Terbit: 21 April 2021 | Diperbarui: 22 April 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Serum rambut adalah produk perawatan rambut yang memiliki sejumlah manfaat karena kandungannya yang bagus untuk rambut. Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara memilih serum yang bagus? Simak penjelasannya selengkapnya di bawah ini! 

8 Manfaat Serum Rambut, Cara Menggunakan, dan Cara Memilih

Apa Itu Serum Rambut?

Serum rambut adalah cairan berbahan silikon dengan beberapa kandungan tertentu yang bagus untuk rambut. Cairan berbahan dasar silikon ini memiliki tingkat pH lebih rendah untuk mengurangi kerusakan rambut.

Kandungan lainnya, seperti dimetikon dan polisiloksan dapat melindungi batang rambut dan merekatkan filter kutikula untuk mencegah kerusakan akibat panas. Sementara bahan aktif dan asam amino dapat meresap ke dalam rambut dan meminimalkan kerusakan rambut. 

Manfaat Serum Rambut

Serum dapat bermanfaat untuk rambut dengan kondisi yang berbeda-beda bada setiap orang. Ini berkat beberapa kandungan di dalamnya yang membantu mengatasi masalah rambut tertentu.

Berikut ini beberapa manfaat serum rambut:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

1. Mengontrol Rambut Kusut

Jika kondisi rambut rapuh dan rusak, mungkin akan tampak kusut atau kering sehingga terlihat mengembang dan kaku. Sebagai solusinya, silikon dalam serum bisa membantu mengendalikan kondisi rambut tersebut.

Kandungan ini bisa menambah kepadatan helai rambut yang rapuh. Kemampuan silikon untuk melapisi rambut juga membantu mengunci pola ikal alami. Beberapa produk ini juga mengandung protein terhidrolisis, yang dapat membantu melawan muatan statis penyebab rambut keriting dan kusut.

2. Mengurangi Rambut Kusut

Efek detangling dari produk ini bisa membuat rambut lebih mudah disisir, ditata, dan diatur. Ini karena manfaat serum dapat mencegah kusut dengan mengubah serat rambut lebih lembut dan membuat teksturnya lebih halus. Setelah mendapatkan rambut yang halus dan rapi, kecil kemungkinannya untuk mengalami rambut kusut. 

3. Menumbuhkan Rambut

Jika ingin menumbuhkan rambut dengan cepat dan tetap mempertahankan kualitasnya, gunakanlah serum penumbuh rambut. Bahan aktif dalam produk ini dapat merangsang akar rambut dan kulit kepala. Hal ini pada gilirannya dapat memicu folikel yang mati atau tidak aktif untuk memulai pertumbuhan rambut baru.

4. Membuat Rambut Lebih Halus

Efek antifrizz dari serum rambut juga bisa membantu meningkatkan kehalusan rambut. Ini karena tindakan pelapisan silikon, yang membuat rambut terlihat halus dan rapi. Kondisi rambut ini membuat Anda mudah untuk menyisir dan menatanya.

Baca Juga: 17 Cara Menghaluskan Rambut yang Mudah dan Praktis

5. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Selain membantu mengatasi rambut kusut, penggunaan serum juga dapat membantu meningkatkan kilau rambut. Beberapa jenis silikon yang digunakan dalam produk ini dapat membantu memantulkan cahaya yang jatuh pada rambut. Ini membuat rambut yang tadinya kusam menjadi tampak indah dan berkilau.   

6. Mengurangi Rambut Rontok

Bagi Anda yang sedang mengalami kerontokan, cocok menggunakan serum rambut rontok. Beberapa produk yang membantu menguatkan dapat membuat serat rambut lebih kuat, sehingga mengurangi kerusakan dan kerontokan rambut secara signifikan.

7. Meningkatkan Rambut yang Lurus atau Ikal

Menurut para ahli rambut, bentuk folikel rambut seseorang dapat menentukan jenis rambut, seperti rambut lurus, bergelombang, keriting, dan ikal.

Ada serum rambut yang berbeda untuk setiap jenis rambut. Misalnya, untuk rambut keriting bisa menggunakan produk yang menghasilkan rambut keriting yang tegas. Begitu pula jika memiliki rambut lurus, produk ini dapat membantu meningkatkan kelembutan dan kilau rambut.

8. Melindungi dari Kerusakan

Dengan melapisi rambut, serum ini dapat membantu melindungi rambut dari berbagai jenis kerusakan. Ini termasuk kerusakan akibat beberapa faktor berikut:

  • Pemrosesan kimiawi, seperti pewarnaan, pengeritingan, atau pelurusan rambut.
  • Kerusakan akibat panas. Alat pengering rambut dan alat styling yang dipanaskan.
  • Stres lingkungan, seperti paparan sinar matahari dan polusi.
  • Stres mekanis, yang terjadi karena penataan rambut berulang kali.

Untuk melindungi rambut dari kerusakan, ada beberapa produk yang berfungsi sebagai pelindung dari panas, yang bisa diaplikasikan sebelum menggunakan alat penata rambut bersuhu panas.

Baca Juga: 14 Masker Rambut yang Bisa Membuat Rambut Tampak Sempurna!

Cara Menggunakan Serum Rambut

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari produk perawatan rambut ini, penting bagi Anda untuk menggunakannya dengan cara yang benar.

Berikut ini cara menggunakan serum rambut:

  • Memilih produk berkualitas baik yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut. 
  • Bersihkan dan cuci rambut dengan sampo ringan.
  • Keringkan rambut dengan handuk secara lembut dan tunggu sampai sedikit lembap.
  • Ambil produk seukuran kacang polong dan gosokkan dengan telapak tangan secara perlahan selama 5-6 detik untuk memanaskannya.
  • Ambil rambut dalam beberapa bagian kecil dan lapisi seluruh rambut menggunakan ujung jari.
  • Gunakan paddle brush (sisir dayung) atau sisir bergigi jarang untuk meratakannya ke seluruh rambut.
  • Atur atau tata rambut sesuai keinginan.

Cara Memilih Serum yang Tepat untuk Jenis Rambut Anda 

Setiap orang memiliki karakter atau kondisi rambut yang berbeda, sehingga penggunaan jenis serum rambut yang bagus juga harus berbeda dengan kandungan tertentu. Untuk itu, pilihlah produk yang sesuai untuk jenis rambut Anda. 

Berikut ini beberapa cara memilih serum:

  • Rambut kering dan keriting. Carilah produk yang mengandung bahan-bahan tertentu, seperti rosewood, castor, dan marula. Semua bahan ini memberikan hidrasi intens pada rambut.
  • Bercabang. Rambut jenis ini mudah patah. Oleh karenanya, carilah yang berbahan seperti keratin (protein rambut).
  • Rambut rusak karena panas dan polusi. Pilihlah dengan kandungan minyak lavender dan jojoba yang dapat merawat rambut, mengurai kusut, dan mencerahkan.
  • Rambut kering. Ada produk berbahan krim yang bisa mengatasi rambut kering. Oleskan dan biarkan semalaman sesuai jenis rambut.
  • Rambut tebal. Produk yang mengandung minyak argan dan minyak morrocon bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki rambut yang sangat tebal.
  • Rambut keriting. Jenis rambut ini mungkin sedikit lebih sulit untuk mengaturnya. Carilah produk yang berbahan seperti jojoba, minyak almond manis, argan, dan marula dalam produk ini. Bahan ini dapat membantu melembapkan rambut.
  • Rambut diwarnai dan dirawat secara kimiawi. Gunakan serum dengan kombinasi bahan seperti minyak kelapa dan ekstrak teh hijau.

 

  1. Anand, Aparna. 2019. Know Hair Serum Benefits And The Right Way To Apply It. https://www.beautyglimpse.com/hair-serum-benefits-use/ (Diakses pada 21 April 2021)
  2. Koganti, Sindhu. 2021. Hair Serums: Benefits And How To Use Them. https://www.stylecraze.com/articles/hair-serum-what-are-they-why-to-use-them/ (Diakses pada 21 April 2021)
  3. Nunez, Kirsten . 2020. Hair Serum Benefits and How to Use. https://www.healthline.com/health/how-to-use-serum-for-hair (Diakses pada 21 April 2021)
  4. Suvarna. 2021. How To Use Hair Serum For Hair Growth?. https://stylesatlife.com/articles/serum-for-hair-growth/ (Diakses pada 21 April 2021)
  5. Tamatam, Sowmya. 2020. How To Use A Hair Serum: The Dos And Don’ts. https://skinkraft.com/blogs/articles/hair-serum (Diakses pada 21 April 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi