7 Cara Alami Membersihkan Paru-Paru yang Kotor

membersihkan-paru-paru-secara-alami

DokterSehat.Com – Hidup di lingkungan yang bersih dan penuh polusi akan memberikan efek yang berbeda pada tubuh. Kalau Anda tinggal di tempat yang sangat minim sekali dengan polusi, seluruh organ tubuh akan terjaga kesehatannya, terbanyak paru-paru. Sebaliknya kalau Anda tinggal di kawasan perkotaan yang penuh polusi, paru-paru bisa saja kotor dan menyebabkan Anda jadi sakit.

Bisakah kita membersihkan paru-paru?

Paru-paru sebenarnya bisa menyembuhkan dirinya sendiri kalau berbagai gangguan dan polutan yang ada di dalamnya bisa dikeluarkan. Hal ini terjadi pada perokok yang menghentikan aktivitas buruknya. Dengan tidak merokok, paru-paru akan sehat dengan sendirinya dan masalah yang awalnya muncul tidak terjadi lagi.

Cara yang bisa dilakukan agar paru-paru sembuh kembali adalah dengan membersihkannya. Kotoran yang terkonsentrasi di paru-paru harus dikeluarkan dengan perlahan-lahan. Kalau kotoran dan cairan yang berbahaya tetap ada di sana kemungkinan untuk memicu penyakit akan besar, termasuk mengundang patogen dari luar.

Pembersihan paru juga dilakukan untuk menurunkan inflamasi yang terjadi terus-menerus. Kalau inflamasi di paru-paru bisa dihindari dengan baik, kemungkinan besar tubuh akan membaik kondisinya. Gejala batuk atau sesak napas tidak akan terjadi lagi.

Cara membersihkan paru-paru yang kotor

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan paru-paru. Kalau Anda mengalami kotor di area itu, beberapa metode di bawah ini mungkin bisa digunakan untuk mengatasinya.

  1. Terapi uap

Terapi uap banyak dilakukan oleh mereka yang memang mengalami gangguan pada paru-parunya. Misal paru-paru kotor karena terkena polusi atau berada di lingkungan yang tidak mendukung. Terapi uap akan membuat lendir di paru-paru lebih encer sehingga mudah sekali dikeluarkan dari tubuh.

Sayangnya terapi uap ini sifatnya lebih banyak sementara saja. Kalau kondisi tubuh tidak baik, penguapan akan membuat inflamasi mereda dan dada lebih nyaman saat digunakan untuk bernapas. Setelah beberapa hari atau minggu, mungkin akan terasa tidak nyaman lagi di paru apalagi Anda tidak menjauhi pemicu atau gangguannya.

  1. Mengontrol batuk

Saat sedang sakit flu kita akan kerap batuk dan mengeluarkan dahak yang mengental. Kalau dahak banyak yang keluar biasanya kondisi tubuh akan membaik perlahan-lahan. Konsep ini digunakan untuk membersihkan paru kalau Anda merasa ada banyak gangguan dengan pernafasan dan tidak tahu sedang sakit apa.

Berbeda dengan batuk biasa, kita mengontrol sendiri batuk yang terjadi pada tubuh. Kita memaksa lendir atau kotoran yang ada di paru atau sekitarnya keluar dengan cepat. Anda bisa duduk relaks. Selanjutnya letakkan tangan di bawah dada untuk membantu menekan. Lakukan pernafasan perlahan hingga relaks, saat akan mengembuskan napas lakukan batuk 2-3 kali.

Cara ini bisa dilakukan beberapa kali hingga Anda merasa nyaman. Kalau saat melakukannya Anda merasa tidak nyaman, ada baiknya untuk menghentikan hal itu terlebih dahulu.

  1. Mengeluarkan lendir dari paru

Mengeluarkan cairan dengan tidur dan memuat posisi dada berada lebih bawah dari pinggul. Cara ini dilakukan untuk memudahkan lendir keluar dari paru. Untuk memudahkan lendir keluar dari paru-paru, Anda bisa melakukan beberapa aturan napas dengan benar. Pertama Anda bisa menarik napas hingga dalam. Lalu dikeluarkan dengan waktu lebih panjang dari biasanya.

Anda bisa melakukan ini di mana saja asal kaki selalu berada di atas dan paru-paru di bawah. Selanjutnya saluran juga akan mudah terbuka dan lendir akan keluar sendiri dari paru dan mulut.

  1. Melakukan olahraga

Melakukan olahraga secara rutin. Dengan melakukan olahraga secara rutin, tubuh akan mengalami suplai oksigen dalam jumlah besar. Paru-paru juga akan semakin sehat. Olahraga yang baik untuk paru-paru berkisar pada olahraga jenis kardio seperti lari, jogging, atau melakukan senam.

Kalau Anda memiliki masalah dengan saluran napas seperti mengalami asma, ada baiknya untuk melakukan olahraga yang ringan saja. Kalau terlalu memaksakan diri, Anda malah mengalami banyak masalah pada tubuh.

  1. Mengonsumsi teh hijau

Teh hijau baik dikonsumsi oleh siapa saja atau mereka yang mengalami masalah kesehatan dengan paru-parunya. Dengan rutin mengonsumsi teh hijau atau mengonsumsi pil dengan kandungan ekstraknya, tubuh akan mendapatkan cukup banyak suplai antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah infeksi dan serangan dari patogen.

Dengan rutin mengonsumsi teh hijau, Anda akan jarang sekali mengalami sakit. Oleh karena itu, konsumsi teh hijau sebanyak 1-2 gelas setiap harinya. Kalau Anda melakukan itu, tidak hanya paru-paru yang sehat, tubuh bisa terhindar dari obesitas hingga risiko kanker menurun.

  1. Mengonsumsi makanan anti inflamasi

Konsumsi makanan yang mengandung zat anti inflamasi. Makanan jenis ini bisa membuat Anda sehat dan paru-paru kian sehat dan bersih. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi terdiri dari kunyit, sayuran hijau, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

  1. Menepuk dada

Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk mengeluarkan kotoran dari paru-paru adalah dengan menepuk dada dengan ritme tertentu. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh terapis yang tahu anatomi dari dada sehingga cairan atau lendir yang terperangkap di paru-paru bisa terlepas dan keluar.

Biasanya cara ini dilakukan dengan melakukan postur tubuh tertentu. Kombinasi dua hal ini akan memudahkan lendir yang ada di paru-paru untuk keluar dan akhirnya organ menjadi lebih bersih dan menyembuhkan dirinya sendiri.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan paru-paru yang kotor. Dengan melakukan cara di atas, paru-paru akan lebih sehat dari sebelumnya dan Anda bisa menjalani kehidupan dengan baik. Selanjutnya, sebisa mungkin untuk menjaga kebersihan dari paru-paru dengan rutin menggunakan masker saat berada di jalanan dan tidak merokok.