Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di zaman seperti saat ini, penampilan menjadi salah satu hal yang wajib untuk diperhatikan. Tidak heran jika banyak orang yang menomorsatukan penampilan dibanding dengan kesehatan. Hal inilah yang menjadi pemicu mengapa banyak orang mengalami sejumlah masalah kesehatan. Termasuk pada bagian kuku yang kerap mengalami diskolorasi hingga infeksi jamur. Kondisi yang demikian rupanya juga memiliki risiko tinggi pada orang-orang yang gemar memulaskan cat kuku. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk memilih cat kuku yang aman dan tidak berbahaya.

Cara Memilih Cat Kuku yang Aman dan Tidak Berbahaya

Pertama-tama perhatikan label yang tertera pada cat kuku pilihan Anda. Dilansir dari laman InStyle, cat kuku memilki label yang berbeda-beda tergantung dari bahan formula yang digunakan. Pada umumnya cat kuku akan dilabeli dengan 3-free formula. Cat kuku dengan label yang demikian rupanya tidak menggandung bahan seperti formaldehyde, dibutyl phthalate dan toulene. Dilansir dari laman David Suzuki Foundation, bahan-bahan tersebut memicu asma hingga kanker yang cukup berbahaya.

Selain cat kuku dengan label 3-free formula, ternyata Anda juga dapat memilih cat kuku dengan label 5-free formula. Pada cat kuku berlabel ini, cat kuku juga tidak akan mengandung bahan seperti formaldehyde dan camphor yang juga tergolong ke dalam zat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Cat kuku dengan label satu ini rupanya sudah banyak diadaptasi oleh sejumlah brand ternama. Sebut saja mulai dari Zoya hingga Dior. Namun, Anda juga dapat memilih cat kuku dengan 9-free formula atau 10-free formula yang tidak menggunakan xylene, ethyl tosylamide, parabnes, lead dan tert-butyl hydroperoxide.

Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan cat kuku yang menggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan formulanya. Apalagi saat ini sudah banyak brand yang menyediakan jenis cat kuku tersebut untuk menjaga kuku tetap sehat. Selain itu, cat kuku dengan bahan alami juga tidak merusak lingkungan. Sebagai tambahan informasi, Anda juga dapat melihat brand-brand apa saja yang menyediakan cat kuku yang aman melalui website milik Environmental Working Group. Organisasi satu ini memiliki laman yang akan mencantumkan bahan komposisi beragam produk perawatan kulit dan kecantikan termasuk cat kuku.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi