11 Cara Melancarkan Haid agar Teratur (Alami, Aman, & Efektif)

cara-memperlancar-haid-doktersehat

DokterSehat.Com – Menstruasi atau haid atau biasa juga kita sebut ‘datang bulan’ adalah siklus perdarahan periodik yang dialami para kaum hawa setiap bulannya. Namun, apa jadinya jika siklus menstruasi tidak berjalan sebagaimana mestinya? Apakah ini pertanda ada masalah serius pada tubuh? Bagaimana cara melancarkan haid yang telat 2 bulan atau lebih secara alami?

Kapan Anda Dikatakan Mengalami Haid Tidak Lancar?

Menstruasi atau haid adalah kondisi di mana tubuh perempuan mengeluarkan darah dari rahim saat tidak ada pembuahan terhadap sel telur. Normalnya, haid terjadi setiap 21-35 hari sekali, dengan durasi haid berlangsung selama 3-7 hari.

Akan tetapi, beberapa wanita mengalami siklus haid yang tidak lancar. Misalnya, ia baru mengalami haid setelah 2-3 bulan kemudian terhitung dari haid terakhir. Menjadi hal yang normal jika wanita tersebut ternyata hamil. Namun jika tidak, maka artinya ada masalah kesehatan yang sedang terjadi. Pada dasarnya, haid tidak lancar disebabkan oleh ketidakseimbangan kadar hormon progesteron dan estrogen.

Cara Melancarkan Haid Secara Alami, Aman, dan Efektif

Manakala siklus haid Anda tidak lancar, baiknya tidak perlu buru-buru panik. Selain berkonsultasi kepada dokter , mengembalikan siklus haid ke keadaan normal bisa dengan melakukan cara memperlancar haid secara alami, aman, dan terbukti efektif. Berikut informasinya untuk Anda.

1. Olahraga Teratur

Cara melancarkan haid yang pertama adalah berolahraga secara teratur. Jenis olahraga yang dimaksud di sini adalah olahraga ringan seperti jogging, berenang, atau sekadar berjalan kaki santai. Cara alami memperlancar haid yang satu ini diklaim efektif untuk melancarkan aliran darah sehingga siklus menstruasi diprediksi akan kembali normal pasca-melakukan aktivitas olahraga tersebut.

Sedikit catatan, kendati olahraga bisa memperlancar haid, namun lakukan kegiatan ini sewajarnya. Olahraga yang berlebihan justru akan memperparah siklus haid tak lancar yang Anda alami akibat tubuh kelelahan.

2. Istirahat yang Cukup

Haid yang tidak teratur diakibatkan oleh produksi hormon kortisol yang melampaui batas normal sehingga mengganggu keseimbangan antara hormon progesteron dan hormon estrogen yang berdampak pada tidak lancarnya siklus haid.

Guna mengendalikan produksi kortisol, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan beristirahat yang cukup. Dengan menerapkan cara melancarkan haid yang telat 2 bulan atau lebih ini, siklus menstruasi Anda bisa teratasi tanpa perlu ke dokter.

3. Berlatih Yoga

Sebuah studi di tahun 2013 yang melibatkan 126 responden menemukan fakta bahwa melakukan yoga secara rutin sebanyak 5 kali seminggu selama 6 bulan, (durasi latihan mencapai 35-40 menit) dapat menurunkan kadar hormon yang menjadi pemicu siklus haid tidak teratur.

Tak hanya itu, cara melancarkan haid dengan metode yoga ini bisa mengatasi berbagai masalah lainnya yang berhubungan dengan ‘datang bulan’, seperti nyeri haid, rasa cemas, depresi, dan membantu wanita dengan kondisi dismenore primer melewati masa haid yang kadang diiringi dengan nyeri sangat parah.

4. Kendalikan Stres

Siklus haid Anda yang tidak teratur sedikit banyak dipengaruhi oleh rasa stres yang melanda. Ini karena saat stres, produksi hormon kortisol menjadi berlebihan, yang kemudian berpengaruh terhadap hormon hypothalamus, yaitu hormon pengatur siklus menstruasi.

Jika stres adalah penyebab siklus haid Anda tidak lancar, maka cara memperlancar haid satu-satunya yaitu dengan mengelola stres sebaik mungkin agar tidak berlarut-larut.

5. Menjaga Berat Badan

Baik itu kelebihan berat badan (obesitas) maupun berat badan kurang dari kata ideal, keduanya sama-sama menjadi penyebab haid tidak lancar.

Pada wanita obesitas utamanya, menstruasi yang tidak teratur kerap diiringi oleh rasa nyeri yang cukup hebat. Kondisi ini dipengaruhi oleh sel lemak yang menghambat laju hormon dan insulin.

Apabila masalah siklus haid yang menimpa Anda lebih diakibatkan oleh berat badan tidak ideal, segera car cara memperlancar haid dan konsultasikan kepada dokter bersangkutan guna menemukan terapi yang tepat untuk menaikkan atau menurunkan berat badan agar ideal.

6. Makan Makanan Pelancar Haid

Berbicara mengenai siklus haid yang tidak lancar, makanan memiliki pengaruh penting terkait hal ini. Dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat, seharusnya haid Anda yang tidak teratur dapat diatasi. Ada sejumlah makanan pelancar haid yang bisa Anda konsumsi sebagai cara alami memperlancar haid, di antaranya:

  • Sayur-Sayuran

Sayuran bisa menjadi obat alami yang paling ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, tak terkecuali untuk mengatasi siklus haid yang bermasalah. Ini karena sayuran diperkaya oleh sejumlah vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang bisa melancarkan produksi hormon terkait siklus haid wanita.

  • Buah-Buahan

Saat siklus haid Anda mengalami masalah, entah itu terlambat atau terlalu cepat, mengonsumsi buah juga termasuk salah satu cara memperlancar haid secara alami yang efektif. Buah seperti nanas biasanya disarankan pada kasus seperti ini, melihat kandungan buah dengan daging berwarna kuning tersebut dipercaya dapat merelaksasi otot sehingga darah dapat keluar dengan mudahnya.

  • Kacang-Kacangan

Kandungan asam lemak omega-3 pada kacang-kacangan juga menjadikan jenis makanan yang satu ini ampuh untuk mengatasi masalah siklus haid yang tidak lancar. Namun, pastikan Anda tidak mengidap alergi kacang sebelum menerapkan cara melancarkan haid yang telat 2 bulan atau lebih ini, ya.

7. Minum Ramuan Tradisional

Selain makanan, cara alami memperlancar haid lainnya adalah dengan mengonsumsi minuman yang terbuat dari ramuan tradisional, meliputi:

  • Kunyit

Sudah sejak lama kunyit dipercaya mampu melancarkan siklus haid wanita. Bahkan, kunyit kerap dijadikan komposisi berbagai produk minuman khusus wanita yang banyak beredar di pasaran.

Manfaat kunyit untuk melancarkan haid ini tak lepas dari kandungan senyawa kurkumin, yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Cara memperlancar haid secara alami menggunakan kunyit sangat mudah. Anda tinggal mengolahnya menjadi minuman jamu tradisional (atau bisa juga beli di penjual jamu keliling), kemudian minumlah secara rutin, bahkan setelah siklus haid Anda sudah kembali normal.

  • Daun Pepaya

Di balik rasanya yang pahit, daun pepaya ternyata termasuk obat herbal ampuh untuk mengatasi haid tidak lancar. Manfaat daun pepaya ini dihasilkan oleh kombinasi vitamin dan mineral kalsium yang dikandungnya.

Rebus daun pepaya dengan takaran 2 gelas air, lalu tambahkan garam dan sedikit asam jawa. Setelah selesai direbus, minum air tersebut. Lakukan cara memperlancar haid ini sampai siklus haid kembali normal.

  • Jahe

Selain berfungsi untuk menghangatkan tubuh, jahe juga disebut-sebut efektif melancarkan haid. Kandungan vitamin A, B, C, karbohidrat, mineral, serat, hingga minyak atsiri menjadi alasan mengapa jahe layak untuk Anda konsumsi saat siklus haid mengalami masalah.

Seduh air rebusan jahe dan tambahkan gula atau madu. Lalu, minum secara rutin agar siklus haid dapat segera kembali normal.

  • Air Kelapa Hijau

Senyawa laurat yang bersifat sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus, ditambah sejumlah nutrisi penting lainnya yang ada pada air kelapa hijau menghasilkan banyak manfaat minuman alami untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali mengatasi haid tidak lancar.

  • Wortel

Mengonsumsi wortel dalam bentuk jus adalah cara alami memperlancar haid yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Wortel diperkaya oleh vitamin A dan C, pun mineral yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormon, termasuk hormon-hormon yang berkaitan dengan siklus haid.

  • Daun Bidara

Menstruasi adalah siklus bulanan pada wanita. Tetapi, tidak semua wanita memiliki siklus normal. Ada beberapa wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Padahal siklus haid ini merupakan masalah yang sangat penting bagi wanita dalam kesehatan dan dalam hal kehamilan. Kondisi ini dapat diobati dengan daun bidara.

Bagaimana cara mendapatkan manfaat daun bidara dan cara menggunakannya? Anda dapat menggunakan daun bidara sebagai obat herbal yang diminum secara teratur. Caranya dengan merebus beberapa helai daun bidara dengan beberapa gelas air. Minumlah air rebusan ini secara teratur.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Jarang minum air putih mungkin saja menjadi penyebab tidak lancarnya siklus haid Anda. Guna mengatasi hal ini, mulai dari sekarang rajin-rajinlah minum air putih. Air putih, di mana terkandung mineral di dalamnya, adalah cara memperlancar haid secara alami paling mudah namun efektif karena bisa mengoptimalkan metabolisme tubuh dan juga menyeimbangkan kadar hormon.

9. Hindari Aktivitas Berat

Aktivitas yang terlalu berat dan padat hanya akan membuat tubuh jadi cepat lelah. Salah satu efek yang mungkin akan Anda rasakan nantinya adalah siklus haid yang tidak lancar. Jika sudah begitu, maka menghindari atau setidaknya mengurangi aktivitas berat yang menguras tenaga adalah suatu keharusan jika tidak ingin siklus haid terus-terusan tidak teratur.

10. Hindari Kafein

Kafein yang biasa kita temukan pada minuman teh maupun kopi ini ternyata juga berpengaruh terhadap siklus haid Anda yang tidak lancar, lho. Terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein ditengarai dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berdampak pada tidak lancarnya siklus haid.

Oleh sebab itu, salah satu cara memperlancar siklus haid yang telat 2 bulan atau lebih adalah dengan mengurangi konsumsi kafein harian Anda.

11. Mandi Air Hangat

Haid yang tidak lancar mungkin saja berawal dari rasa stres dan tubuh yang tidak rileks. Jika begitu, maka cara melancarkan haid pada kasus ini bisa dengan mandi air hangat. Aktivitas ini dinilai efektif untuk memberikan sensasi rileks, kendati bukti medis yang mendukung hal ini sebetulnya belum terlalu kuat.

Mandi dengan air hangat bisa Anda lakukan dengan 2 (dua) cara, yakni membasuh tubuh, atau bisa juga berendam selama kurang lebih 40 menit di dalam air hangat.

Baca juga: 9 Cara Agar Haid Cepat Selesai, Amankah untuk Dilakukan?

Penyebab Haid Tidak Lancar

Haid yang tidak lancar disebabkan oleh sejumlah faktor. Faktor penyebab haid tidak lancar meliputi:

1. Gangguan Kelenjar Tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Akibat terganggunya fungsi kelenjar tiroid, otomatis metabolisme tubuh pun menjadi tidak optimal. Dampak metabolisme tubuh yang tidak optimal ini mencakup siklus haid yang bermasalah.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Haid dipengaruhi oleh hormon progesteron dan estrogen. Jika kadar salah satu hormone tersebut melebihi yang lainnya, maka siklus haid sudah pasti akan mengalami masalah.

3. Stres

Siklus haid dikendalikan oleh hormon yang bernama hypothalamus. Saat stres, hypothalamus ini cepat sekali merasakan dampaknya. Akibatnya, saat stres siklus haid otomatis menjadi tidak lancar.

Itu dia informasi penting mengenai cara melancarkan haid yang perlu Anda ketahui dan pahami. Jika masih butuh penjelasan lebih lanjut, segera datangi dokter terkait guna menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 10 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Nyeri Haid yang Menyiksa

Obat Memperlancar Haid

Jika pengobatan alami di atas tidak membantu, mungkin Anda dapat mengonsumsi obat melancarkan haid berikut ini:

1. Medroksiprogesteron

Adalah obat yang digunakan untuk mencegah lapisan uterus dari pertumbuhan berlebih pada wanita yang mengonsumsi estrogen setelah menopause. Medroxyprogesterone juga digunakan sebagai obat melancarkan haid atau mengobati menstruasi yang tidak teratur atau kurangnya perdarahan menstruasi pada wanita. Medroxyprogesterone tersedia dalam versi generik dan merek.

2. Progesteron

Adalah hormon wanita yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan berlebih dari lapisan rahim pada wanita yang menggunakan estrogen untuk gejala menopause. Progesteron juga digunakan sebagai obat memperlancar haid akibat amenore sekunder, yang terjadi ketika seorang wanita berhenti mendapatkan menstruasi karena rendahnya tingkat progesteron.

3. Norethindrone Acetate

Adalah hormon wanita yang digunakan untuk mengobati endometriosis, pendarahan rahim yang disebabkan oleh kadar hormon abnormal, dan amenore sekunder. Amenore sekunder adalah kondisi ketika seorang wanita berhenti mendapatkan menstruasi karena rendahnya kadar hormon.

4. Crinone

Adalah obat yang digunakan untuk membantu menjalani program perawatan Assisted Reproductive Technology (ART) untuk program hamil. Crinone juga digunakan sebagai obat memperlancar haid akibat amenore sekunder, ketika seorang wanita berhenti mendapatkan menstruasi karena rendahnya tingkat progesteron.

Kapan Harus Mendapatkan Perawatan Dokter?

Kadar hormon sangat sensitif dan bisa sering berubah, dan kemungkinan akan mengalami beberapa kali menstruasi yang tidak teratur. Jika mengalami kondisi berikut, segera cari bantuan medis:

  1. Melewatkan tiga periode haid atau lebih dalam setahun
  2. Menstruasi selalu teratur dan tiba-tiba menjadi tidak teratur
  3. Memiliki periode haid lebih dari sekali setiap 21 hari
  4. Tidak mendapatkan menstruasi selama 35 hari
  5. Menstruasi luar biasa berat atau menyakitkan
  6. Periode haid berlangsung lebih dari 7 hari

Jika mengalami menstruasi teratur dan polanya tiba-tiba berubah, sebaiknya segera dapatkan pertolongan medis. Dokter dapat melakukan tes fisik dan menghilangkan kemungkinan masalahnya.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Longhurst, Adrienne Santos. 2018. 8 Science-Backed Home Remedies for Irregular Periods. https://www.healthline.com/health/womens-health/irregular-periods-home-remedies#1. (Diakses 7 Oktober 2019)
  2. Why Is My Period So Random?. https://www.webmd.com/women/why-is-my-period-so-random#1. (Diakses 7 Oktober 2019)
  3. Brazier, Yvette. 2017. What you need to know about irregular periods. https://www.medicalnewstoday.com/articles/178635.php. (Diakses 7 Oktober 2019)
  4. Rani M, et. all. 2013. Impact of Yoga Nidra on menstrual abnormalities in females of reproductive age. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23647406. (Diakses 7 Oktober 2019)
  5. Irregular Periods: Symptoms, Causes, and Treatment. https://flo.health/menstrual-cycle/health/period/irregular-periods. (Diakses 7 Oktober 2019)
  6. Irregular Menstruation Medications. https://www.goodrx.com/irregular-menstruation/drugs. (Diakses 7 Oktober 2019)
  7. 20 Benefits of the Powerful Bidara Leaves for Human Health. https://one.weku.io/community-deals/@andreboim/20-benefits-of-the-powerful-bidara-leaves-for-human-health. (Diakses 7 Oktober 2019)