7 Cara Alami Membersihkan Usus Besar untuk Cegah Kanker Colon

membersihkan-usus-doktersehat

DokterSehat.Com – Saluran pencernaan memiliki peran penting dalam kehidupan. Apa yang kita makan dan diolah oleh tubuh menentukan kesehatan kita secara menyeluruh. Oleh karena itu kesehatan dari sistem ini harus dilakukan dengan baik agar tidak terjadi masalah khususnya di colon atau usus besar.

Kalau Anda ingin menjaga kesehatan dari saluran pencernaan khususnya di usus besar, lakukan pembersihan. Dengan melakukan pembersihan ini Anda bisa mengatasi sembelit hingga menurunkan risiko kanker colon. Berikut beberapa cara membersihkan usus besar.

Cara membersihkan usus besar secara alami

Usus besar bisa dibersihkan dengan mudah dengan banyak melakukan beberapa aktivitas sederhana di bawah ini.

  1. Minum banyak air putih

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah usus besar dan membersihkannya adalah air hangat kuku. Anda bisa minum air sebanyak 6-8 gelas setiap harinya dan tidak boleh kurang. Kalau sampai air yang dikonsumsi kurang, kondisi sembelit akan muncul.

Kalau Anda merasa belum terbiasa minum banyak air dalam satu hari, lakukan pembiasaan. Pagi hari setelah bangun tidur, minum 1-2 gelas air, selanjutnya minum lagi saat makan, saat bersantai, dan saat akan tidur. Kalau Anda bisa melakukannya, usus akan selalu terjaga kesehatannya sehingga masalah serius seperti kanker colon tidak terjadi.

  1. Minum air hangat dengan garam

Kalau Anda tidak memiliki masalah sembelit setiap harinya, air hangat saja mungkin cukup. Namun, kalau sering sembelit dan perut menjadi sakit, ada baiknya untuk menambahkan garam ke dalam air lalu meminumnya hingga habis. Air garam ini hanya dikonsumsi saat bangun tidur saja atau saat Anda merasa susah BAB.

Oh ya, karena bertujuan untuk membersihkan usus besar yang kotor, ada baiknya untuk menggunakan garam gunung atau himalayan salt. Garam jenis ini lebih banyak mengandung mineral dan bersih. Belilah himalayan salt yang saat ini sudah banyak terdapat di toko online seluruh Indonesia. Bentuknya bisa agak kasar sepeti batu atau halus dengan warna merah muda.

  1. Menjalani diet tinggi serat

Jalankan diet tinggi serat setiap harinya. Kalau Anda sedang menjalankan diet tinggi lemak dan protein, lebih baik dihentikan dahulu untuk sementara waktu. Perbanyak sayuran yang bermanfaat untuk tubuh dan melancarkan buang air besar setiap harinya. Jangan makan tanpa ada tambahan sayurannya.

Selain sayuran perhatikan juga beberapa bahan makanan yang masuk ke tubuh. Protein masih diperbolehkan, tapi jumlahnya terbatas saja. Kalau protein terlalu banyak dikonsumsi bersama dengan lemak, kemungkinan terjadi gangguan pencernaan akan besar. Apalagi lemak bisa membuat saluran cerna kerja hingga dua kali lebih besar.

  1. Perbanyak minum jus

Perbanyak mengonsumsi jus buah dan sayuran. Kalau bisa membuat smoothies yang baik untuk pencernaan. Jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya karena bisa menurunkan fungsi asli dari buah dan sayurannya.

  1. Perbanyak makanan pengganti nasi putih

Sebisa mungkin untuk menghindari nasi putih untuk makan. Perbanyak makan pengganti nasi seperti ubi, kentang, dan oatmeal. Makanan ini mengandung serat lebih banyak dan Anda jadi kenyang lebih lama.

  1. Konsumsi makanan dan minuman probiotik

Makanan dan minuman dengan kandungan probiotik juga baik untuk kesehatan. Makanan itu terdiri dari kimchi, tempe, yoghurt, dan kombucha. Kandungan bakteri baik di dalam makanan dan minuman itu membuat usus menjadi lebih sehat.

  1. Mengonsumsi teh atau jamu

Mengonsumsi teh herbal juga bisa menyebatkan usus besar. Beberapa jenis teh memiliki fungsi untuk melancarkan BAB. Selain itu, kandungan di dalam teh seperti psyllium, lidah buah, dan akar marshmallow juga bisa membersihkan usus dari sisa kotoran-kotoran yang menempel hingga bersih.

Selain herba dalam bentuk teh, Anda juga bisa mengonsumsi jamu yang dibuat secara alami. Beberapa bahan seperti jahe dan juga kunyit baik untuk tubuh karena bisa mengatasi inflamasi di usus dan memiliki komponen antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan.

Kesehatan usus besar dan membiasakan diet dengan benar

Kesehatan usus besar menentukan kesehatan dari seseorang. Kalau usus besar mengalami gangguan, sembelit bisa saja terjadi dan kemungkinan terjadi perdarahan pada usus juga besar dan ikut terbawa dengan feses yang keluar.

Lakukan diet sehat setiap hari. Anda tidak harus melakukan diet ketat dengan hanya mengonsumsi sayuran dan buah saja. Aneka makanan boleh dimakan asal porsinya telat dan kebutuhan serat harian tetap terpenuhi sekitar 25-29 gram.

Serat yang sehat bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Nasi boleh dimakan, tapi akan lebih baik kalau diganti dengan beras merah atau umbi-umbian. Kalau Anda bisa melakukannya setiap hari, lakukan dengan benar. Namun, kalau tidak bisa dilakukan setiap hari, lakukan 2-3 hari sekali.

Intinya Anda membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk tubuh. Misal Anda banyak makan daging atau ayam, imbangi dengan sayuran. Jangan menambahnya dengan nasi putih karena bisa membebani pencernaan.

Selama pola makan terus dijaga dengan baik, Anda tidak akan mengalami masalah dengan pencernaan dan usus besar tetap menjalankan fungsinya dengan sempurna. Setiap hari Anda bisa BAB dengan lancar dan peluang terkena kanker colon akan rendah.

Demikian ulasan singkat tentang cara alami membersihkan usus besar dengan benar. Kalau Anda merasa sering makan tidak benar selama hidup, cobalah cara di atas. Lakukan selama 2-4 minggu untuk merasakan perubahan pada tubuh. Kalau tubuh berangsur membaik, lanjutkan disertai gaya hidup yang sehat. Kalau Anda bisa melakukan hal ini, gangguan di saluran cerna tidak akan pernah muncul.