Terbit: 13 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kesuburan pada pria adalah hal yang sangat kompleks dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Pria tidak akan langsung subur kalau mengonsumsi makanan laut seperti tiram dan tuna. Pria tidak akan langsung subur kalau suka sekali melakukan olahraga. Ada banyak faktor yang memengaruhi kesuburan pria sehingga mereka bisa memiliki sperma yang baik.

Cara Memilih Celana Dalam yang Cocok untuk Kesuburan Pria

Salah satu faktor yang ikut andil besar dalam menyumbang kesuburan pria adalah suhu di dalam celana dalam. Kalau celana dalam yang digunakan oleh pria membuat suhu di selangkangan meningkat, ada kemungkinan terjadi gangguan pada produksi sperma sehingga kesuburan pria bisa menurun.

Kalau Anda tidak mau membuat produksi sperma menurun, coba perhatikan beberapa cara memilih celana dalam di bawah ini.

  1. Pilih yang sedikit lebih longgar

Pilih celana dalam yang lebih longgar dari biasanya Anda pakai. Celana dalam yang lebih longgar tidak akan membuat selangkangan jadi panas sehingga keringat berlebihan diproduksi. Anda pun juga lebih nyaman saat bergerak karena suhu di dalam tidak naik.

Kalau Anda tidak ingin mengalami penurunan kualitas dari sperma dan juga terkena infeksi akibat sering berkeringat, coba gunakan celana dalam yang lebih longgar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Memakai bokser lebih baik

Kalau Anda tidak mau memakai celana dalam yang lebih longgar atau satu ukuran di atas ukuran asli, bisa gunakan bokser saja. Celana jenis ini lebih longgar di semua tempat dan tidak begitu menekan penis khususnya di area testis.

Anda bisa mengenakan bokser ini di bawah celana luar. Bokser akan membuat area di sekitar selangkangan lebih dingin. Sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Beberapa bokser juga memiliki desain khusus yang unik sehingga bisa menambah percaya diri. Tidak semua pria percaya diri melepas celananya di kamar ganti. Dengan bokser, mereka tidak perlu malu karena seperti mengenakan celana pendek biasa.

  1. Bahan dari celana dalam harus nyaman

Sebelum membeli celana dalam, pastikan bahan yang digunakan sangat nyaman. Coba dahulu di tangan agar tahu kualitasnya. Celana dalam yang bahannya nyaman tidak berisiko sebabkan kenaikan udara di selangkangan. Selain itu, peluang terjadi gesekan-gesekan dengan kulit tidak akan terjadi sehingga area penis tidak akan terluka.

  1. Pilih celana dalam yang sesuai dengan aktivitas

Pilih celana dalam yang sesuai dengan aktivitas. Maksud dari aktivitas ini adalah kerja atau sedang berada di rumah. Kalau sedang kerja mungkin Anda bisa menggunakan celana dalam jenis brief yang agak longgar. Selanjutnya kalau sudah berada di rumah bisa menggunakan celana dalam jenis bokser yang longgar dan nyaman.

Selain memilih celana dalam yang cocok untuk pria di atas. Ada beberapa hal yang harus dilakukan pria untuk menunjang kesuburannya. Berikut beberapa yang bisa dilakukan:

  • Rajin menjaga sanitasi dari tubuh dengan rutin mengganti celana dalam setiap harinya khususnya sebelum berangkat kerja atau sebelum beristirahat agar tidak ada bakteri yang menempel.
  • Selalu ganti celana dalam setelah berhubungan badan dengan pasangan. Jangan memakainya untuk tidur karena ada kemungkinan kotor dan dihinggapi bakteri.
  • Usahakan mengganti celana dalam rutin setiap 6-12 bulan sekali. Celana dalam yang sudah dicuci berkali-kali dan kotor kemungkinan rusak dan sudah tidak nyaman dipakai.
  • Malam hari saat istirahat atau usai bercinta, usahakan untuk tidak mengenakan celana dalam agar penis bisa menyembuhkan diri dan produksi sperma di testis berjalan dengan lancar.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang sedang menjalankan program kehamilan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi