonomis, tentunya tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan? Berikut adalah beberapa cara memutihkan ketiak yang bisa Anda coba di rumah!

1. Lemon atau jeruk nipis

Lemon adalah salah satu agen pencerah kulit alami yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon dan jeruk nipis memiliki fungsi mencerahkan. Selain itu, lemon juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Kemampuannya ini lah yang membuat lemon menjadi salah satu pilhan cara memutihkan ketiak yang banyak dipilih.

Lemon memang ampuh untuk mencerahkan, namun perlu diketahui bahwa lemon kurang cocok untuk digunakan oleh pemilik kulit kering dan sensitit. Hati-hati menggunakan lemon agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Kentang

Cara memutihkan ketiak secara alami yang kedua adalah menggunakan kentang.  Sama halnya seperti lemon, kentang juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati pada ketiak. Cara memutihkan ketiak hitam dengan kentang sangat mudah, Anda bisa mengoleskan irisan kenting ke ketiak selama beberapa menit. Cara lainnya adalah menjadikan parutan kentang sebagai scrub.

3. Mentimun

Cara memutihkan ketiak yang ketiga adalah menggunakan mentimun. Buah yang satu ini dikenal dengan manfaatnya untuk mencerahkan kulit mulai dari bagian wajah, selangkangan, hingga ketiak. Selain dapat mencerahkan, mengaplikasikan mentimun juga dapat membuat kulit menjadi lebih segar.

Cara memutihkan ketiak dengan timun sama seperti menggunakan kentang, yaitu bisa diiris saja atau dapat juga dihancurkan sebelum diaplikasikan ke ketiak. Gunakan masker mentimun untuk ketiak hitam ini selama kurang lebih 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Kunyit

Anda juga bisa menggunakan kunyit sebagai salah satu cara memutihkan ketiak. Selain memiliki efek memutihkan, kunyit juga memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu meredakan bau tak sedap pada ketiak. Agar lebih mudah, gunakan ekstrak kunyit dalam bentuk bubuk untuk dijadikan sebagai masker.

Campurkan bubuk kunyit dengan perasan lemon secukupnya, lalu balurkan di seluruh ketiak. Diamkan kurang selama 15-30 menit atau hingga kering, lalu bisa dengan air bersih. Sama seperti cara memutihkan ketiak dengan lemon, cara ini kemungkinan dapat menyebabkan kulit kering.

5. Gula dan minyak kelapa

Gula adalah salah satu bahan alami untuk eksfoliasi kulit yang paling sering digunakan. Sedangkan minyak kelapa memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit. Campuran kedua bahan alami ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu membantu memutihkan ketiak.

Campurkan satu sendok gula dengan minyak kelapa secukupnya, lalu gosokkan secara lembut pada kedua ketiak selama beberapa menit, tidak perlu terlalu lama karena dapat menyababkan iritasi. Setalah selesai scrubbing, diamkan scrub selama beberapa menit sebalum membilasnya dengan air bersih.

Selain menggunakan minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun yang memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda.

6. Tawas

Tawas adalah zat yang digunakan dalam proses penjernihan air. Perlu diketahui bahwa tawas juga sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi masalah ketiak seperti bau badan dan juga ketiak hitam. Tawas bisa digunakan sebagai deodorant untuk mencegah produksi keringat berlebih pada ketiak.

Cara menggunakannya adalah dengan cara mengoleskan tawas pada ketiak. Sebelumnya, rendam tawas sebentar di air hangat. Sebelum menggunakan, pastikan tawas yang dipilih memiliki permukaan yang halus, karena jika permukaan tawas kasar maka dapar memicu gesekan dan irirasi kulit.

7. Minyak tea tree

Cara mengatasi ketiak yang terakhir adalah dengan menggunakan tea tree. Minyak esensial yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat, ternyata salah satunya adalah dapat memutihkan ketiak. Campurkan beberapa tetes tea tree dengan air, lalu semprotkan ke bagian ketiak. Lakukan setiap setelah mandi atau membersihkan diri.

Itu dia berbagai cara alami yang dipercaya ampuh untuk memutihkan ketiak. Hati-hati jika Anda memiliki tipe kulit yang sensitif. Apabila mengalami iritasi seperti rasa gatal, perih, dan kemerahan segera konsultasikan ke dokter.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia