DokterSehat.Com– Selain bokong, payudara yang besar juga merupakan daya tarik wanita di mata pria. Tak ayal, banyak wanita yang berusaha untuk membesarkan payudaranya agar terlihat lebih ‘seksi’. Nah, Anda yang kini berniat membesarkan payudara, ada sejumlah cara membesarkan payudara secara alami yang bisa diterapkan. Apa saja itu?

cara-membesarkan-payudara-secara-alami-doktersehat

Cara Membesarkan Payudara secara Alami

Bagi wanita yang mempunyai payudara kecil, cara membesarkan payudara secara alami berikut mungkin bisa membantu Anda mendapatkan ukuran payudara sesuai yang diinginkan. Tidak sulit, kok!

1. Memijat Payudara

Cara memperbesar payudara secara alami tanpa obat atau operasi yang pertama dan paling mudah yaitu dengan memijat payudara yang bisa Anda lakukan dengan tangan Anda sendiri (atau minta bantuan pasangan sah Anda).

Metode yang satu ini dapat dilakukan setiap bangun tidur. Pijat payudara Anda secara perlahan dari mulai samping dengan gerakan memutar searah jarum jam. Lakukan cara ini selama 15 menit untuk hasil yang optimal.

2. Menggunakan Minyak Esensial  Teratur

Cara alami memperbesar payudara selanjutnya ini sejatinya merupakan penunjang cara memperbesar secara payudara secara alami yang telah dijelaskan di poin pertama.

Ya, pijatlah payudara Anda menggunakan sejumlah bahan alami yang telah berbentuk minyak esensial. Selain membantu memperbesar sekaligus mengencangkan payudara, cara ini juga berfungsi mencegah payudara agar tidak kering dan kerutan.

Anda bisa menggunakan bahan pelembap alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak fenugreek, atau minyak almond. Menurut penelitian, minyak-minyak tersebut memiliki manfaat untuk menstimulasi pembesaran payudara.

Mengenai efektivitasnya, Anda bisa coba membuktikannya sekarang juga.

3. Cobalah Menambah Berat Badan jika BMI Rendah

Jika indeks massa tubuh (BMI) Anda di bawah angka normal alias kekurangan berat badan (atau berada dalam kisaran normal) dan berpikir untuk menambah bobot badan Anda, nyatanya hal ini juga bisa dijadikan salah satu cara memperbesar payudara secara alami, lho. 

Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa meski berat badan dapat meningkatkan ukuran payudara, kenaikan berat badan yang tidak sehat mungkin akan lebih berbahaya.

BMI normal dan sehat berada di angka 18,5. Sementara itu, BMI di bawah 18,5 mengindikasikan kekurangan berat badan dan BMI 25-29,9 dianggap kelebihan berat badan.

4. Push up di Dinding

Cara membesarkan payudara secara alami juga bisa Anda lakukan dengan melakukan sejumlah aktivitas fisik, salah satunya push up. Akan tetapi, push up di sini akan menggunakan dinding sebagai tumpuan.

Berikut ini adalah cara alami membesarkan payudara dengan metode push up dinding:

  • Berdiri di depan dinding dan tekan telapak tangan Anda menempel di ketinggian yang sama dengan dada Anda.
  • Perlahan dan dengan kontrol bergerak maju sampai kepala Anda hampir menyentuh dinding.
  • Kembali ke posisi semula.
  • Ulangi 10 hingga 15 kali.

5. Angkat Beban

Cara memperbesar payudara secara alami dengan kegiatan fisik lainnya adalah dengan mengangkat beban. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Badan terlentang sambil memegang dumbel di masing-masing tangan, kemudian angkat tangan agar sejajar dengan bahu Anda, pertahankan siku Anda tertekuk.
  • Perlahan luruskan lengan Anda dan rentangkan. Anda mungkin ingin memperpanjang satu lengan dalam satu waktu.
  • Lalu tangan kembali ke bahu dan perlahan turunkan pergelangan tangan ke bawah.
  • Jaga siku Anda di dalam tubuh Anda, dan buat gerakannya lambat dan terkontrol.
  • Lakukan gerakan sebanyak tiga set 12.

6. Putar Lengan Melingkar

Merentangkan tangan kemudian memutarnya juga diklaim ampuh untuk menstimulasi pembesaran payudara. Kendati bukti ilmiah yang mendukung cara alami memperbesar payudara ini masih minim, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Rentangkan tangan Anda ke samping sejajar dengan bahu.
  • Perlahan putar lingkaran kecil ke belakang selama satu menit.
  • Kemudian ganti arah lingkaran kecil ke depan selama satu menit.

7. Tangan Menepuk

Selanjutnya dari cara memperbesar payudara secara alami adalah dengan melakukan gerakan menepuk tangan. Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  • Ambil posisi duduk atau berdiri, lalu rentangkan tangan Anda hingga sejajar dengan bahu
  • Tepukkan tangan hingga menyentuh masing-masing tangan Anda
  • Lakukan gerakan ini selama satu menit. Agar lebih sulit namun hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menggunakan pita resistensi saat melakukan cara ini

8. Hindari merokok

Jika salah satu alasan Anda menginginkan payudara yang lebih besar adalah karena  payudara dalam kondisi kendur dan Anda merasa bahwa payudara tidak membuat siluet besar, mencegah payudara kendur juga dapat membantu.

Bagaimana cara mencegah maupun mengatasi payudara kendur? Salah satunya adalah dengan menghindari rokok. Ya, merokok adalah salah satu alasan utama yang menyebabkan mengendurnya payudara.

Merokok menyebabkan elastin yang mendukung struktur kulit Anda untuk terurai. Dengan hilangnya elastin, Anda kehilangan tampilan payudara besar dan kencang seperti yang diidam-idamkan.

Tak hanya itu, kebiasaan ini juga bisa memengaruhi elemen lain dari kulit payudara Anda yang bertanggung jawab untuk mempertahankan kekencangan serta elastisitasnya, yakni apalagi kalau bukan kolagen.

Jadi, sebaiknya mulai dari sekarang hindari aktivitas atau paparan rokok sebagai penunjang cara memperbesar dan mengencangkan payudara Anda secara alami, ya!

9. Diet

Pilihan makanan juga sangat sedikit banyak dapat membantu Anda untuk memperbesar payudara hingga mendapatkan ukuran sesuai yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa menu makanan yang bisa Anda konsumsi sehari-hari sebagai cara memperbesar payudara secara alami:

  • Buah-buahan yang kaya akan phytoestrogen (pepaya, apel, kurma, ceri, timun, alpukat)
  • Sayur-sayuran (wortel, lobak)
  • Kacang-kacangan (walnut, chestnut, kacang kedelai)

Selain makanan di atas, masih banyak lagi jenis makanan lainnya yang mungkin bisa memperbesar payudara. Konsultasikan dengan dokter Anda perihal makanan apa saja yang bisa mendukung Anda untuk mencapai ‘tujuan’ ini.

10. Menggunakan Bra dengan Ukuran yang Tepat

Terkadang, pemakaian bra yang kurang tepat (misalnya terlalu besar) dapat membuat payudara Anda terlihat kecil, padahal ‘aset’ Anda yang satu ini memiliki ukuran yang terbilang ideal.

Oleh sebab itu, cara agar payudara Anda terlihat besar atau ideal adalah dengan menggunakan ukuran bra yang memang sesuai dengan ukuran payudara Anda saat ini.

Nah, itu dia cara membesarkan payudara secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Ingat, cara-cara di atas belum tentu memberikan hasil sesuai yang Anda inginkan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Anonim. 2019. 7 Ways to Enlarge your Breast (Without Surgery). https://perfectbodymate.com/enlarge-breast-without-surgery/ (Diakses pada 16 November 2019)
  2. Cronkleton, E. 2017. 7 Exercises that Will Naturally Increase Breast Size. https://www.healthline.com/health/womens-health/how-to-increase-breast-size-naturally#pushups (Diakses pada 16 November 2019)
  3. Naser, S. 2019. How to Increase Breast Size Naturally. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-increase-breast-size-naturally/#gref (Diakses pada 16 November 2019)