Cara Memilih Toner yang Tepat untuk Kulit

memilih-toner-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Toner merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib untuk digunakan. Bahkan, produk satu ini wajib digunakan stelah Anda membersihkan wajah menggunakan facial wash atau pun milk cleanser. Salah satu kegunaan dari toner sendiri adalah untuk membersihkan kulit dari sisa sabun atau pun milk cleanser yang masih tertinggal di kulit.

Tidak hanya itu, toner juga dilengkapi dengan kandungan astringent yang mampu mengecilkan pori-pori kulit dan menjadikan kulit terasa segar. Kendati demikian, ternyata memilih toner juga harus berhati-hati. Berikut sejumlah tips yang harus dilakukan untuk memilih toner sesuai dengan kondisi kulit.

1. Kulit Berminyak

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, gunakan toner yang mampu menyerap kelebihan minyak. Selain itu, gunakan toner yang dilengkapi dengan bahan yang ampuh mengecilkan pori-pori kulit. Biasanya toner yang demikian kerap terbuat dari beberapa bahan seperti Tea Tree Oil atau pun ekstrak lemon. Sebagai tambahan informasi, biasanya toner untuk Kulit Berminyak juga dilengkapi dengan bahan yang mengandung zat anti bakteri.

2. Kulit Kombinasi

Dilansir dari laman Pop Sugar, Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi harus lebih berhati-hati untuk memilih toner. Apalagi daerah T-zone yang meliputi dahi dan hidung kerap mengeluarkan minyak berlebih. Sedangkan bagian wajah lainnya cenderung memiliki jenis normal atau kering. Maka dari itu, Anda harus menggunakan toner yang mengandung moisturizer. Kendati demikian, ternyata Anda harus menggunakan moisturizer dengan formula bahan yang sangat ringan agar tidak menyebabkan kulit di bagian T-zone semakin berminyak.

3. Kulit Kering

Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang sangat rentan mengalami sejumlah masalah kulit. Tidak heran jika Anda harus menggunakan toner dengan kandungan moisturizer yang cukup tinggi. Misalnya saja toner yang dilengkapi dengan kandungan beragam minyak esensial. Tidak hanya kelembapan kulit, kandungan vitamin dan mineral pada toner jenis ini menjadikan kulit terasa semakin sehat dan lembap.

Nah, dengan mengetahui beberapa penjelasan di atas Anda dapat memilih toner yang sesuai dengan kulit Anda. Kendati demikian, Anda juga dapat menyiasatinya dengan membuat toner sendiri di rumahnya dengan bahan-bahan alami yang sesuai dengan jenis kulit.