Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Model rambut gimbal seperti selalu menjadi gaya rambut yang menarik perhatian. Meskipun tidak banyak orang yang memilih gaya rambut yang satu ini, tapi gaya rambut gimbal merupakan salah satu gaya rambut yang tidak lekang di makan zaman.

Tak Perlu ke Salon, Begini Cara Membuat Rambut Gimbal Sendiri di Rumah!

Bentuk rambut gimbal yang terlihat rumit terkadang membuat kesan bahwa cara pembentukan dan perawatan rambut gimbal itu sulit, padahal tidak sesulit yang Anda bayangkan, lho. Anda bahkan bisa membuat rambul gimbal Anda sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara membuat rambut gimbal sendiri? Yuk, ikuti langkah-langkah membuat rambut gimbal berikut ini.

Tutorial Membuat Rambut Gimbal

Langkah-langkah berikut ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah, namun jika Anda merasa kesulitan, Anda bisa meminta bantuan teman atau kelauarga agar prosesnya menjadi lebih mudah.

Langkah 1: Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama yang harus Anda lakukan untuk membentuk rambut gimbal adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan untuk membuat rambut gimbal sangatlah umum dan mudah didapatkan. Anda membutuhkan jarum kait/jarum rajut, sisir bergigi jarang, sisir bergigi rapat, wax rambut, dan juga karet rambut

Langkah 2: Bersihkan Rambut

Langkah selanjutnya untuk membentuk rambut gimbal adalah membersihkan rambut. Kerasamaslah dengan sampo seperti biasa, lalu keringkan rambut. Usahakan untuk tidak menggunakan pengering rambut dan keringkan rambut secara manual saja.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Sebelum keramas, Anda bisa menggunakan minyak esensial untuk membantu membersihkan kotoran di rambut dengan lebih maksimal. Tapi jangan gunakan kondisioner atau produk lainnya setelah keramas karena Anda harus benar-benar memastikan rambut Anda bersih dan terbebas dari bahan apapun.

Langkah 3: Membagi Rambut Jadi Beberapa Bagian

Setelah selesai membersihkan dan mengeringkan rambut, sekarang saatnya masuk ke langkah ketiga untuk mendapatkan model rambut gimbal yaitu membagi-bagi rambut menjadi beberapa bagian. Gunakan sisir bergigi jarang untuk membantu memisahkan rambut, lalu ikat rambut dengan karet rambut sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Satu ikatan rambut nantinya akan menjadi satu untaian gimbal. Agar hasil gimbal lebih rapi, usahakan untuk membagi rambut dengan sama rata. Cara Anda membagi-bagi rambut nantinya juga akan menentukan pola yang muncul di kepala Anda.

Langkah 4: Mementuk Rambut Gimbal

Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk membentuk rambut gimbal, salah satu yang paling praktis adalah dengan menyasak rambut. Caranya adalah dengan membentangkan rambut Anda ke atas atau ke samping, lalu menyasak rambut dengan menggunakan sisir bergigi rapat. Menyasak rambut sama dengan menyisir rambut Anda namun ke arah yang berlawanan. Sasak rambut secara bertahap mulai dari jarak beberapa sentimeter dari kulit kepala, hingga ke bagian rambut paling ujung. Jangan lupa untuk memuntir rambut setiap beberapa kali gerakan sasak.

Cara kedua adalah dengan memuntir dan menarik rambut. Bagi satu ikatan rambut menjadi dua bagian, lalu kaitkan rambut seperti gerakan mengepang. Setiap beberapa kali gerakan mengaitkan, selingi dengan menarik dua bagian rambut ke arah yang berlawanan. Lakukan hingga ke bagian paling bawah rambut.

Langkah 5: Rapikan Rambut

Bentuk rabut gimbal Anda sudah mulai terlihat, tapi tahapannya masih belum selesai. Sekarang saatnya Anda menyempurnakan bentuk rambut gimbal Anda dengan merapikannya. Caranya adalah dengan menggunakan jarum kait atau jarum rajut. Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam untaian gimbal, lalu menariknya kembali keluar, sehingga rambut yang belum menyatu dengan gimbal akan semakin merapat.

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan jarum kait sejak awal pembentukan rambut gimbal, namun prosesnya akan lebih lama dibandingkan dengan memadukan proses sasak dan penggunaan jarum kait. Anda bisa menggunakan jarum kait beberapa hari sekali untuk merapikan rambut selama proses pembentukan rambut gimbal belum sempurna.

Setelah selesai menggunakan jarum kait, Anda bisa mengikat bagian bawah untaian gimbal dengan karet rambut, agar rambut yang sudah digimbal tidak terlepas lagi. Karet biasanya baru akan dilepas tiga bulan kemudian setelah bentuk rambut gimbal telah sempurna.

Langkah 6: Gunakan Wax Rambut

Gunakan wax rambut untuk membuat rambut lebih keras. Penggunaan wax bisa Anda lakukan 2 hingga 4 kali seminggu hingga bentuk gimbal sempurna. Jika diperlukan, gunakanlah wax organik atau wax khusus rambut gimbal. Namun penggunaan wax ini tidak diwajibkan dan bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Tips Perawatan Rambut Gimbal

Sebagian orang mengidentikkan rambut gimbal dengan rambut kotor dan tidak terurus, padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Rambut gimbal yang tidak diurus memang dapat menyebabkan penumpukan kotoran di kulit kepala yang bisa menyebabkan kemunculan ketombe atau bahkan kutu rambut. Efek jangka panjangnya mungkin bisa menimbulkan iritasi hingga infeksi.

Tapi, jika kita merawat rambut gimbal dengan benar, maka rambut gimbal tidak akan mengganggu penampilan dan tidak akan membahayakan kesehatan kita. Berikut adalah beberapa tips perawatan model rambut gimbal sendiri di rumah.

  • Pada 4 hingga 6 minggu awal pembentukan rambut gimbal, Anda tidak diperbolehkan keramas agar bentuk gimbal tidak mudah terlepas. Sebagai gantinya, tetap rutin bersihkan kulit kepala menggunakan anti-itch scalp oil atau tea tree oil.
  • Setelah Anda diperbolehkan keramas, jangan gunakan sembarang sampo. Gunakan sampo khuhus rambut gimbal atau sampo anti residu lainnya. Berkeramaslah secara rutin 2 kali seminggu.
  • Setelah keramas, selalu luangkan waktu untuk mengeringkan rambut hinga benar-benar kering sebelum Anda beraktivitas ataupun tidur. Jika Anda tidur dalam keadaan rambut gimbal yang masih basah, bisa memungkinkan tumbuhnya jamur di kepala.
  • Jika bentuk rambut mulai berantakan, rapikan kembali dengan cara memuntir rambut dan menggunakan jarum kait.

Itu dia langkah-langkah membuat rambut gimbal sendiri di rumah dan sekilas tentang tips merawat rambut gimbal. Jadi, sudah siap dapatkan gaya rambut gimbal keren yang Anda inginkan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi