Terbit: 4 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Jangan asal pakai, Anda harus tahu cara memilih sunscreen yang bagus untuk kulit. Paparan radiasi sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai gangguan kulit serta memicu kanker kulit. Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen terutama di siang hari untuk menghindari bahaya sinar UV. Ketahui cara menggunakan sunscreen, tips perawatan kulit, dll.

9 Cara Memilih Sunscreen yang Bagus dan Cara Memakainnya

Jenis Sunscreen yang Direkomendasikan

Sunscreen adalah produk yang digunakan sebagai proteksi dari paparan sinar UV. Manfaat sunscreen adalah untuk mencegah radiasi sinar matahari dan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, serta memicu kanker kulit.

Sunscreen mengandung filter aktif kimiawi yang mampu menghalau sinar UV agar tidak terpapar langsung ke kulit Anda. Sunscreen juga memiliki indikator yang disebut SPF atau sun protection factor. SPF adalah ukuran seberapa lama sunscreen dapat efektif dan bekerja di kulit Anda.

Sunscreen memiliki dua jenis, yaitu:

1. Tabir Surya Organik

Filter organik akan menyerap radiasi UV dan membuat kulit agak sedikit panas. Umumnya, tabir surya organik terbuat dari campuran bahan asam sinamat, salisilat, dan benzofenon.

2. Tabir Surya Anorganik

Tabir surya anorganik berperan sebagai penyerap dan pemantul sinar UV. Bahan umum pembuat sunscreen anorganik adalah titanium dioxide dan zinc oxide.

Selain itu, sunscreen atau tabir surya memiliki berbagai bentuk seperti krim, lotion, spray, dan lotion cair. Apabila Anda bingung harus memilih sunscreen mana yang paling cocok untuk Anda, simak pembahasan tentang cara memilih sunscreen yang bagus.

Cara Memilih Sunscreen yang Bagus

Mengingat pentingnya menggunakan sunscreen, berikut ini adalah panduan cara memilih sunscreen yang bagus untuk Anda, yaitu:

1. Pilih Tabir Surya dengan Proteksi “Broad Spectrum

Berdasarkan American Dermatology Association (ADA), tabir surya yang paling efektif adalah yang memiliki proteksi broad spectrum. Produk tabir surya yang memiliki label broad spectrum berarti memiliki keunggulan dalam melindungi kulit dari radiasi sinar UVA dan UVB.

UVA adalah radiasi sinar matahari yang dimulai dari matahari terbit hingga tenggelam, sementara UVB memiliki intensitas pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Radiasi dari UVA lima puluh kali lebih kuat dari UVB. Radiasi UVA juga tidak dapat dihindari dengan objek seperti pakaian ataupun penghalang lainnya.

Anda disarankan menggunakan produk tabir surya yang memiliki label broad spectrum, namun beberapa produk memperingatkan bahwa tabir surya hanya untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan bukan mencegah kanker atau penuaan dini.

2. Perhatikan Nomor SPF

SPF atau sun protection factor adalah ukuran durasi berapa lama proteksi bekerja untuk melindungi kulit dari paparan matahari. Contohnya, tabir surya SPF 15 dapat bekerja efektif selama 150 menit dengan kemampuan menyaring sekitar 93% dari sinar UVB.

Tabir surya SPF 30 dapat bertahan selama 300 menit dan menyerap 97% sinar UV. Sementara itu, tabir surya SPF 50 dapat bertahan selama 500 menit dan menyerap 98% sinar UV dan tabir surya SPF 100 dapat menyerap 99% radiasi UV.

Berdasarkan anjuran dari FDA, tabir surya yang aman digunakan adalah yang memiliki SPF di bawah 15 karena manfaat tabir surya hanya sebagai proteksi sinar matahari, bukan proteksi kanker kulit atau penuaan dini.

Cara memilih sunscreen yang bagus adalah tergantung pada kegiatan Anda. Apabila Anda memiliki kegiatan di luar ruangan dan mungkin terpapar sinar matahari lebih dari dua jam, Anda dapat menggunakan sunscreen minimal SPF 15 dan SPF 30.

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tabir Surya

3. Tabir Surya yang Tahan Air

Anda dianjurkan untuk memilih tabir surya yang water resistant atau tahan air dan tahan keringat. Perhatikan pada label produk tabir surya yang Anda beli berapa lama tabir surya dapat bertahan dalam air.

Umumnya, tabir surya akan terkikis saat Anda berkeringat. Anda dianjurkan untuk mengoleskan kembali tabir surya setiap 2 jam bila Anda berkeringat atau setelah berenang.

4. Perhatikan Bahan Dasar Proteksi UVA

Anda perlu memeriksa bahan dasar tabir surya yang Anda gunakan. Berdasarkan penelitian, tabir surya yang bagus harus memiliki satu dari bahan dasar berikut, yaitu:

  • Ecamsule
  • Avobenzone
  • Oxybenzone
  • titanium dioxide
  • Sulisobenzone
  • Zinc oxide

Bahan-bahan tersebut adalah kandungan yang sudah dinyatakan efektif dan aman dalam mencegah paparan radiasi sinar UV.

5. Tabir Surya yang Aman untuk Berbagai Masalah Kulit

Anda juga dianjurkan untuk memilih tabir surya yang aman untuk masalah kulit yang mungkin Anda alami, seperti kulit sensitif atau rosacea.

Beberapa produk tabir surya sudah memiliki kandungan yang komplit sebagai proteksi matahari sekaligus tidak menyebabkan efek samping untuk jenis kulit sensitif.

Baca Juga: Cara Menggunakan Tabir Surya dengan Makeup

6. Tabir Surya Sesuai Jenis Kulit

Cara memilih sunscreen yang bagus adalah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Apabila Anda memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat, maka pilih sunscreen yang memiliki label non-comedogenic.

Apabila Anda memiliki jenis kulit kering, maka cari produk tabir surya yang memiliki kandungan pelembap seperti hyaluronic acid atau ceramide. Sementara untuk jenis kulit sensitif, gunakan tabir surya yang kaya akan mineral dan bahan yang tidak membakar kulit seperti zinc oxide dan titanium dioxide.

7. Hindari Bahan-Bahan Tertentu

Hindari produk yang mengandung alkohol, pewangi, atau pengawet buatan terutama apabila Anda memiliki riwayat alergi kulit atau iritasi kulit. Penggunaan bahan-bahan tersebut dapat memicu timbulnya masalah kulit lain.

Gunakan bahan tabir surya seperti titanium dioksida atau seng oksida sebagai pengganti bahan kimia seperti para-aminobenzoic acid (PABA), dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone.

8. Produk yang Aman untuk Anak

Apabila Anda mencari tabir surya untuk anak-anak, carilah produk yang tidak mengandung benzophenone seperti dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone karena memiliki risiko iritasi kulit pada anak.

Pahami bahwa anak-anak memiliki kulit yang sensitif dan mudah teriritasi paparan bahan kimia yang biasanya terkandung dalam produk perawatan dan kecantikan dewasa.

9. Produk Kosmetik yang Cocok dengan Kulit Anda

Beberapa produk tabir surya yang cocok untuk orang lain mungkin tidak cocok untuk Anda. Pilih produk sunscreen dari brand kosmetik favorit Anda karena biasanya produk tersebut memiliki kandungan dan efek yang cocok untuk kulit Anda.

Itulah cara memilih sunscreen yang bagus untuk Anda. Sunscreen yang cocok untuk Anda dapat bekerja secara efektif dalam mencegah paparan sinar radiasi pada kulit.

Baca Juga: 5 Alasan Anda Harus Mulai Menggunakan Tabir Surya

Cara Menggunakan Sunscreen yang Benar

Setelah Anda sudah memahami cara memilih sunscreen yang Bagus, berikut ini adalah panduan cara menggunakan sunscreen yang tepat dan benar, yaitu:

  • Aplikasikan tabir surya ke kulit Anda sekitar 15-30 menit sebelum Anda melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Oleskan tabir surya di bagian kulit yang terekspos dan jangan lupa oleskan di ujung telinga, kaki, dan kaki bagian belakang.
  • Oleskan tabir surya yang cukup, kebanyakan orang memakai tabir surya terlalu sedikit.
  • Sebaiknya oleskan kembali tabir surya setiap dua jam atau lebih, terutama saat Anda berkeringat.
  • Gunakan tabir surya setiap kali Anda berada di luar ruangan, terutama di siang hari.

Perhatikan panduan cara menggunakan tabir surya agar kandungannya dapat bekerja secara efektif untuk menghalau paparan sinar matahari langsung ke kulit Anda.

Tips Mencegah Paparan Sinar UV

Selain menggunakan sunscreen atau tabir surya, berikut ini adalah tips mencegah paparan sinar matahari, yaitu:

  • Hindari berlama-lama di bawah sinar matahari langsung, khususnya di siang hari.
  • Gunakan pakaian yang menutupi tubuh.
  • Gunakan kacamata hitam bila perlu.
  • Gunakan topi atau payung bila perlu.

Itulah pembahasan lengkap tentang cara memilih sunscreen yang bagus. Semoga artikel ini berguna untuk Anda dalam panduan memilih dan memakai sunscreen.

 

  1. Brannon, Heather L. MD. 2019. Understanding Sun Protection Factor. https://www.verywellhealth.com/what-is-spf-1068889. (Diakses pada 4 Desember 2019)
  2. Mayo Clinic. 2019. Best sunscreen: Understand sunscreen options. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/best-sunscreen/art-20045110. (Diakses pada 4 Desember 2019).
  3. Heiser, Christina. 2019. How to choose the best sunscreen, according to these dermatologists. https://www.nbcnews.com/better/lifestyle/how-choose-best-sunscreen-according-these-dermatologists-ncna1002451. (Diakses pada 4 Desember 2019).
  4. Melnick, Meredith. 2019. Everything You Need to Know about Choosing The Best Sunscreen. https://www.huffpost.com/entry/sunscreen-guide-what-to-wear-when-and-why. (Diakses pada 4 Desember 2019).
  5. Simon, Stacy. 2018. Choose the Right Sunscreen. https://www.cancer.org/latest-news/choose-the-right-sunscreen.html. (Diakses pada 4 Desember 2019).
  6. WebMD. 2007. What’s the Best Sunscreen?. https://www.webmd.com/beauty/features/whats-best-sunscreen#1. (Diakses pada 4 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi