Terbit: 2 Desember 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada banyak info yang beredar tentang cara membesarkan payudara menggunakan pasta gigi, namun benarkah? Cari tahu tentang mitos dan fakta seputar cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi dan bagaimana cara membesarkan payudara secara alami dalam pembahasan ini!

Cara Membesarkan Payudara Menggunakan Pasta Gigi, Benarkah?

Mitos atau Fakta Pasta Gigi untuk Membesarkan Payudara?

Di internet, ada banyak orang yang mempercayai dan menggunakan pasta gigi sebagai salah satu cara untuk mengencangkan payudara secara alami. Bukan hanya di Indonesia, namun rumor tentang manfaat pasta gigi untuk membesarkan payudara ini juga menjadi perdebatan di masyarakat internasional.

Semua kontroversi ini berawal dari seorang YouTuber yang mengunggah video tentang dirinya yang berhasil membesarkan payudara dengan campuran pasta gigi, tepung, putih telur, dan timun pada tahun 2018. Video tersebut ditonton jutaan orang dan banyak “dicoba” dan dipertanyakan kebenarannya.

Ada juga orang yang viral karena menggunakan campuran pasta gigi dengan pelembap atau petroleum jelly untuk mengencangkan dan memperbesar payudara. Pertanyaan terbesarnya adalah apakah semua itu mitos atau fakta?

Belum ada pembuktian medis tentang cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi. Hampir bisa dipastikan bahwa metode membesarkan payudara dengan pasta gigi, pelembap, dan campuran bahan lain hanyalah eksperimen tidak bertanggung jawab dari seseorang atau sekelompok orang agar viral di internet.

Cara Membesarkan Payudara Menggunakan Pasta Gigi, Bisakah?

Dermatologis memberikan pernyataan mereka bahwa memijat payudara dengan pasta gigi dan pelembap (petroleum jelly) selama beberapa hari secara rutin tidak akan membuat payudara bertambah besar atau semakin kencang. Pasta gigi terbuat dari bahan-bahan seperti fluorida, silika, detergen untuk membuat efek busa, dan kebanyakan perasa mint yang sama sekali bukan bahan-bahan untuk membesarkan payudara.

Apabila Anda merasakan efek payudara menjadi kencang setelah memijatnya dengan pasta gigi, itu terjadi akibat efek dari pasta gigi yang mulai kering dan mungkin perasa mint yang memberi sensasi kulit mengencang dan panas. Saat Anda mengoles pasta gigi ke kulit, Anda akan merasakan sensasi kulit kering dan kencang karena pasta gigi mengeringkan minyak dan sebum. Setelah Anda membilasnya, efek itu akan hilang begitu saja.

Logika yang sama berlaku untuk penggunaan pelembap petroleum jelly yang banyak orang percaya dapat mengencangkan payudara. Manfaat petroleum jelly adalah melembapkan kulit, yang berarti hanya dapat bekerja pada lapisan kulit. Kandungannya tidak dapat meresap hingga ke jaringan payudara dan memengaruhi hormon payudara.

Baca Juga: 9 Faktor yang Memengaruhi Ukuran Payudara, Wanita Harus Tahu!

Efek Samping Pasta Gigi untuk Kulit Payudara

Dermatologis bernama Mona Gohara, M.D. yang juga seorang asisten profesor klinis di Universitas Yale mengatakan bahwa aplikasi pasta gigi pada kulit bisa menyebabkan iritasi kulit yang parah. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat Anda mengaplikasikan pasta gigi ke kulit:

1. Reaksi Alergi

Anda mungkin mengalami reaksi alergi kulit seperti ruam kulit, gatal, atau kulit kemerahan. Alergi yang lebih parah dengan gejala seperti bersin, hidung gatal, dan keluar ingus. Mohon segera hentikan penggunaan bila mengalami gejala tersebut.

2. Iritasi Kulit Parah

Iritasi kulit parah mungkin terjadi, seperti kulit di area payudara pecah-pecah, kering, bintik-bintik merah, atau timbul bercak-bercak kulit yang sebelumnya tidak ada. Kulit payudara cenderung lebih sensitif jadi sebaiknya hanya gunakan produk kulit yang aman untuk payudara.

3. Kulit Kering

Kebanyakan pasta gigi mengandung mentol, deterjen, alkohol, dan hydrogen peroxide yang akan membuat kulit kering. Sebaiknya, segera bilas kulit dengan air bersih untuk mengatasinya.

4. Efek Samping Ringan

Sebagian besar orang yang mengaplikasikan pasta gigi ke payudara mungkin tidak memiliki efek samping sama sekali atau hanya efek samping ringan. Kemudian, kulit Anda mungkin akan berbau minty khas pasta gigi.

Jadi, cara membesarkan payudara menggunakan pasta gigi sebenarnya tidak terbukti atau hanya sebuah mitos. Selain itu, sebagian besar produk pasta gigi juga menuliskan peringatan di balik kemasan untuk tidak menggunakannya pada kulit. Pasta gigi akan berkhasiat maksimal untuk kesehatan dan kebersihan gigi.

Baca Juga: Ukuran Payudara Ideal dan Cara Mengukurnya

Cara Membesarkan Payudara secara Alami

Tidak ada bukti medis dan ilmiah tentang cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi. Dokter mengatakan bahwa faktor yang dapat memperbesar payudara adalah hormon, kenaikan berat badan, dan operasi augmentasi payudara. Pijat payudara dan olahraga yang menargetkan otot payudara dapat membantu membangun otot payudara.

Berikut ini beberapa cara memperbesar payudara secara alami:

1. Olahraga

Latihan yang fokus pada otot dada –otot di bawah jaringan payudara– bisa menambah volume payudara dan massa otot payudara. Walaupun demikian, Anda harus melakukan push-up lebih banyak atau menggunakan alat fitnes khusus yang lebih lama.

Pasalnya, menambah massa otot payudara tidak sama dengan memperbesar payudara. Payudara besar lebih dipengaruhi oleh lemak pada payudara.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Hormon estrogen –hormon wanita– memengaruhi ukuran payudara. Anda bisa konsumsi makanan alami tinggi estrogen seperti tofu, kedelai, edamame, bawang putih, buah persik, buah kering, dan beri-berian. Anda juga mungkin menggunakan pil hormon estrogen seperti pil KB.

Baca Juga: 10 Cara Memperbesar Payudara secara Alami (Tanpa Operasi)

3. Menambah Berat Badan

Bila berat badan Anda di bawah rata-rata, Anda bisa menaikkan berat badan sekaligus membesarkan payudara. Bila berat badan naik, ukuran payudara juga akan lebih besar karena payudara terdiri dari lebih banyak jaringan lemak pada sebagian besar wanita.

Itulah pembahasan tentang cara membesarkan payudara menggunakan pasta gigi. Sebenarnya, pasta gigi tidak dapat membuat payudara menjadi lebih besar atau kencang.

Anda bisa menggunakan cara membesarkan payudara dengan metode alami seperti olahraga, makan sehat, tidak merokok, dan jaga berat badan ideal. Walaupun demikian, ada banyak faktor yang memengaruhi ukuran payudara. Silakan konsultasi ke dokter bila Anda ingin menggunakan metode membesarkan payudara dengan operasi atau prosedur lainnya.

 

  1. Dawsey, Holly. 2018. Wait, What? Women Are Rubbing Toothpaste On Their Breasts To Make Them Bigger. https://www.glam.com/beauty/women-are-rubbing-toothpaste-on-breasts-to-make-them-bigger. (Diakses pada 02 Desember 2020).
  2. Dr. Andrews Plastic Surgery. 2020. ARE THERE ANY NATURAL WAYS TO INCREASE BREAST SIZE?. https://www.drandrewsplasticsurgery.com/are-there-any-natural-ways-to-increase-breast-size/. (Diakses pada 02 Desember 2020).
  3. Frothingham, Scott. 2019. Vaseline for Breasts: Can It Make Them Larger?. https://www.healthline.com/health/vaseline-for-breasts. (Diakses pada 02 Desember 2020).
  4. Iflscience. 2018. Stop Rubbing Toothpaste On Your Boobs, It Won’t Make Them Bigger. https://www.iflscience.com/health-and-medicine/stop-rubbing-toothpaste-on-your-boobs-it-wont-make-them-bigger/. (Diakses pada 02 Desember 2020).
  5. Metzger, Chloe. 2018. Does Toothpaste Make Your Boobs Bigger? An Investigation. https://www.marieclaire.com/beauty/a22617817/toothpaste-breast-size-increase/. (Diakses pada 02 Desember 2020).
  6. Scott, Ellen. 2018. People are rubbing toothpaste on their breasts to try to make them bigger. https://metro.co.uk/2018/08/01/people-rubbing-toothpaste-breasts-try-make-bigger-7785321/?ito=cbshare. (Diakses pada 02 Desember 2020).
  7. Pedroja, Cammy, PhD. 2019. Can I Use Toothpaste on Pimples?. https://www.healthline.com/health/toothpaste-on-pimples. (Diakses pada 02 Desember 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi