Terbit: 8 Maret 2021 | Diperbarui: 9 Maret 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cara membuat lesung pipi yang paling cepat dan tidak memerlukan rawat inap adalah dengan operasi atau sering juga disebut sulam lesung pipi. Apa saja risiko yang bisa terjadi jika Anda melakukan prosedur ini? Simak penjelasan selengkapnya.

Cara Membuat Lesung Pipi yang Aman (Disertai Risikonya)

Apa Itu Operasi Lesung Pipi?

Ini adalah prosedur untuk meningkatkan cekungan kecil di pipi. Prosedur yang juga dikenal dengan sebutan dimpleplasty ini dilakukan untuk memunculkan lesung pipi ketika seseorang tersenyum. Lekuk kecil pada pipi ini muncul karena lekukan pada lapisan tepat di bawah kulit (dermis).

Pembedahan melibatkan pembentukan lesung pipi dengan pembentukan jaringan parut pada dermis di antara otot-otot wajah menggunakan instrumen kecil, sayatan, dan sedikit pengangkatan jaringan.

Perlu Anda ketahui, prosedur ini bukanlah kebutuhan medis sebaliknya, ini adalah prosedur elektif yang dijalani seseorang untuk meningkatkan citra diri. Dikarenakan ini adalah operasi rawat jalan, Anda tidak perlu menginap di rumah sakit untuk pulih. Anestesi lokal digunakan, sehingga Anda tidak akan tertidur selama operasi.

Cara membuat lesung pipi biasanya dilakukan dengan satu sayatan, kira-kira berukuran 2 cm untuk setiap lekuk kecil. Pemulihan biasanya berlangsung cepat dan sederhana. Lekukan kecil pada pipi yang permanen dibuat oleh jaringan parut yang berkembang saat sayatan kecil ini tumbuh.

Bagaimana Prosedur Ini Dilakukan?

Operasi pembuatan lekuk kecil pada pipi dilakukan dengan anestesi lokal. Setelah semua persiapan dilakukan, pasien diminta untuk berbaring dan ahli bedah menggambar wajah pasien secara bilateral untuk menandai tempat lesung pipi akan ditempatkan. Setelah itu, ahli bedah memulai pembedahan dengan membuat sayatan melingkar di dalam mulut di lokasi yang diinginkan.

Dokter bedah akan berhati-hati agar tidak memengaruhi papilla dari saluran stensons. Keterikatan mukomuskuler di kulit—tepat di bawah lokasi lesung pipi—akan dikerok untuk menghilangkan sebagian kecil otot dan jaringan lemak.

Kedua area yang dibuat oleh prosedur pengikisan kemudian akan menempel satu sama lain, di mana hal ini secara efektif menciptakan lesung pipi. Jika pasien menginginkan lesung pipi yang lebih besar, area yang lebih luas akan dikikis. Setelah kedua area ini menempel satu sama lain, ahli bedah melakukan langkah lain untuk mempertahankan adhesi.

Sayatan yang dilakukan selama operasi ditutup dengan jahitan yang dapat larut dalam beberapa hari ke depan. Bagian luar pipi sama sekali tidak terpengaruh oleh prosedur ini. Keseluruhan operasi biasanya memakan waktu 20 sampai 30 menit dan pasien dapat pulang setelah prosedur.

Pada umumnya, pasien diharuskan mengonsumsi makanan-makanan lunak selama beberapa hari. Pada pasien dengan jaringan lemak yang lebih tebal, prosedur mungkin mengakibatkan pipi tembem. Teknik berbeda mungkin diperlukan untuk meningkatkan eksposur area tersebut.

Kontraindikasi

Pada dasarnya tidak ada kontraindikasi langsung untuk operasi lekuk kecil pada pipi. Namun, beberapa kondisi meningkatkan kemungkinan komplikasi, di antaranya:

  • Kebiasaan merokok.
  • Operasi wajah sebelumnya.
  • Operasi gigi sebelumnya.
  • Masalah dengan kebersihan atau kesehatan gigi.
  • Infeksi mulut, seperti herpes.

Sebelum menjalani operasi, ahli bedah plastik biasanya akan memeriksa riwayat kesehatan tubuh dan gigi Anda.

Risiko Potensial

Setelah Anda mengetahui cara membuat lesung pipi, pada dasarnya operasi aman dilakukan dan jarang terjadi komplikasi. Meski begitu, kemungkinan komplikasi meliputi:

  • Perdarahan berlebihan pada lokasi sayatan.
  • Hematoma (memar).
  • Pembengkakan di daerah wajah.
  • Kerusakan saraf.
  • Infeksi tempat operasi.
  • Infeksi kronis, komplikasi langka yang menghasilkan nodul atau abses akibat infeksi (aktinomikosis) oleh bakteri yang biasanya ada di mulut dan hidung.
  • Kegagalan operasi, seperti asimetri lesung pipi atau pembentukan lekuk kecil pada pipi yang tidak memadai.

Pemulihan

Lekuk kecil pada pipi akan langsung terlihat, meskipun hasil akhir biasanya baru terlihat dua bulan setelah operasi. Jahitan yang digunakan dalam prosedur ini tidak perlu dilepas karena akan larut dengan sendirinya.

Beberapa langkah yang harus diperhatikan selama pemulihan, di antaranya:

  • Tindak lanjut. Satu hingga dua minggu setelah operasi, Anda harus memeriksakan kondisi ke dokter, hal itu untuk memastikan bahwa Anda sembuh dengan cepat.
  • Diet cair. Dokter akan mengarahkan untuk menjalani diet cair selama lima hari setelah operasi, hal ini membuat Anda harus menghindari makanan padat.
  • Istirahat sementara. Seseorang dapat kembali bekerja keesokan harinya setelah operasi, namun Anda mungkin perlu mengambil cuti dari pekerjaan setelahnya karena kemungkinan akan mengalami pembengkakan dan kemerahan.
  • Aktivitas fisik. Meskipun Anda tidak memiliki batasan dalam hal tugas harian ringan, Anda akan disarankan untuk menunda aktivitas yang sangat berat selama satu hingga dua minggu setelah operasi. Jika Anda tidak yakin mengenai aktivitas tertentu, konsultasi dengan dokter diperlukan.

Baca Juga: Pipi Bengkak: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Cara Membuat Lesung Pipi Secara Alami

Meski operasi adalah cara membuat lesung pipi yang aman dan cepat, tidak semua orang bisa melakukannya. Namun, ada beberapa cara alami untuk mendapatkan lekuk kecil pada pipi—meskipun hasilnya tidak akan permanen—di antaranya:

  • Senam Wajah

Terdapat beberapa senam wajah sederhana yang bisa Anda coba untuk membuat lesung pipi. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tersenyum. Senyuman yang sangat lebar akan menyebabkan lekuk kecil pada pipi muncul secara alami.

Anda juga dapat menyedot pipi untuk membuat lesung pipi dan menahannya selama beberapa detik sebelum melepaskannya.

Beberapa orang ada juga yang menggunakan jari atau ujung pensil untuk mendorong pipi ke dalam dan menahannya untuk beberapa saat. Jika Anda melakukan latihan sederhana ini setiap hari, hal ini dipercaya bisa membantu Anda mendapatkan lekuk kecil pada pipi.

  • Make Up

Jika Anda tidak memiliki lekuk pipi sama sekali atau memiliki lesung pipi kecil dan ingin lebih menonjolkan bentuknya, Anda bisa menggunakan make up. Dengan cara yang sama, make up akan membentuk wajah untuk membuat area gelap di sekitar tempat lesung pipi yang muncul secara alami, hal ini memberi kesan bahwa ada lekukan pada pipi.

Cara ini mungkin tidak terlihat sama dengan aslinya, tetapi jika Anda tidak ingin melakukan sesuatu yang drastis seperti menjalani operasi, make up adalah pilihan yang baik.

 

  1. Anonim. 2019. 3 Ways To Give Yourself Natural Dimples. https://www.beautythatwalks.com/give-yourself-natural-dimples/. (Diakses pada 8 Maret 2021).
  2. Anonim. What is Dimple Creation Surgery: Overview, Benefits, and Expected Results. https://www.docdoc.com/medical-information/procedures/dimple-creation. (Diakses pada 8 Maret 2021).
  3. Gurarie, Mark. 2021. Dimple Surgery: Everything You Need to Know. https://www.verywellhealth.com/dimple-surgery-dimpleplasty-5090432. (Diakses pada 8 Maret 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi