Terbit: 9 April 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji


Diare adalah kondisi yang membuat seseorang kehilangan banyak cairan tubuh sehingga mengalami dehidrasi. Dehidrasi akibat diare dapat dicegah dengan memberikan cairan ekstra pada tubuh. Cairan ekstra yang bisa diberikan adalah minuman oralit atau Oral Rehydration Salts (ORS). Berikut ini adalah cara membuat oralit di rumah. Simak penjelasan selengkapnya di sini.

cara-membuat-oralit-doktersehat

Apa Itu Oralit?

Oralit adalah minuman yang terbuat dari campuran gula, garam, dan air. Manfaat oralit adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare atau kondisi lain seperti mual, muntah serta gastroenteritis.

Orang-orang yang sedang mengalami diare disarankan untuk minum oralit daripada hanya air putih biasa. Hal ini dikarenakan oralit tidak hanya mampu mengganti cairan tubuh saja melainkan juga bisa menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum mengetahui cara bikin oralit adalah minuman rehidrasi ini harus dibuat dengan hati-hati karena terlalu banyak garam dapat berbahaya bagi kesehatan anak-anak.

Cara Membuat Oralit

Oralit atau biasa juga disebut larutan gula garam (LGG) merupakan cairan yang mengandung campuran garam elektrolit sehingga lebih ampuh mengganti cairan tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Berikut ini adalah cara membuat oralit yang harus Anda tahu:

1. Cuci Tangan

Sebelum Anda membuat oralit atau ORS (Oral Rehydration Salts) jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar oralit yang dibuat terhindar dari kontaminasi kuman atau kotoran di tangan.

2. Masak Air

Setelah tangan Anda bersih maka siapkanlah air sebanyak 1 gelas atau 200 ml. Setelah itu, tuang 200 ml air ke dalam panci dan masak hingga hangat. Anda bisa juga memangkas proses memasak air dengan menyiapkan satu gelas air yang sudah hangat.

3. Campurkan Garam Elektrolit

Saat satu gelas air hangat sudah tersaji, tahap selanjutnya adalah mencampurkan gula dan garam ke dalam air hangat tersebut. Masukkan satu sendok teh gula pasir lalu tambahkan 1/4 sendok teh garam.

4. Larutkan

Gula dan garam yang telah ditambahkan ke dalam satu gelas air hangat harus dilarutkan agar merata. Aduk-aduklah gula dan garam di dalam air dengan menggunakan sendok. Pastikan tidak ada partikel gula ataupun garam yang masih terlihat.

Apabila gula dan garam tidak terlihat di dalam gelas, maka itu pertanda keduanya sudah larut di dalam air hangat. Air tersebut pun sudah menjadi oralit. Anda bisa langsung segera meminumnya atau memberikannya kepada anggota keluarga yang sedang diare.

Cara Membuat Oralit Sachet

Apabila Anda lebih memilih untuk membeli oralit sachetan, maka Anda bisa menyimak beberapa cara untuk menyiapkannya hingga menjadi larutan yang siap minum. Cara membuat oralit sachetan yang sudah jadi cukup mudah. Begini cara membuatnya:

  1. Siapkan air hangat sebanyak satu gelas (200 cc)
  2. Buka kemasan oralit sachet
  3. Tuang bubuk oralit ke dalam air
  4. Aduk merata hingga larut
  5. Minum sesuai dengan dosis

Kapan Oralit Diberikan?

Berikanlah oralit segera setelah Anda atau anak mencret tiga kali sehari. Apabila kondisi ini diiringi dengan muntah-muntah maka minumlah oralit 10 menit setelah muntah. Cairan yang keluar akibat buang air dan muntah akan cepat tergantikan dengan minum oralit.

Dosis Oralit untuk Penderita Diare

Oralit yang diberikan harus sesuai dengan dosisnya. Ini bertujuan agar minuman ini bermanfaat secara optimal. Sama halnya dengan obat, oralit memiliki dosis pemberian yang berbeda sesuai dengan usia.

Berikut ini adalah dosis oralit bagi penderita diare:

  • Dibawah 4 bulan (berat di bawah 5 kg): 200-400 ml
  • Usia 4-11 bulan (berat 5-7,9 kg): 400-600 ml
  • Usia 12-23 bulan (berat 8-10,9 kg): 600-500 ml
  • Usia 2-4 tahun (berat 11-15,9 kg): 800-1200 ml
  • Usia 5-14 tahun (berat 16-29,9 kg): 1200-2200 ml
  • Usia 15 ke atas (berat 30 kg atau lebih): 2200-4000 ml

Jika Anda atau anak tidak dapat minum dosis penuh sebagaimana yang dianjurkan, cobalah meminumnya dalam jumlah sedikit demi sedikit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sedotan atau membuatnya dingin terlebih dahulu agar lebih mudah diminum.

Oralit biasanya bekerja dengan cepat dalam 3 hingga 4 jam. Jika Anda ragu mengenai cara membuat oralit, hal terpenting yang bisa dilakukan adalah jangan memberikan terlalu banyak garam, lebih baik memberikan sedikit garam daripada terlalu banyak.

Pada dasarnya, diare biasanya bisa sembuh sendiri dalam tiga hingga empat hari dengan minum banyak cairan. Seorang anak yang menderita diare jangan pernah diberikan antibiotik atau obat-obatan lain kecuali jika diresepkan oleh dokter. Sementara jika diare tidak membaik atau tanda-tanda dehidrasi parah muncul, segera pergi ke rumah sakit.

 

  1. Anonim. ORAL REHYDRATION SALTS = ORS. https://medicalguidelines.msf.org/viewport/EssDr/english/oral-rehydration-salts-ors-16684387.html. (Diakses pada 9 April 2020).
  2. Anonim. Oral rehydration salts. https://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/fch_cah_06_1/en/. (Diakses pada 9 April 2020).
  3. Anonim. Oral rehydration salts. https://www.healthnavigator.org.nz/medicines/o/oral-rehydration-salts/. (Diakses pada 9 April 2020).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi