Ladies, Perhatikan Beberapa Hal Berikut ini Sebelum Membuang Pembalut Bekas Pakai

doktesehat siklus menstruasi

DokterSehat.Com– Sebagian besar wanita pasti mengalami sebuah siklus yang terjadi satu kali dalam sebulan atau yang biasa disebut dengan menstruasi. Siklus ini ditandai dengan keluarnya darah haid melalui rahim. Untuk menampung darah yang keluar dari vagina agar tidak tercecer kemana-mana, maka dibutuhkan pembalut.

Pembalut sudah menjadi kebutuhan wanita setiap bulan saat sedang menstruasi.  Dalam penggunaan pembalut, biasanya hanya satu kali pakai saja, setelah itu dibuang. Namun, tak sedikit dari mereka yang membuang pembalut bekas pakai dengan benar. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum membuang pembalut bekas pakai.

1. Pembalut Tidak Harus Dicuci

Mungkin sebagian besar wanita akan mencuci pembalut sebelum membuangnya. Hal ini dikarenakan ada rasa tidak nyaman ketika harus membuang pembalut begitu saja tanpa dicuci. Akan tetapi, sebenarnya tindakan tersebut tidak seharusnya dilakukan. Pembalut yang akan dibuang tidak perlu dicuci terlebih dahulu. sebab, saat membersihkan pembalut biasanya dilakukan dibawah air mengalir.

Hal tersebut tentu saja akan membuat darah dari pembalut akan menyebar kemana-mana, sehingga membuat lantai kamar mandi kotor. Selain itu, pembalut merupakan alat yang berfungsi untuk menampung darah kotor yang bersifat disposable atau dapat langsung dibuang tanpa peril dicuci. Namun, jika Anda masih ingin mencuci pembalut sebelum dibuang, sebaiknya perhatikan lantai kamar mandi Anda setelah mencuci pembalut. siramlah dengan bersih agar tidak kotor dan bau.

2. Gulung Pembalut Sebelum Dibuang

Menggulung pembalut sebelum dibuang merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan. Selain agar lebih ringkas, bakteri yang terdapat di dalam pembalut bekas juga tidak akan menyebar dan tidak mengotori banyak tempat. Anda bisa menggulung pembalut dengan kertas maupun tisu sebelum memasukkannya ke dalam kantong plastik.

3. Masukkan Gulungan Pembalut ke dalam Kantong

Jangan pernah membuang pembalut begitu saja tanpa di masukkan ke dalam kantong. Sebab, bakteri yang ada di dalam pembalut bisa menyebar dan tentu saja akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, pastikan Anda membuang pembalut di tempat sampah yang berbeda. Hal ini dikarenakan sampah sisa makanan akan menimbulkan aroma yang dapat mengundang serangga maupun binatang yang lain. Sebaiknya, buang bekas pembalut di tempat sampah yang diletakkan di luar rumah agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.