Tips Mudah Memilih Sayuran Segar dan Aman untuk Dikonsumsi

doktersehat-sayuran

DokterSehat.Com– Tubuh sehat dan bugar merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar, dibutuhkan usaha yang tidak mudah, yakni Anda harus bisa menerapkan pola hidup sehat khususnya dalam mengonsumsi makanan.

Ketika ingin memiliki tubuh sehat dan bugar, Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah sayuran.

Akan tetapi, banyak orang yang masih salah dalam memilih sayuran. Padahal, memilih sayuran yang sehat dan segar sangat penting untuk dilakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab berikut adalah beberapa tips yang wajib Anda ketahui untuk memilih sayuran yang sehat dan segar. Apa saja itu?

1. Warna

Ketika Anda memilih sayuran, hal pertama yang Anda perhatikan adalah warna dari sayuran tersebut. Pilihlah sayuran yang masih memiliki warna cerah atau warna aslinya. Sebab, sayuran yang sudah berubah warna menunjukkan bahwa sayuran tersebut sudah tidak segar lagi. Dan bisa jadi kandungan nutrisi dan vitaminnya sudah berkurang.

2. Daun tidak Utuh

Biasanya di dalam sayuran terdapat ulat kecil yang suka memakan daun-daun sayuran, sehingga menyebabkan dau pada sayuran tidak utuh dan sempurna lagi. Akan tetapi, hal tersebut sangat baik untuk kesehatan Anda. Sebab, jika daun pada sayuran dimakan ulat, itu menandakan bahwa sayuran tersebut bebas dari pestisida. Oleh sebab itu, ketika memilih sayuran, Anda harus memilih sayuran yang memiliki daun tidak utuh, alias bolong-bolong.

3. Sayuran yang belum Dibersihkan

Salah satu cara memilih sayuran segar selanjutnya adalah pilihlah sayuran yang masih berakar dan belum dicuci oleh pedagang sayur. Hal ini dikarenakan sayuran yang masih belum dibersihkan cenderung lebih segar dan tidak mudah layu dan busuk. Selain itu, kandungan air di dalamnya juga masih tetap terjaga dengan baik.