Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki rambut yang sehat merupakan salah satu hal yang paling didambakan oleh banyak orang. Apalagi rambut yang sehat juga dapat menunjang penampilan Anda. Tidak heran jika sejumlah orang melakukan beragam cara untuk mendapatkan rambut yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan serum rambut. Sayangnya tidak semua serum cocok untuk rambut Anda yang memiliki kondisi berbeda-berbeda. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menyimak sejumlah tips memilih serum rambut berikut.

Cara Memilih Serum Rambut

1. Sesuaikan dengan Tujuan

Seperti yang telah diketahui, hair serum sendiri terbagi menjadi dua macam. Serum khusus untuk styling rambut dan juga serum untuk merawat rambut. Dilansir dari laman Jean Louis David, penggunaan dari masing-masing serum tersebut tentu saja berbeda. Misalnya saja untuk serum styling, Anda harus menyemprotkannya pada saat rambut dalam kondisi basah. Kondisi yang demikian akan menjadikan rambut lebih mudah untuk diatur. Sedangkan untuk serum perawatan rambut, Anda dapat mengaplikasikan langsung pada rambut. Serum satu ini akan menjadikan rambut tampak lebih berkilau.

2. Sesuaikan Formula Bahan dengan Kondisi Kulit Kepala Serta Rambut

Mungkin banyak yang belum mnegetahui jika penggunaan hair serum harus disesuaikan dengan kondisi kulit kepala serta rambut. Apalagi setiap orang memiliki jenis rambut dan kulit kepala yang berbeda. Misalnya saja untuk Anda yang memiliki masalah dengan rambut yang kasar dan kulit kepala kering, gunakan serum yang mengandung moisturizer cukup tinggi. Jangan lupa untuk memilih serum dengan tambahan vitamin C dan E yang akan mengunci kelembapan sel kulit dan rambut secara optimal. Berbeda lagi dengan tipe rambut berminyak yang harus menggunakan hair serum dengan kandungan bahan yang ampuh menyerap minyak, misalnya saja tea tree oil.

Siapa yang akan menyangka ternyata pemilihan produk perawatan rambut harus dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya Anda harus mengetahui bahan yang diperlukan oleh kulit kepala dan rambut dengan tepat. Selain itu, sesuaikan hair serum dengan tujuan Anda menggunakan produk satu ini.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi