Terbit: 10 November 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan paru-paru, sehingga organ pernapasan ini tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Apa saja cara-cara tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

13 Cara Membersihkan Paru-Paru yang Kotor

Cara Membersihkan Paru-Paru yang Kotor

Paru-paru adalah organ tubuh yang fungsinya sangat vital. Bagaimana tidak? Tanpa paru-paru, kita tidak bisa bernapas. Sayangnya, paru-paru kerap mengalami masalah kesehatan. Hal ini utamanya akibat paparan polusi udara seperti debu dan asap. Alhasil, paru-paru pun menjadi kotor. Kotornya paru-paru inilah yang lama-kelamaan dapat mengganggu kinerja organ tersebut.

Sebenarnya, paru-paru sudah memiliki mekanisme alami untuk membersihkan dirinya sendiri (self-cleaning). Kendati demikian, akan lebih baik jika Anda membantunya dengan menerapkan sejumlah cara membersihkan paru-paru berikut ini:

1. Terapi Uap

Terapi uap banyak dapat dilakukan oleh mereka yang memang mengalami gangguan pada paru-parunya. Misalnya, paru-paru kotor karena terkena polusi atau berada di lingkungan yang tidak mendukung. Terapi uap akan membuat lendir di paru-paru lebih encer sehingga mudah sekali keluar dari tubuh.

Sayangnya, terapi uap ini umumnya bersifat sementara. Apabila kondisi tubuh tidak baik, penguapan akan membuat inflamasi mereda dan dada lebih nyaman saat bernapas. Namun setelah beberapa hari atau minggu, paru-paru mungkin akan kembali terasa tidak nyaman, terlebih jika penderita tidak menjauhi pemicunya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Mengontrol Batuk

Saat sedang sakit flu, kita kerap mengalami gejala batuk yang disertai keluarnya dahak kental. Jika dahak yang keluar banyak, biasanya kondisi tubuh akan membaik secara perlahan. Konsep ini juga berlaku untuk membersihkan paru jika Anda merasa ada gangguan dengan pernapasan dan tidak tahu sedang sakit apa.

Berbeda dengan batuk biasa, Anda mengontrol sendiri batuk tersebut. Anda akan memaksa lendir atau kotoran yang ada pada paru atau sekitarnya keluar dengan cepat.

Bagaiamana caranya? Anda bisa duduk santai. Selanjutnya, letakkan tangan di bawah dada untuk membantu menekan. Atur napas perlahan-lahan. Saat akan mengembuskan napa, batuklah sebanyak 2-3 kali.

Cara ini bisa dilakukan beberapa kali hingga Anda merasa nyaman. Akan tetapi, apabila saat melakukannya Anda merasa tidak nyaman, ada baiknya untuk menghentikan hal tersebut terlebih dahulu.

3. Mengeluarkan Lendir dari Paru

Cara membersihkan paru-paru secara mandiri selanjutnya adalah dengan mengeluarkan cairan lendir dalam posisi berbaring. Cara ini akan memanfaatkan gaya gravitasi untuk memudahkan proses pengeluaran lendir dari dalam paru-paru.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Berbaring di atas kasur atau lantai.
  • Tempatkan bantal pada bawah pinggul agar posisi dada lebih rendah ketimbang pinggul.
  • Tarik napas melalui hidung selama 1 detik, kemudian buang melalui mulut selama 2 detik.
  • Ulangi selama beberapa menit.

4. Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan tertentu dapat membersihkan dan meningkatkan fungsi paru-paru, terutama bagi Anda yang aktif merokok, pernah merokok, atau memiliki penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK).

Selain dengan cara konvensional, yakni menarik dan membuang napas selama beberapa detik hingga menit, Anda juga bisa menggunakan alat bantu latihan pernapasan seperti spirometer. Namun, alat ini biasanya digunakan pada pasien penyakit pernapasan yang sedang menjalani masa pemulihan. Latihan pernapasan lainnya tidak memerlukan penggunaan alat bantu.

Latihlah pernapasan Anda setiap hari dengan metode 1:2, yakni menarik napas melalui hidung selama 1 detik, lalu buang melalui mulut dalam hitungan 2 detik. Jika ragu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

5. Olahraga

Melakukan kegiatan olahraga secara rutin juga menjadi cara efektif untuk membersihkan paru-paru Anda. Dengan melakukan olahraga secara rutin, tubuh akan mendapat suplai oksigen dalam jumlah besar. Ini tentu saja baik untuk paru-paru.

Ada beragam pilihan jenis olahraga yang bagus untuk membuat paru-paru tetap bersih dan sehat, seperti jogging dan senam. Namun, apabila Anda memiliki masalah pernapasan seperti asma, ada baiknya lakukan jenis olahraga yang ringan seperti jalan santai. Konsultasikan hal ini lebih lanjut dengan dokter Anda.

6. Menepuk Dada

Metode lainnya yang bisa Anda coba untuk mengeluarkan kotoran dari paru-paru adalah dengan menepuk dada pada ritme tertentu. Kendati demikian, hanya dokter atau terapis profesional yang dapat menerapkan cara ini.

Nantinya, dokter atau terapis akan menggunakan teknik-teknik khusus guna membantu mengeluarkan cairan atau lendir yang terperangkap pada paru-paru. Jadi, sebaiknya jangan melakukannya sendiri, ya.

7. Berhenti Merokok

Rokok menjadi salah satu ‘aktor’ penting dari kotornya paru-paru hingga menyebabkan organ tersebut mengalami masalah kesehatan, bahkan malfungsi akibat kerusakan. Pasalnya, asap tembakau rokok mengandung berbagai macam zat berbahaya seperti karbon monoksida dan tar.

Itu sebabnya, berhenti merokok adalah langkah yang sekiranya harus Anda ambil demi menjaga agar paru-paru senantiasa bersih dan sehat. Dengan begitu, paru-paru dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan Anda pun terhindar dari penyakit paru.

8. Kontrol Kualitas Udara di Sekitar

Kualitas udara dalam ruangan juga berkontribusi terhadap gangguan paru-paru. Debu, iritan, dan bahan kimia dapat menumpuk di rumah Anda. Celakanya, orang dengan penyakit paru-paru biasanya menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan. Jadi, terbayang jika kualitas udara ruangan buruk, bukan? Pastinya, paru-paru jadi lebih sulit untuk bersih dari kotoran dan lendir berbahaya.

Berikut beberapa tips untuk membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan:

  • Memasang air humidifier.
  • Memasang air purifier.
  • Membersihkan rumah dan seluruh isinya secara rutin.
  • Menanam tanaman pada pekarangan rumah.
  • Mengganti penyaring udara secara berkala.

Cara Membersihkan Paru-Paru dengan Bahan Alami

Selain dengan cara-cara di atas, membersihkan paru-paru juga bisa dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami. Apa sajakah itu?

1. Teh Hijau

Teh hijau baik bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan dengan paru-parunya. Dengan rutin mengonsumsi teh hijau atau mengonsumsi pil dengan kandungan ekstraknya, tubuh akan mendapatkan cukup banyak suplai antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah infeksi dan serangan dari patogen berbahaya.

Selain itu, rutin mengonsumsi teh hijau akan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Oleh karenanya, minumlah teh hijau sebanyak 1-2 gelas setiap harinya.

2. Daun Mint

Sudah sejak lama, daun mint berfungsi sebagai obat alternatif untuk mengatasi berbagai permasalahan pada tubuh, termasuk masalah paru-paru yang kotor akibat paparan iritan. Daun mint kabarnya dapat membersihkan paru-paru dan menyembuhkan sakit tenggorokan pada kasus seperti pneumonia dan infeksi paru-paru dengan cara memecah pengendapan lendir.

Kendati bukti ilmiah yang mendukung hal ini masih sedikit, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya, bukan? Anda bisa mengonsumsi daun mint dalam bentuk minuman teh.

3. Jahe

Jahe mengandung zat antiinflamasi yang juga dapat membantu membersihkan paru-paru dan mengobatinya dari peradangan. Selain itu, zat-zat yang terkandung dalam jahe bermanfaat untuk memperkuat sistem imun dan merawat sel-sel tubuh sehingga terhindar dari berbagai jenis penyakit, dari yang sifatnya ringan hingga berbahaya.

Sama seperti daun mint, Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman teh hangat. Agar manfaatnya benar-benar terasa, minumlah teh jahe 1-2 kali setiap harinya.

4. Madu

Cara membersihkan paru-paru dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi madu. Madu mengandung banyak sekali zat-zat penting yang salah satu kegunaannya adalah untuk mengatasi masalah kesehatan paru-paru.

Sebuah studi mengungkapkan jika konsumsi madu dapat membantu mengatasi gejala batuk pada kasus infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Anda bisa minum madu setiap hari pada pagi dan juga malam hari guna mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

5. Mengonsumsi Makanan Antiinflamasi

Selain itu, Anda juga sebaiknya banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan zat yang bersifat antiinflamasi. Makanan-makanan ini berfungsi untuk membuat kinerja paru-paru dan saluran pernapasan menjadi baik. Makanan-makanan tersebut antara lain:

  • Sayuran hijau
  • Ceri
  • Blueberry
  • Kunyit
  • Kacang-kacangan
  • Minyak zaitun.

 

  1. Anonim. 6 Tips to Cleanse Your Lungs. https://lunginstitute.com/lung-disease-news-cleanse-lungs/ (accessed on 10 November 2020)
  2. Brusie, C. 2020. 8 Ways to Cleanse Your Lungs. https://www.healthline.com/health/ways-to-cleanse-your-lungs (accessed on 10 November 2020)
  3. Eske, J. 2019. Natural Ways to Cleanse Your Lungs. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324483#ways-to-clear-the-lungs (accessed on 10 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi