5 Cara Memutihkan Gigi dengan Garam (Mudah & Efektif)

cara-memutihkan-gigi-dengan-garam-doktersehat

DokterSehat.Com – Gigi putih bersinar adalah dambaan setiap orang. Dengan memiliki gigi putih, senyum akan terlihat indah menawan, pun menunjukkan kalau Anda adalah orang yang ‘bersih’. Selain melakukan perawatan medis di dokter gigi, cara memutihkan gigi juga bisa dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami, salah satunya garam. Bagaimana cara memutihkan gigi dengan garam?

Manfaat Garam untuk Gigi Putih dan Sehat

Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, garam ternyata juga dipercaya efektif untuk membuat gigi terlihat lebih putih, pun mengatasi sejumlah masalah pada gigi seperti plak, karang gigi, hingga berperan penting dalam pembentukan gigi yang kuat.

Bukannya tanpa alasan mengapa garam disebut-sebut bermanfaat untuk gigi Anda. Adanya sejumlah kandungan nutrisi pada garam diklaim menjadi kunci dihasilkannya manfaat garam untuk kesehatan dan keindahan gigi. Zat-zat yang dimaksud meliputi fosfor, flour, kalium, magnesium, dan natrium yang mana keenamnya dinilai berperan penting bagi pembentukan gigi, pun menjaga email gigi dari kerusakan.

Cara Memutihkan Gigi dengan Garam

Cara memutihkan gigi bisa saja lewat prosedur seperti bleaching, yang dilakukan oleh dokter gigi. Namun, biaya untuk melakukan bleaching dan sejumlah prosedur pemutihan gigi lainnya tidaklah sedikit. Alih-alih menguras kantong atau tabungan, Anda bisa memanfaatkan garam sebagai medium untuk memutihkan gigi.

Berikut ini adalah cara memutihkan gigi dengan garam yang bisa Anda praktikan sendiri di rumah.

1. Garam dan Jeruk Nipis

Cara alami memutihkan gigi dengan garam yang pertama adalah dengan mencampur garam dengan jeruk nipis.

  • Siapkan 1 (satu) sendok makan garam dapur halus, satu buah jeruk nipis, dan wadah kecil
  • Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian peras
  • Campurkan garam air perasan jeruk nipis, dan pasta gigi ke dalam wadah, aduk merata
  • Gosok gigi secara perlahan menggunakan pasta gigi yang sudah dicampur garam dan air jeruk nipis tersebut 2 kali sehari secara rutin sampai hasilnya terlihat

2. Garam dan Stroberi

Selanjutnya, Anda bisa memadukan garam dengan buah stroberi sebagai cara alami memutihkan gigi dengan garam. Buah stroberi mengandung astrigen, yang mana zat ini diklaim ampuh untuk membersihkan noda yang menyebabkan warna alami gigi menghilang. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah berwarna merah ini efektit mengusir plak penyebab gigi kuning.

  • Siapkan 1 sendok makan garam halus dan 1 buah stroberi
  • Lumat stroberi sampai jadi halus, kemudian campurkan dengan garam
  • Menggunakan cotton bud, oleskan stoberri halus yang sudah dicampur garam pada gigi secara merata, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit
  • Setelah itu, gosok gigi sampai bersih
  • Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal

3. Garam dan Soda Kue

Mengombinasikan garam dan soda kue juga jadi cara memutihkan gigi dengan garam yang dklaim efektif. Ya, selain garam, soda kue adalah bahan alami yang sudah terbukti mampu mengangkat noda pada gigi.

  • Siapkan 1 (satu) sendok makan garam halus, 1 ½ sendok makan baking soda, dan air
  • Campurkan bahan-bahan tersebut sampai membentuk pasta
  • Gosokkan ‘pasta’ campuran garam dan baking soda tersebut menggunakan cotton bud secara perlahan dan merata, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit
  • Kumur menggunakan air bersih, lalu sikat menggunakan sikat dan pasta gigi biasa

Perlu diingat, mengingat baking soda memiliki kandungan zat yang tajam, gunakan cara memutihkan gigi yang satu ini dengan hati-hati dan sewajarnya. Pemakaian soda kue yang berlebihan justru dapat mengikis lapisan enamel gigi.

4. Garam dan Cuka Apel

Perpaduan antara garam dan cuka apel yang diperkaya dengan asam asetat, magnesium, potasium, dan probiotik dinilai ampuh untuk mengembalikan warna alami gigi yang hilang akibat plak gigi salah satunya.

Tak hanya itu, kombinasi garam dan cuka apel juga disebut-sebut bisa membersihkan mulut lebih efektif ketimbang gosok gigi hanya dengan pasta gigi.

  • Siapkan 1 sendok makan garam halus, 1 ½ sendok makan cuka apel, dan air perasan lemon
  • Campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam satu gelas ukuran sedang
  • Berkumurlah menggunakan air tersebut selama 5-10 menit
  • Selesai berkumur, gosok gigi menggunakan pasta gigi seperti biasa
  • Lakukan cara memutihkan gigi dengan garam ini secara rutin 2 kali sehari

5. Garam dan Air Hangat

Apabila tidak ingin repot-repot mencampur garam dengan bahan-bahan alami di atas, memutihkan gigi dengan garam bisa Anda lakukan hanya dengan berkumur larutan air garam.

  • Sediakan 1 sendok makan garam dan segelas air hangat
  • Berkumurlah menggunakan air tersebut setiap sebelum menggosok gigi
  • Lakukan secara rutin sampai hasilnya terlihat

Selain dengan cara berkumur, Anda juga bisa menerapkan cara memutihkan gigi dengan garam lainnya yang tak kalah mudah, yakni hanya dengan mencampurkan garam ke dalam pasta gigi yang hendak digunakan untuk menyikat gigi.

Baca Juga: 9 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh

Penyebab Warna Gigi Kuning dan Kusam

Pewarnaan gigi (stain) terdiri dari 2 (dua) tipe, yakni pewarnaan pada bagian dalam gigi (stain intrinsik), dan pewarnaan pada lapisan enamel gigi (stain ekstrinsik).

Stain intrinsik disebabkan oleh faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi medis, seperti konsumsi obat antibiotik, riwayat konsumsi obat-obatan tertentu, atau gigi mati.

Sedangkan penyebab warna gigi luar (enamel gigi) berubah lebih diakibatkan oleh faktor gaya hidup, seperti merokok, konsumsi alkohol, hingga konsumsi kafein berlebih (teh dan kopi).

Dampak Negatif Memutihkan Gigi dengan Garam

Menerapkan cara memutihkan gigi dengan garam adalah solusi yang tepat untuk Anda bisa mendapatkan warna gigi yang lebih putih dan bersinar. Namun, memutihkan gigi dengan garam bukannya tanpa efek negatif, lho.

Dampak negatif yang ditimbulkan dari garam terhadap gigi tak lepas dari kandungan zat pada garam yang bersifat abrasif jika digunakan secara berlebihan. Akibatnya, email gigi perlahan akan terkikis, yang kemudian diikuti oleh sejumlah komplikasi lain seperti gigi jadi lebih sensitif, dan warna alami gigi hilang.

Alangkah baiknya jika Anda cukup melakukan cara memutihkan gigi dengan garam maksimal 1-2 minggu. Sementara itu, imbangi juga dengan cara alami memutihkan gigi lainnya seperti rajin menggosok gigi, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi makanan pemicu noda pada gigi.

Itu dia informasi tips atau cara memutihkan gigi dengan garam yang bisa Anda terapkan. Meskipun mudah untuk dilakukan, berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter gigi agar manfaat dari melakukan cara alami ini benar-benar terasa. Semoga bermanfaat!