Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua wanita pasti mendambakan kulit cantik, sehat, dan bercahaya. Maka tak heran jika mereka akan melakukan berbagai perawatan untuk mendapatkan kulit seperti yang mereka dambakan. Kulit sehat dan bercahaya tidak hanya bisa diperoleh dari perawatan di pusat kecantikan atau dari produk kecantikan yang digunakan, melainkan bisa didapatkan dari asupan makanan yang di konsumsi setiap hari.

doktersehat-perawatan-wajah-muka

Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki kulit sehat dan bercahaya, maka cerdaslah dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya, khususnya di bulan puasa ini.

1. Coklat Hitam Bekualitas

Seperti yang Anda tahu bahwa hampir semua wanita menyukai coklat. Makanan manis ini sangat digemari karena memiliki rasa yang cukup lezat. Selain itu, coklat juga mengandung zat yang mampu mengatasi stres dan mengembalikan mood menjadi lebih baik. Namun, jika Anda ingin kulit Anda tetap sehat dan bercahaya, sebaiknya jangan mengonsumsi coklat sembarangan. Pilihlah coklat hitam yang berkualitas. Hal ini dikarenakan coklat hitam berkualitas mampu membuat kulit menjadi lebih elastis lebih lama dan memperlambat kulit kendur. Sebab, coklat hitam mengandung flavonoid dan flavonol, sumber antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari.

2. Konsumsi Probiotik

Probiotik juga sangat dibutuhkan untuk tubuh, tidak hanya baik bagi kesehatan usus saja. Sebab, menurut salah satu ahli gizi mengemukakan bahwa kesehatan usus dan kesehatna kulit memiliki keterkaitan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan mengandung probiotik seperti yogurt, acar, kimchi, dan makanan mengandung probiotik lainnya. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari makanan tersebut adalah dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, serta mengurangi hiperpigmentasi.

3. Jadikan Makanan Sebagai Bahan Masker

Tidak semua orang bisa mengonsumsi makanan mengandung probiotik, seperti yogurt. Perut sensitif tidak bisa menerima asupan yogurt sehingga bisa menyebabkan masalah pada pencernaan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menjadikan yogurt sebagai masker. Sebab, yogurt memiliki kandungan nutrisi kompleks yang bagus untuk kesehatan kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi