Terbit: 27 November 2020 | Diperbarui: 28 November 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara mempercepat pembukaan kelahiran yang paling aman adalah penggunaan obat-obatan yang diberikan di rumah sakit. Meski beberapa teknik nonmedis dapat membantu, namun penelitian mengenai efektivitasnya masih sangat terbatas.

15 Cara Mempercepat Pembukaan Kelahiran (Alami dan Medis)

Berbagai Cara Mempercepat Pembukaan Kelahiran

Perlu Anda ketahui, sebagian besar metode yang mempercepat proses persalinan ini bersifat anekdot dan tidak memiliki bukti kuat, jadi sebelum Anda melakukannya, konsultasi dengan dokter kandungan diperlukan. Berikut berbagai metode yang dapat mempercepat proses pembukaan kelahiran, antara lain:

1. Berjalan-jalan

Tindakan sederhana seperti berjalan-berjalan selama kehamilan dapat membantu mengarahkan kepala janin ke panggul. Hal ini membuat serviks untuk prima dalam menghadapi persalinan. Meski bisa digunakan sebagai cara mempercepat pembukaan 1 ke 2—terutama jika sudah merasakan beberapa kontraksi—Anda tidak dianjurkan berjalan terlalu lama.

2. Berhubungan Seksual

Cara mempercepat pembukaan jalan lahir ini tampaknya tidak mungkin dilakukan jika usia kehamilan 40 minggu. Perlu Anda ketahui, sperma mengandung prostaglandin, hormon yang dapat membantu mengencerkan dan melebarkan serviks, di mana hal itu semakin mematangkan proses persalinan.

3. Menggunakan Evening Primrose Oil

Beberapa bidan menyarankan penggunaan evening primrose oil untuk membantu melebarkan serviks serta mempersiapkannya untuk persalinan. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk kapsul pada minggu-minggu terakhir kehamilan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Sebelum mengonsumsinya, pastikan konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Ibu hamil yang memiliki plasenta previa sebaiknya tidak menggunakan cara ini.

4. Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak atau dikenal juga dengan sebutan castor oil adalah obat herbal yang sering digunakan sebagai obat pencahar. Castor oil dapat merangsang usus (dengan menyebabkan kejang pada usus) dan pada gilirannya dapat mengiritasi rahim yang kemudian menyebabkan kontraksi.

Minyak ini sebaiknya jangan dijadikan sebagai cara mempercepat pembukaan 2 ke 10, terutama jika Anda belum menunjukkan tanda-tanda persalinan. Konsumsi minyak jarak sebaiknya dihindari saat mendekati persalinan karena bisa menyebabkan diare parah. Keadaan yang seharusnya dihindari saat mendekati persalinan.

5. Konsumsi Makanan Pedas

Bisakah makanan pedas benar-benar mempercepat pembukaan kelahiran? Beberapa orang percaya bahwa makanan pedas akan mengiritasi usus (tetapi lebih lembut) dan dapat menyebabkan rahim berkontraksi.

Namun banyak dokter menyarankan agar tidak mencoba makanan pedas karena hanya dapat menyebabkan sakit perut. Ditambah lagi, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makanan pedas membantu mempercepat persalinan alami.

6. Akupunktur

Akupunktur adalah aktivitas memasukkan jarum tipis ke titik-titik tertentu pada tubuh. Beberapa ahli meyakini bahwa cara dapat ini merangsang aktivitas rahim dan mendorong bayi untuk bereaksi. Namun, jika janin belum siap untuk menjalani persalinan, akupuntur tidak dapat digunakan sebagai cara mempercepat pembukaan 2 ke 3.

7. Akupresur

Seperti halnya dengan akupunktur, ini adalah praktik kuno lainnya yang memerlukan tekanan pada titik-titik tertentu pada tubuh untuk merangsang aktivitas rahim. Tekanan yang diberikan pada tubuh umumnya dilakukan menggunakan ujung jari. Sebelum menggunakan akupuntur maupun akupresur, konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Baca Juga: 11 Ciri Mau Melahirkan, Ibu Hamil Tua Wajib Tahu Tandanya!

8. Stimulasi Puting

Rangsangan pada puting seperti memijat atau memelintir selama beberapa jam dalam sehari dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon oksitosin, hormon yang dapat memicu terjadinya kontraksi.

Namun, beberapa pakar tidak menyarankan cara ini untuk menginduksi persalinan karena dapat menyebabkan kontraksi rahim yang lama dan kuat, sehingga berpotensi menurunkan detak jantung janin.

9. Pijat

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pijatan dapat meningkatkan kadar oksitosin, hormon yang dapat menyebabkan kontraksi persalinan. Beberapa terapis pijat dapat memberikan tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh untuk membantu proses persalinan. Jika Anda memutuskan untuk mencoba pijat prenatal, dapatkan persetujuan dokter terlebih dahulu.

10. Konsumsi Nanas

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, enzim yang biasa digunakan sebagai pelunak daging. Enzim tersebut dipercaya masuk ke serviks dan menyebabkan kerusakan jaringan, hal itu membuat serviks melunak dan merangsang persalinan.

Namun, tidak ada bukti yang mendukung teori ini. Enzim ini tidak aktif dalam asam lambung dan hanya diserap sebagian oleh tubuh. Akan tetapi, tidak ada salahnya menikmati seporsi nanas dalam jangka waktu tertentu, meski buahnya diketahui menyebabkan mulas yang signifikan.

11. Teh Daun Raspberry Merah

Beberapa orang menggunakan teh herbal ini untuk membantu melahirkan secara spontan. Teh yang kaya akan zat besi dan kalsium ini adalah minuman yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Namun penelitian yang mendukung klaim ini masih terbatas, sehingga penelitian lanjutan masih harus dilakukan.

12. Konsumsi Kurma

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan kurma pada minggu-minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan pematangan dan pelebaran serviks pada awal persalinan. Selain itu, konsumsi kurma juga dapat mengurangi kebutuhan penggunaan pitocin (bentuk sintetis dari oksitosin) selama persalinan.

13. Black Cohosh

Black cohosh adalah ramuan herbal yang akarnya sudah sejak lama digunakan untuk tujuan pengobatan, khususnya masalah kesehatan wanita. Beberapa orang menyakini bahwa black cohosh dapat mengatasi masalah kesehatan seperti sindrom pramenstruasi, nyeri haid, dan osteoporosis. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan ini.

Akar black cohosh juga tampaknya memiliki beberapa efek yang mirip dengan hormon estrogen. Di beberapa bagian tubuh, black cohosh dapat meningkatkan efek estrogen. Sementara pada bagian lain tubuh, ramuan herbal ini dapat menurunkan efek estrogen. Hal itu menjadikannya tidak dianjurkan dikonsumsi saat hamil atau menyusui.

14. Membrane Stripping

Membrane stripping adalah salah satu cara untuk menginduksi persalinan. Cara mempercepat pembukaan kelahiran ini harus dilakukan oleh dokter karena dokter akan menyapukan jari (bersarung) antara selaput tipis kantung ketuban di rahim. Teknik ini juga dikenal sebagai membrane sweep.

Cara ini merangsang prostaglandin, senyawa yang bertindak seperti hormon dan dapat merangsang kontraksi. Dalam beberapa kasus, dokter juga dapat meregangkan atau memijat serviks dengan lembut untuk membantunya melunak dan melebar.

Dokter mungkin menyarankan untuk melakukan metode ini, jika:

  • Mendekati atau melewati hari perkiraan lahir (HPL).
  • Tidak ada alasan medis yang mendesak untuk menginduksi persalinan dengan metode yang lebih cepat.

Jika Anda tertarik cara ini untuk menginduksi persalinan, diskusikan dokter kandungan untuk dapat membantu memutuskan apakah itu pilihan yang tepat.

15. Obat-obatan Medis

Jika Anda sudah melewati HPL, dokter biasanya dapat menyarankan untuk mendorong persalinan di rumah sakit. Induksi persalinan biasanya dimulai dengan mengonsumsi prostaglandin dalam bentuk pil atau menerapkannya di dalam vagina dekat serviks.

Jika itu tidak cukup untuk menginduksi persalinan, langkah selanjutnya adalah menggunakan pitocin, hormon oksitosin sintetis untuk merangsang kontraksi rahim. Pitocin hanya boleh diberikan setelah serviks terbuka dan siap untuk melahirkan.

 

  1. Anonim. Natural Ways to Induce Labor. https://www.webmd.com/baby/inducing-labor-naturally-can-it-be-done#1. (Diakses pada 27 November 2020).
  2. Bellefonds, Colleen de. 2020. Natural Ways to Induce Labor. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/photo-gallery/natural-ways-to-induce-labor.aspx. (Diakses pada 27 November 2020).
  3. Duryea, Elaine. The truth about “natural” ways to induce labor. https://utswmed.org/medblog/truth-natural-labor/. (Diakses pada 27 November 2020).
  4. Marcin, Ashley. 2020. Natural Ways to Induce Labor. https://www.healthline.com/health/pregnancy/natural-ways-to-induce-labor#nipple-stimulation. (Diakses pada 27 November 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi