21 Cara Memerahkan Bibir Alami Tanpa Harus Sulam Bibir

cara-memerahkan-bibir-doktersehatt

DokterSehat.Com – Bibir yang merah alami tentunya menjadi idaman setiap wanita. Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan bibir merah alami karena pada dasarnya bibir yang merah alami adalah bibir yang sehat. Yuk, simak beberapa cara memerahkan bibir dengan cara alami berikut ini!

Cara Memerahkan Bibir

Setiap wanita tentunya menginginkan bibir yang merah, sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkannya. Beberapa faktor seperti penggunaan make up, kebiasaan merawat bibir yang kurang baik, hingga merokok dapat menyebabkan warna merah alami bibir Anda hilang. Bibir pun jadi terlihat pucat atau bahkan menghitam.

Karena tidak mungkin selalu menutupi bibir dengan lipstik, sebagian wanita pun memilih untuk melakukan sulam bibir untuk mendapatkan bibir merah. Namun cara membuat bibir merah yang satu ini tentunya bukan tanpa risiko. Daripada harus mengeluarkan uang dan menanggung risiko sulam bibir, lebih baik pilih cara memerahkan bibir alami berikut ini saja!

1. Scrub Madu dan Gula

Cara memerahkan bibir secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan madu dan gula.

Campuran madu dan gula akan membantu menyingkirkan sel kulit mati di bibir. Menumpuknya sel kulit mati merupakan salah satu faktor penyebab bibir jadi berwarna kehitaman.

Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh gula dengan madu secukupnya, lalu gosokkan perlahan pada bibir selama beberapa menit. Setelah itu, biarkan sekitar 10-15 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih. Scrubbing lebih baik dilakukan satu kali seminggu atau paling banyak 2 kali dalam seminggu.

2. Timun

Cara memerahkan bibir alami yang kedua adalah dengan menggunakan timun.

Salah satu cara membuat bibir merah alami adalah dengan menjaga kelembapan bibir. Timun merupakan salah satu pilihan buat yang baik untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga tentunya juga cocok untuk dijadikan masker bibir.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan jus buah timun sebagai masker di bibir. Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 20 menit, lalu kemudian bilas. Cara memerahkan bibir yang satu ini boleh Anda lakukan setiap hari.

3. Masker Madu dan Lemon

Cara memerahkan bibir alami selanjutnya menggunakan madu dan lemon.

Lemon terkenal dengan khasiatnya untuk mencerahkan atau mengembalikan warna asli kulit dan madu memiliki fungsi untuk melembapkan. Menggunakan lemon saja mungkin sudah cukup untuk mencerahkan, tapi kita membutuhkan madu untuk mencegah bibir kering karena lemon memiliki kecenderungan untuk membuat kulit kering.

Campurkan perasan satu buah lemon dengan madu secukupnya. Lalu aplikasikan ke seluruh bagian bibir sambil digosok halus. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

4. Lemon dan Glycerin

Menggunakan campuran lemon dan glycerin juga dipercaya sebagai salah satu alternatif cara memerahkan bibir yang hitam secara alami.

Sama seperti madu, glycerin juga dipercaya dapat melembapkan bibir. Glycerin dan lemon dapat saling melengkapi dalam perawatan bibir untuk mendapatkan bibir yang lebih sehat dan tentunya terlihat lebih cerah.

Campurkan perasan lemon dan glycerin dengan perbandingan 1:1, oleskan setiap hari ke bibir Anda dan lihat hasilnya setelah beberapa minggu penggunaan.

Selain menggunakan lemon, Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk campuran madu maupun glycerin, karena buah sitrus seperti jeruk nipis juga memiliki khasiat yang sama dengan lemon.

5. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi.

Kandungan vitamin E dan vitamin K dalam minyak zaitun dapat menutrisi bibir sehingga bibir dapat lebih terjaga kelembapannya dan menjadi lebih cerah. Cara memerahkan bibir dengan minyak zaitun sangat mudah. Anda hanya perlu mengaplikasikannya setiap hari ke bibir pada pagi dan malam hari.

Selain digunakan secara langsung, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk scrub bibir dengan cara mencampurkannya dengan gula. Cara mengaplikasikannya sama seperti aplikasi scrub madu dan gula.

6. Lidah Buaya

Cara memerahkan bibir secara alami selanjutnya sangat praktis, yaitu menggunakan lidah buaya.

Sama seperti timun dan minyak zaitun, lidah buaya dapat membantu melembapkan bibir. Selain itu, sifat antiinflamasi lidah buaya juga dapat membantu mengatasi masalah bibir kering yang juga merupakan penyebab bibir kehilangan warna alaminya.

Aplikasikan gel lidah buaya pada bibir setiap hari. Ketika menggunakannya pada malam hari, Anda bisa menggunakannya sebagai sleeping mask dan baru membilasnya di pagi hari ketika bangun tidur.

Baca juga: 10 Manfaat Lidah Buaya yang Bikin Cantik hingga Awet Muda

7. Buah Bit dan Wortel

Jus buah bit dan wortel juga dipercaya sebagai exfoliator lain yang dapat membuat bibir merah alami.

Pertama-tama, hancurkan buat bit dan wortel menggunakan blender, lalu campurkan sedikit air, madu, dan minyak zaitun sebagai tambahan. Setelah itu aplikasikan di bibir dan gosok dengan halus selama beberapa menit, kemudian biarkan menjadi sleeping mask.

8. Kunyit dan Susu

Cara memerahkan bibir yang lainnya adalah menggunakan kunyit dan susu.

Kedua bahan ini memiliki kemampuan untuk menutrisi kulit agar menjadi cerah dan tentunya tetap lembap. Campurkan kunyit bubuk dengan susu hingga membentuk pasta, kemudian aplikasikan ke bibir. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadi salah satu bahan alami mengatasi bibir hitam.

Minyak kelapa memiliki sifat melembapkan sehingga dapat mencegah kulit bibir mengalami dehidrasi. Kulit yang dehidrasi cenderung kering dan terlihat lebih gelap. Aplikasikan secara langsung minyak kelapa di bibir, lakukan 1-2 kali sehari, salah satunya sebelum tidur.

10. Minyak Kelapa dan Gula

Anda juga dapat mengombinasikan gula dan minyak kelapa untuk membuat scrub bibir.

Sama seperti scrub gula dan madu, scrub ini juga berguna untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di bibir. Baik gula maupun minyak kepala juga merupakan bahan alami yang dapat membantu menjaga bibir tetap lembap.

Campurkan satu sendok gula merah atau gula pasir dengan minyak kelapa. Aduk hingga rata, kemudian aplikasikan di seluruh bibir sambil digosok halus dengan gerakan memutar. Setelahnya bersihkan bibir dengan kain lembap dan gunakan lip balm.

Selain menggunakan minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk resep yang satu ini.

11. Air Mawar

Air mawar adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu melembapkan kulit, sehingga dapat dicoba untuk mengatasi bibir yang kering dan gelap.

Campurkan dua tetes air mawar dengan enam tetes madu. Oleskan campuran ini antara tiga hingga empat kali sehari, dapat menjadi pengganti lip balm. Anda juga dapat menggunakannya sebagai sleep mask dengan mengaplikasikannya di bibir sebelum tidur.

12. Kelopak Mawar

Selain air mawar, Anda juga dapat menggunakan kelopak mawar yang dicampur susu sebagai cara memerahkan bibir alami.

Kelopak mawar dipercaya mengandung minyak dan gula alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, susu juga dapat bertindak sebagai pelembap bibir alami.

Siapkan ½ cangkir susu untuk merendam 5-6 kelopak mawar selama satu malam. Pagi hari, saring kelopak mawar dan hancurkan, kemudian aplikasikan kelopak mawar yang sudah menjadi pasta itu ke seluruh bibir. Diamkan selama 15 menit sebelum kemudian dibilas.

13. Almond

Formula alami untuk menghilangkan bibir hitam selanjutnya terbuat dari almond dan krim susu.

Campuran susu dan bubuk almond ini dapat menjadi scrub bibir yang membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir sehingga warna cerah alami bibir dapat kembali.

Campurkan 1 sendok makan krim susu dengan bubuk almond secukupnya. Pijat lembut pasta ke bibir selama 3 hingga 5 menit. Setelah selesai, bilas bibir dengan menggunakan air hangat.

14. Minyak Almond dan Lemon

Tidak hanya bubuk almond yang dipercaya dapat membantu Anda mendapatkan bibir merah, tapi Anda juga bisa menggunakan minyak almond.

Campuran minyak almond dan lemon ini kurang lebih mirip dengan campuran minyak kelapa dan lemon. Minyak almond bekerja melembapkan dan lemon bekerja mengurangi pigmen pada bibir.

Campurkan minyak almond dan lemon dengan perbandingan 1:1, lalu oleskan ke seluruh bibir seperti menggunakan lip balm. Lakukan 2 atau 3 kali sehari, salah satunya adalah sebelum tidur.

15. Minyak Wijen

Cara membuat bibir merah alami selanjutnya masih menggunakan minyak alami, kali ini adalah minyak wijen.

Kandungan minyak wijen yang disebut sesamol dipercaya dapat menghambat biosintesis melanin. Hal ini yang membuat minyak wijen dipercaya mampu mengatasi bibir yang menghitam sehingga dapat menjadi cerah alami.

Oleskan minyak wijen ke seluruh bibir Anda. Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan Anda.

16. Daun Ketumbar

Selain dikenal sebagai rempah, daun ketumbar juga dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan.

Kandungan senyawa umbelliferone dalam ketumbar dapat membantu mengurangi pigmentasi. Menggunakan masker bibir yang terbuat dari daun ketumbar secara teratur dipercaya dapat membantu bibir mendapatkan warna merah muda alaminya.

Hancurkan paling tidak 5 lembar daun ketumbar hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut langsung ke bibir dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas bibir dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan air hangat, lalu oleskan lip balm.

17. Cokelat

Cara memerahkan bibir selanjutnya menggunakan cokelat dan juga cocoa butter.

Cokelat dapat meningkatkan hidrasi kulit sedangkan kakao mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Campuran bahan alami ini dapat membantu memelihara dan mengatasi bibir kering dan gelap.

Siapkan bahan yang akan digunakan seperti cocoa butter, dark chocolate yang dilelehkan, dan 1 kapsul vitamin E. Campurkan isi kapsul vitamin E dengan cokelat yang sudah dilelehkan bersama dengan cocoa butter.

Oleskan campuran tersebut ke bibir dan diamkan hingga 10-15 menit. Setelah itu, cuci bersih bibir menggunakan air hangat.

18. Biji Delima

Biji buah delima dapat dijadikan sebagai eksfoliator yang membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di bibir. Kandungan senyawa punicalagins yang ada pada delima dipercaya dalam menghambat produksi melanin dan mencegah bibir menjadi gelap.

Campurkan biji delima yang telah dihancurkan dengan krim susu hingga membentuk pasta. Oleskan pasta biji delima pada seluruh bibir lalu diamkan 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

19. Vitamin E

Vitamin E memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut, vitamin satu ini juga dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mendapatkan bibir merah alami.

Kapsul vitamin E dapat dikonsumsi dengan cara diminum dan bisa juga dengan cara diaplikasikan secara langsung di bibir. Umumnya kapsul vitamin E berbentuk cairan.

20. Minyak Peppermint

Selanjutnya adalah cara memerahkan bibir dengan menggunakan minyak peppermint.

Minyak peppermint dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga memberikan sensasi dingin yang dapat menenangkan bibir yang kering. Anda bisa mencampur minyak peppermint dengan minyak almond atau minyak kelapa dan menjadikannya sebagai lip balm.

21. Strawberry, Madu, dan Minyak Zaitun

Kandungan vitamin C dan zat antioksidan lainnya dalam strawberry dapat membantu mencerahkan dan menutrisi kulit bibir.

Madu dan minyak zaitun yang ada dalam campuran ini juga dapat membantu menjaga kelembapan bibir. Ketika mendapatkan bibir yang terhidrasi dan ternutrisi dengan baik, Anda juga akan mendapatkan bibir yang sehat dan memiliki warna merah muda alami.

Hancurkan strawberry dalam sebuah wadah, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh minyak zaitun, hancurkan semuanya menggunakan blender. Oleskan campuran tersebut ke seluruh bibir menggunakan jari. Diamkan 10 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Apakah Cara Memerahkan Bibir dengan Odol Efektif?

Selain cara memerahkan bibir yang hitam yang disebutkan di atas, banyak juga yang masyarakat yang mencari tahu tentang cara memerahkan bibir dengan odol. Cara ini memang cukup populer, namun tidak terlalu disarankan.

Beberapa kandungan dalam odol atau pasta gigi, seperti deterjen dan kandungan lainnya justru dapat memicu iritasi di bibir. Iritasi ini justru dapat memicu bibir menjadi lebih gelap.

Berbagai cara memerahkan bibir di atas bisa Anda coba, namun perlu diingat bahwa efek pada setiap orang mungkin berbeda. Cara yang efektif untuk Anda, belum tentu efektif untuk orang lain.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba cara-cara tersebut dan lanjutkan cara yang menurut Anda paling efektif. Sebelum mencoba cara alami ini, Anda sebelumnya harus memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan alami yang digunakan.

Tips Menjaga Bibir Tetap Merah

Sudah mendapatkan bibir merah alami? Berikut adalah tips untuk mempertahankannya:

  • Tinggalkan kebiasaan yang bisa membuat bibir kering seperti mengulum bibir, memegang bibir terlalu sering, dan menggigit bibir.
  • Jangan kelembapan bibir dengan cara cukupi kebutuhan air harian dan menggunakan lip balm secara rutin.
  • Jangan gunakan lipstik yang bisa membuat bibir kering setiap saat dan jangan lupa gunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik.
  • Lakukan perawatan bibir secara rutin.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

Sumber:

  1. Frothingham, Scott. 2018. 16 Ways to Lighten Dark Lips. https://www.healthline.com/health/dark-lips. (Diakses 18 November 2019).
  2. Malik, Kriti. 2018. Home Remedies for Chapped Lips: How to Get Soft, Red & Gorgeous Lips. https://food.ndtv.com/beauty/home-remedies-for-chapped-lips-how-to-get-soft-red-gorgeous-lips-1256860. (Diakses 18 November 2019).
  3. Naser, Shaheen. 2019. 7 Home Remedies To Lighten Dark Lips. https://www.stylecraze.com/articles/get-rid-of-dark-lips/#gref. (Diakses 18 November 2019).
  4. Saxena, Esha. 2019. How To Get Soft Pink Lips Naturally. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-get-pinky-soft-lips/#StrawberryLipMask. (Diakses 18 November 2019).
  5. Sissons, Claire. 2019. Causes and home remedies for dark lips. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104.php. (Diakses 18 November 2019).
  6. Watson, Kathryn. 2018. 14 Ways to Get Healthy-Looking Lips. https://www.healthline.com/health/how-to-make-lips-pink#overview. (Diakses 18 November 2019).