5 Cara Memutihkan Badan yang Cepat dan Aman

cara-memutihkan-bada-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda salah satu orang yang mendambakan kulit putih? Menginginkan kulit yang putih memang tidak ada salahnya. Apalagi bagi Anda pemilik kulit putih namun menemukan berbagai masalah kulit yang menjadikan kulit Anda lebih gelap. Tentunya Anda akan mencari cara memutihkan badan, agar warna kulit Anda dapat kembali seperti semula.

Cara memutihkan badan sangatlah beragam dan bisa Anda lakukan dari luar maupun dari dalam tubuh. Anda juga bisa memilih cara memutihkan badan secara alami maupun secara medis. Berikut adalah berbagai cara memutihkan badan cepat dan aman yang bisa menjadi pilihan Anda!

Cara Memutihkan Kulit dari Luar

Cara memutihkan badan dari luar mengharuskan Anda untuk melakukan perawatan secara langsung di atas kulit Anda. Kelebihan dari cara memutihkan badan dari luar adalah, Anda tidak memiliki risiko untuk tubuh bagian dalam Anda. Berikut adalah beberapa cara memutihkan badan dari luar yang bisa menjadi pilihan Anda!

1. Menggunakan body scrub

Menggunakan body scrub menjadi salah satu cara memutihkan badan secara alami yang bisa Anda pilih. Namun hal ini bergantung juga pada jenis scrub yang Anda pilih. Jika memilih scrub alami, Anda bisa mencoba beberapa resep scrub tubuh seperti berikut ini

  1. Scrub oatmel, tomat, dan greek yogurt
  2. Scrub kopi, madu, dan minyak zaitun
  3. Scrub tepung gram dicampur air mawar
  4. Scrub gula dan madu

Body scrub atau lulur akan membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit Anda. Perlu Anda ketahui bahwa penumpukan sel kulit mati juga bisa menjadi salah satu faktor kulit menjadi lebih gelap. Proses pengangkatan sel kulit mati pada badan seharunnya dilakukan paling tidak satu kali seminggu.

2. Bleaching

Cara memutihkan badan yang kedua adalah dengan metode bleaching. Metode bleaching adalah cara memutihkan kulit tubuh dengan cara menggunakan berbagai macam bahan kimia seperti vitamin C, peroksida, amonia, hidrokuinon, dan merkuri. Bahan-bahan kimia ini bermanfaat untuk mengurangi pigmen warna pada kulit.

Selain itu bleaching juga memberikan efek bulu menjadi transparan sehingga kulit pun menjadi lebih cerah. Jika memilih cara memutihkan badan yang satu ini, Anda akan mendapatkan kulit tubuh cerah seketika.

baca juga : 7 Cara Cepat dan Alami Memutihkan Wajah

Cara memutihkan Kulit dari Dalam

Cara memutihkan kulit selanjutnya adalah dengan cara perawatan dari dalam tubuh. Cara memutihkan badan dari dalam akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan warna tubuh yang lebih merata dibandingkan dengan menggunakan cara dari luar. Berikut adalah 3 cara memutihkan kulit tubuh dari dalam yang wajib Anda tahu!

1. Suntik Putih

Cara pertama adalah dengan metode suntik putih atau dikenal juga dengan suntik vitamin C. Caranya adalah adalah dengan menyuntikkan cairan dengan kandungan vitamin C, kolagen, glutathione, dan bahan lainnya ke dalam tubuh. Efek dari suntik putih ini biasanya akan langsung muncul dalam waktu beberapa hari.

2. Minum Suplemen Pemutih

Selain menggunakan suntik putih, Anda juga bisa memilih cara memutihkan kulit tubuh dengan menggunakan suplemen pemutih. Ada beberapa jenis suplemen yang dapat membantu mencerahkan kulit, salah satu yang paling populer adalah suplemen glutathione. Suplemen ini mampu membatu menangkal radikal bebas dan juga membantu proses detoksifikasi kulit.

Selain suplemen glutathione, terdapat beberapa suplemen populer lainnya seperti suplemen vitamin C, suplemen vitamin E, suplemen mulberry, dan juga suplemen Polypodium leucotomos (sejenis tumbuhan pakis).

3. Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga bisa menjadi cara memutihkan badan secara alami. Cara ini bisa Anda terapkan sebagai cara pelengkap untuk membantu mencerahkan kulit dengan lebih cepat.Pola hidup sehat yang dimaksud antara lain adalah menghindari rokok dan konsumsi alkohol, mengatur pola tidur, olahraga teratur dan banyak konsumsi buah-buahan, sayur, dan air putih.

Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan juga vitamin E juga akan sangat membantu dalam proses mencerahkan kulit.

Tips Aman Memutihkan Kulit

Sebelum Anda memilih cara memutihkan kulit tubuh yang tepat untuk Anda, perhatikan beberapa tips aman memutihkan badan berikut ini!

  • Jika memilih metode seperti bleaching atau suntik putih, sebaiknya dilakukan oleh dokter ahli kecantikan yang sudah terpercaya, karena beberapa kandungan dalam kedua metode ini bisa jadi berbahaya jika digunakan dalam dosis yang berlebihan.
  • Memilih suplemen pemutih juga sebaiknya dilakukan dengan saran dokter. Banyak suplemen pemutih yang beredar dipasaran dan juga belum jelas apakah aman untuk dikonsumsi atau tidak.
  • Kenali diri Anda sendiri. Baik itu bahan alami ataupun bahan kimia, bisa menjadi tidak baik untuk tubuh teturama jika Anda memiliki alergi pada zat tersebut.
  • Selain waspada terhadap adanya alergi, pastikan juga Anda tidak mengidap penyakit yang dapat berbahaya jika Anda memilih metode memutihkan kulit tertentu. Contohnya seperti metode suntik vitamin C yang dilarang bagi pengidap gangguan ginjal.
  • Jangan bereskpektasi terlalu tinggi. Anda harus sadar sebelumnya bahwa usaha untuk memutihkan kulit pada dasarnya hanyalah usaha untuk membuat kulit lebih cerah. Kondisi kulit setiap orang yang berbeda-beda tentunya membuat hasil dari setiap usaha mencerahkan kulit ini juga berbeda.

Nah, itu dia sekilas tentang cara memutihkan kulit tubuh dengan cepat dan juga aman. Selamat mencoba!