Cara Membuat Anak Kembar dan Faktor yang Meningkatkan Potensi untuk Berhasil!

cara-membuat-anak-kembar-doktersehat

DokterSehat.Com – Memiliki anak kembar menjadi impian beberapa pasangan. Sebagian mungkin sudah bisa mendapatkan anak kembar tanpa direncanakan, namun sebagian lain memerlukan usaha lebih untuk mendapatkannya. Ya, memiliki anak kembar memang bisa diusahakan dengan mengetahui cara membuat anak kembar serta memahami faktor apa saja yang dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkannya!

Cara Membuat Anak Kembar

Kehamilan bayi kembar bisa saja terjadi jika beberapa faktor pendukungnya terpenuhi. Namun di samping faktor-faktor tersebut, sebenarnya terdapat juga beberapa cara membuat anak kembar yang dapat diusahakan seperti berikut ini:

1. IVF (In Vitro Fertilization)

Cara membuat anak kembar yang pertama adalah dapat menggunakan metode IVF atau dikenal juga dengan istilah bayi tabung. Prosedur ini memungkinkan terjadinya pembuahan di luar rahim. Sperma dan sel telur akan dipertemukan dan di laboratorium. Setelah, embrio terbentuk, barulah akan dipindahkan ke dalam rahim sang ibu.

Umumnya akan terdapat lebih dari satu embrio yang diletakkan ke dalam rahim. Memang tidak semua embrio dapat terus berkembang, tapi umumnya cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan kembar.

2. IUI (Intrauterine Insemination)

Intrauterine insemination atau inseminasi buatan juga bisa menjadi salah satu cara membuat anak kembar. Metode ini dilakukan dengan cara menyuntikkan sperma ke dalam rahim. Inseminasi memang tidak secara langsung meningkatkan peluang kehamilan kembar, tapi jika dilakukan bersamaan dengan konsumsi obat penyubur maka kemungkinannya dapat menjadi tinggi.

3. Obat kesuburan

Kunci dari cara membuat anak kembar yang sebenarnya adalah pada obat kesuburan. Konsumsi obat kesuburan bertujuan untuk meningkatkan jumlah sel telur yang dihasilkan oleh indung telur. Semakin banyak sel telur yang dihasilkan, maka akan semakin besar kemungkinan sel telur dapat dilepaskan di waktu yang sama.

Jika sel telur dapat dilepaskan pada waktu yang sama dan terjadi pembuahan pada keduanya, maka kehamilan kembar akan dapat terjadi. Dilansir dari Mon Junction, berikut adalah beberapa obat kesuburan yang banyak direkomendasikan:

  • Clomid

Clomid atau clomiphene citrate adalah obat yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah infertilitas, seperti pada wanita yang tidak mengalami ovulasi. Pada kondisi normal, clomid menjadi salah satu pendukung cara bikin anak kembar.

  • Letrozole

Letrozole adalah obat yang menakan hormon estrogen dan digunakan untuk mengatasi kanker payudara. Obat satu ini juga terkadang digunakan untuk mengobai infetilitas dan untuk meningkatkan potensi kehamilan kembar.

  • Gonadotropin

Gonadotropin adalah hormon yang dihasilkan dari aktivitas sel dalam testis dan ovarium. Pemberan gonadotropin secara suntik bertujuan untuk menstimulasi pembentukan hormon yang akan membantu produksi sel telur dan juga sperma.

Obat kesuburan umumnya juga dibutuhkan oleh pasangan yang memilih metode bayi tabung maupun inseminasi. Penggunaan obat ini tidak dapat dilakukan sembarangan dan harus di bawah pengawasan dokter.

4. Obat herbal kesuburan

Selain menggunakan obat kesuburan, cara membuat anak kembar juga bisa didukung dengan menggunakan obat herbal. Berikut adalah beberapa herbal yang bisa Anda coba:

  • Ubi-ubian

Ubi sering kali dikatikan dengan kesuburan. Kandungan fitoestrogen di dalamnya memiliki peran untuk mengatur hormon pada wanita sehingga dapat terjadi lebih banyak ovulasi yang dapat meningkatkan terjadinya kehamilan kembar.

  • Licorice

Licorice atau akar manis dapat memperlancar siklus mentruasi sehingga wanita dapat lebih mudah untu menganali masa suburnya. Selain itu, licorice juga berperan dalam mengandalikan jumlah hormon tertosteron dan estrogen dalam tubuh.

  • Minyak biji rami

Minyak biji rami atau flaxseed oil juga dipercaya sebagai salah satu herbal yang dapat meningkatkan kesuburan, terutama pada wanita. Herbal satu ini juga berperan dalam keseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

  • Minyak evening primrose

Minyak esensial lain yang juga bagus untuk kesuburan adalah evening primrose. Minyak ini dapat meningkatkan jumlah lendir sehat dalam serviks untuk menjaga sperma dapat hidup lebih lama dalam rahim.

  • Ekstrak black cohosh

Black cohosh adalah tamanan liar yang mungkin sering kita temui. Black cohosh memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan dan mengatasi gejala PMS. Herbal satu ini juga dapat memperkuat otot rahim sehingga lebih baik untuk mempersiapkan kehamilan.

Faktor yang Meningkatkan Kemungkinan Mendapat Anak Kembar

Selain cara membuat anak kembar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pasangan yang menginginkan anak kembar juga harus mengetahui faktor apa saja yang mungkin memengaruhi kehamilan kembar. Berikut adalah beberapa faktor tersebut:

1. Usia

Usia wanita ketika hamil berpengaruh pada kemungkinan mendapatkan anak kembar. Kehamilan pada usia di atas 35 tahun dianggap memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mendapatkan

2. Faktor keturunan

Faktor yang berpengaruh selanjutnya adalah keturunan. Jika terdapat riwayat anak kembar dalam keluarga maka kemungkinan mendapatkan anak kembar juga akan meningkat.

3. Berat dan tinggi tubuh

Ciri fisik seperti berat dan tinggi badan juga dapat berpengaruh. Wanita yang memiliki tubuh tinggi dipercaya memiliki peluang yang lebih besar. Wanita yang memiliki berat tubuh ideal juga memiliki kesempatan lebih tinggi dibandingkan dengan dengan yang terlalu kurus.

4. Menyusui

Hamil ketika sedang dalam masa menyusui juga dapat meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar. Namun faktor ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung kebenarannya.

5. Jumlah kehamilan sebelumnya

Semakin banyak jumlah anak atau kehamilan, maka semakin tinggi juga kemungkinan untuk mendapatkan anak kembar pada kehamilan selanjutnya. Selain itu, kemungkinan ini tentunya akan meningkat jika memiliki riwayat melahirkan anak kembar selanjutnya.

6. Konsumsi makanan

Konsumsi makanan juga dapat menjadi faktor pendukung mendapatkan anak kembar. Ketika mempersiapkan kehamilan anak kembar, pasangan diharuskan untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Selain itu, konsumsi produksi olahan susu dan ubi liar juga dipercaya dapat meningkatkan potensi tersebut.

7. Posisi seks

Cara bikin anak kembar juga ternyata bisa didukung dengan posisi seks tertentu. Faktor ini memang tidak secara langsung meningkatkan potensi kehamilan anak kembar, tapi terdapat beberapa posisi seks yang dipercaya dapat meningkatkan kesempatan kahamilan. Contohnya seperti doggy style dan misionaris.

Usaha untuk mendapatkan anak kembar bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi perlu diingat bahwa keberhasilan pada setiap orang tentunya berbeda-beda. Jadi, tidak perlu kecewa jika cara mendapatkan anak kembar Anda dan pasangan lakukan untuk mendapatkan anak kembar belum berhasil.